Gaji Perawat Anestesi Per Bulan 2023: Tunjangan & Tugas

Gaji Perawat Anestesi – Pekerjaan di dunia medis cukup banyak, salah satu diantara lainnya adalah perawat. Siapa sangka pekerjaan dengan profesi satu ini cukup tergolong banyak diminati oleh banyak orang, faktor yang mempengaruhinya adalah gaji atau bayaran yang didapat.

Lantas apakah gaji perawat di Indonesia besar? Membahas mengenai itu, bisa dikatakan cukup beragam tergantung dengan jenis perawat dan di mana perawat tersebut bekerja. Dua hal itu yang jadi tolak ukur besaran gaji per bulan yang bisa didapatkan seorang dengan profesi perawat.

Di Indonesia sendiri jenis perawat terbagi menjadi beberapa jenis seperti misalnya perawat rumah sakit, perawat puskesmas, perawat homecare, perawat klinik kecantikan, perawat gawat darurat, perawat ICU, perawat anestesi dan perawat OK (operasi khusus).

Seperti disinggung sedikit di atas, setiap jenis perawat akan dapatkan besaran gaji berbeda-beda. Nah pada pembahasan kali ini kami akan sampaikan mengenai salah satu informasi gaji per bulan dari seorang yang bekerja menjadi perawat anestesi.

Citayam

Gaji Perawat Anestesi

Apa Itu Perawat Anestesi ?

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai gaji perawat anestesi, alangkah baiknya Anda mengetahui dahulu apa itu perawat anestesi. Bagi Anda yang belum tahu, di sini kami akan sedikit jelaskan apa itu perawat anestesi.

Jadi, menurut UU Republik Indonesia No 23 Tahun 1992 terkait kesehatan, perawat adalah seseorang yang memiliki kewenangan dalam melakukan tindakan berdasarkan ilmu yang diperoleh saat menjalani pendidikan keperawatan.

Bahkan tidak hanya wanita, seorang pria yang sudah melalui pendidikan keperawatan bisa juga menjadi seorang perawat. Di mana nantinya seseorang harus dahulu ikuti program sarjana keperawatan tingkat diploma 2 (D3) atau Sarjana (S1) guna dapatkan sertifikasi praktik keperawatan.

Anestesi didefisinikan sebagai suatu kondisi hilangnya perasaan atau kesadaran sementara yang dimonitor dan diinduksi untuk tujuan klinis. Ini mencakup analgesia, kelumpuhan, amnesia bahkan mungkin ketidak sadaran diri.

Dengan begitu apa itu perawat anestesi adalah seseorang petugas medis yang sebekumnya ambil jurusan anestesi ke dalam pendidikan keperawatan. Nantinya perawat anestesi akan merawat pasien dengan memberikan obat bius sebelum menjalani operasi.

Tugas & Tanggung Jawab Perawat Anestesi

Jika sudah tahu apa itu perawat anestesi, selanjutnya Anda tinggal mengetahui informasi mengenai tugas dan tanggung jawabnya. Seorang perawat anestesi memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab pada profesinya tersebut, di antara lain seperti:

  • Perawat anestesi memiliki tugas utama membantu dokter dalam melakukan proses pembiusan sebelum menjalankan operasi bedah.
  • Saat proses operasi dimulai, perawat anestesi akan bertanggung jawab terhadap manajemen pasien, alat medis dan obat yang digunakan saat penanganan operasi.
  • Sebelum jalani operasi, perawat anestesi perlu memastikan riwayat alergi dan penyakit pada pasien sebelum mulai dibius.
  • Sebelum pasien di operasi, perawat anestesi perlu memastikan identitas diri dari pasien yang akan di bius.
  • Saat operasi selesai, perawat anestesi dengan dokter akan menunggu dan memantau kondisi pasien sampai sadar dan efek obat bius hilang.

Gaji Perawat Anestesi

Kembali ke pembahasan utama terkait gaji perawat anestesi per bulan sendiri terbilang cukup bervariatif. Hal ini dikarenakan seberapa banyak nantinya perawat menjalani atau menangani pasien yang ingin lakukan tindakan operasi.

Secara umum, perawat anestesi akan dapatkan bayaran Rp 100 – Rp 600 setiap kali melakukan tindakan operasi. Jadi jika semakin banyak perawat anestesi menangani operasi dalam satu harinya maka gaji juga akan semakin tinggi.

Namun gaji perawat anestesi juga akan dilihat dari rumah sakitnya, karena perawat yang bekerja di rumah sakit swasta dan pemerintah akan berbeda. Bahkan perawat anestesi yang bekerja di rumah sakit tipe A atau B, biasanya besaran juga akan berbeda pula.

Seperti sudah kami jelaskan dan sampaikan di atas yaitu kisaran ratusan ribu. Gambaran saja, jika seorang perawat anestesi bisa melakukan pekerjaan dengan menangani 15 pasien setiap bulan maka perawat anestesi bisa mengantongi uang Rp 1.500.000 – Rp 9.000.000.

Ketika perawat anestesi merupakan PNS maka akan menyesuaikan dengan golongan. Seperti misalnya gaji perawat anestesi D3 bisa capai Rp 2.900.000 – Rp 4.700.000 dan gaji perawat anestesi D4 bisa hasilkan Rp 3.400.000 – Rp 5.600.000 per bulannya.

Tunjangan Perawat Anestesi

Selain gaji di atas, seorang perawat anestesi juga akan dapatkan tunjangan. Lantas apa saja tunjangan yang didapat seorang dengan pekerjaan menjadi perawat anestesi? Mengenai hal itu inilah beberapa tunjangan yang didapatkan perawat anestesi:

  • Gaji pokok.
  • Tunjangan kesehatan.
  • Tunjangan kinerja.
  • Tunjangan Hari Raya (THR).
  • Bonus tahunan.
  • Dan lain-lain sesuai kebijakan rumah sakit.

Kesimpulan

Jika Anda berminat untuk jadi seorang perawat anestesi dan dapatkan gaji besar per bulan, maka perlu tahu cara menjadi perawat anestesi. Cara menjadi perawat anestesi sendiri di antara lainnya seperti dapatkan gelar sarjana, gelar master, kredensial CRNA, lisensi dan pengalaman.

Mungkin itu saja informasi yang dapat kodebpjs.com sajikan mengenai gaji atau bayaran seorang perawat anestesi di Indonesia. Selain itu, kami juga berikan informasi lain seputar perawat anestesi. Semoga dengan adanya pembahasan gaji di atas bisa bermanfaat bagi semua.

Sumber Gambar : celebrities.id