Gaji Perawat Lulusan SMK Per Bulan & Tunjangan 2023

Gaji Perawat Lulusan SMK – Profesi menjadi seorang perawat jadi salah satu yang cukup menyita perhatian di tanah air. Selain itu perawat juga jadi profesi yang diidamkan atau cita-citakan banyak perempuan bahkan pria di Indonesia saat masih duduk dibangku sekaloh.

Apalagi seperti diketahui sendiri jika gaji perawat di Indonesia dikenal besar, mungkin hal inilah yang banyak dari Anda berniat untuk bekerja menjadi seorang perawat. Namun gaji besar perawat akan kembali lagi pada jenis, tempat dan golongan perawat tersebut bekerja nantinya.

Seperti diketahui sendiri jika jenis perawat akan mempengaruhi besaran gaji per bulan yang didapat. Tidak hanya beberapa hal yang kami sampaikan di atas, lulusan atau pendidikan terakhir dari seorang perawat juga akan sangat mempengaruhi atau jadi hal pembeda besaran gaji.

Tentu bagi Anda pastinya banyak yang bertanya mengenai gaji perawat lulusan SMK berapa per bulan? Nah pada kesempatan kali ini kami akan sampaikan informasi mengenai besaran bayaran perawat lulusan SMK. Jadi untuk mengetahui jawaban gaji tersebut, simak dibawah ini.

Citayam

Gaji Perawat Lulusan SMK

Apakah Lulusan SMK Bisa Jadi Perawat?

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai gaji perawat, pasti banyak dari Anda yang penasaran apakah lulusan SMK bisa jadi perawat? Karena banyak yang mengira jika lulusan SMK tidak bisa langsung bekerja menjadi perawat.

Berdasarkan Undang Undang No 36 Tahun 2014 Pasal 10, lulusan SMK bisa langsung bekerja menjasi asisten keperawatan. Sehingga muncul pertanyaan lagi apakah profesi perawat harus berpendidikan minimal D3 atau S1?.

Kini lulusan SMK Keperawatan tidak perlu khawatir lagi jika ingin langsung bekerja menjadi perawat setelah lulus sekolah. Seperti yang sudah disebutkan yaitu berdasarkan UU No 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan, lulusan SMK bisa langsung bekerja sebagai tenaga kesehatan.

Hanya saja tidak menjadi seorang perawat melainkan sebagai asisten perawat, di mana nantinya asisten perawat juga harus tetap diawasi oleh Supervisi. Supervisi keperawatan adalah kegiatan pengawasan dan pembinaan yang dilakukan secara berkesinambungan oleh supervisor mencakup masalah pelayanan keperawatan.

Gaji Perawat Lulusan SMK

Kembali ke pembahasan mengenai gaji perawat lulusan SMK, pasti banyak dari Anda yang penasaran. Maka dari itu mari simak dan ikuti pembahasan ini sampai akhir, karena kami sudah rangkumkan secara lengkap bayaran per bulan untuk seorang perawat lulusan SMK.

Berbicara urusan besaran bayaran perawat lulusan SMK, sebenarnya tergantung dengan beberapa faktor seperti misalnya wilayah tempat kerja dan tempat bekerja. Dari faktor tersebutlah nantinya perawat akan mendapatkan gaji yang berbeda satu sama lain per bulannya.

Namun sebagai gambaran gaji perawat lulusan SMK di kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya mengikuti standar UMR wilayah tersebut. Di mana untuk rata-rata di rumah sakit swasta akan menerapkan gaji pokok sekitar Rp 2.000.000 – Rp 4.000.000, ditambahkan dengan tunjangan lainnya.

Dengan tunjangan inilah yang nantinya bisa menambah besar uang yang didapat setiap bulannya. Catatan, besaran gaji perawat lulusan SMK kembali pada beberapa faktor yang kami sebutkan, umumnya akan menyesuaikan dengan UMR dari wilayah tempat kerja berada.

Tunjangan Perawat Lulusan SMK

Lalu apa saja tunjangan yang didapat dari seorang perawat dengan lulusan SMK? Sama halnya dengan perawat pada umumnya, ada beberapa tunjangan yang bisa didapat nantinya selain gaji pokok. Di antara lain tunjangan tersebut seperti misalnya:

  • Tunjangan jabatan.
  • Tunjangan Kinerja.
  • Uang transportasi.
  • dan lain sebagainya.

Sama halnya dengan bayaran, tunjangan seorang perawat lulusan SMK juga akan melihat dari beberapa faktor seperti misalnya dari faktor tempat kerja dan perjanjian di awal.

Apakah Lulusan SMK Bisa Bekerja Kerja di Puskesmas?

Di mana lulusan SMK Asisten Keperawatan bisa bekerja di Rumah Sakit Umum, Rumah Sakit Ibu dan Anak, Poliklinik, Balai Pengobatan, Puskesmas, Praktik Perawat Mandiri, Perawat Bayi (Babby Sitter), Perawat orang sakit di rumah (Home Care), Perawat lansia (Care Giver).

Kesimpulan

Demikian pembahasan mengenai gaji perawat lulusan SMK yang dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga dengan adanya informasi gaji di atas bisa bermanfaat, terutama bagi Anda yang penasaran dan bertanya mengenai besaran gaji seorang yang berprofesi menjadi perawat dengan gelar lulusan SMK keperawatan.

Sumber Gambar : sentul.city