JMO Tidak Bisa Login ? Ini 12 Penyebab & Cara Mengatasi

JMO Tidak Bisa Login – Kemudahan dalam memantau dan mengurus kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan bisa dilakukan di genggaman tangan saja. Di mana hal itu bisa memanfaatkan layanan Jamsostek Mobile (JMO) atau aplikasi pengganti BPJSTKU.

Dalam pengguna JMO tersebut membuat Anda akan semakin mudah untuk melakukan cek saldo, klaim saldo atau beberapa urusan lain. Namun dengan memastikan terlebih dahulu Anda harus sudah daftar akun Jamsostek Mobile terlebih dahulu.

Mungkin untuk Anda yang sebelumnya sudah memiliki akses masuk berupa email dan kata sandi/password BPJSTKU bisa langsung login. Nah dalam login ke JMO ini sendirilah yang terkadang menjadi masalah karena gagal dan tidak bisa login.

Dengan begitu keperluan atau urusan Anda yang ingin dilakukan di JMO akan sedikit terganggu sampai Anda kembali berhasil mengatasinya. Jika demikian pada pembahasan ini kodebpjs.com sajikan terkait permasalahan JMO tidak bisa login secara lengkap.

JMO Tidak Bisa Login

JMO Tidak Bisa Login

Jadi bagi Anda peserta BPJS Ketenagakerjaan yang merupakan pengguna aplikasi Jamsostek Mobile dan menemui permasalahan yang sama, maka simak pembahasan ini. Karena akan disampaikan penyebab dan cara mengatasi tidak bisa login ke Jamsostek Mobile.

Penyebab JMO Tidak Bisa Login

Penyebab JMO Tidak Bisa Login

Untuk penyebab kenapa JMO gagal login bisa dikatakan ada beberapa faktor layaknya kegagalan login aplikasi lain. Namun secara umum sendiri penyebab gagal login JMO dikarenakan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Akun Ganda

Pertama, bisa saja gagal akses login Jamsostek Mobile dikarenakan oleh kepemilikan akun ganda. Seperti misalnya Anda memiliki akun dengan data yang sama dikarenakan sebelumnya sudah mendaftar justru mulai malah daftar kembali.

2. Lupa Email & Kata Sandi

Kedua, gagal login JMO juga bisa diakibatkan oleh lupa email dan kata sandi. Dua hal itu merupakan hal terpenting untuk bisa login ke aplikasi pengganti BPJSTKU, karena setelah langkah awal membuka aplikasi Anda akan diminta memasukkan email dan kata sandi.

3. Maintenance Aplikasi

Ketiga, selain datang dari kepemilikan akun ganda dan lupa emal atau kata sandi. Penyebab juga bisa datang dari aplikasi JMO yang sedang ada maintenance atau pemeliharaan yang dilakukan oleh pihak BPJS Ketenagakerjaan guna memperbarui fitur-fitur di dalam aplikasinya.

4. Cache Menumpuk

Keempat, faktor cache menumpuk juga akan menjadikan aplikasi susah dibuka yang mengakibatkan besar kemungkinan gagal login ke Jamsostek Mobile. Hal ini umum dan terjadi pada semua aplikasi yang terpasang di ponsel atau perangkat HP.

5. Memori Ponsel Penuh

Kelima, gagal login JMO juga bisa terjadi karena memori internal ponsel penuh dan mengakibatkan beberapa aplikasi tidak bisa dibuka salah satunya aplikasi JMO. Sama halnya dengan penyebab keempat, ini juga jadi masalah umum yang kerap terjadi.

6. Koneksi Buruk

Karena ini merupakan aplikasi online, menjadikan Jamsostek Mobile membutuhkan koneksi internet stabil untuk membukanya. Jadi jika koneksi buruk maka saat ingin login ke aplikasi Jamsostek Mobile ini Anda bisa menemui kegagalan.

Cara Mengatasi Jamsostek Mobile Tidak Bisa Login

Cara Mengatasi Jamsostek Mobile Tidak Bisa Login

Setelah tahu akan penyebab yang menjadikan Jamsostek Mobile tidak bisa login atau masuk, selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara untuk mengatasinya. Di mana cara mengatasi tinggal menyesuaikan dengan penyebab apa yang menjadikan gagal login.

1. Atasi Akun Ganda

Saat tidak bisa login dikarenakan oleh akun ganda, maka boleh dicoba dengan uninstall aplikasi pada smartphone. Setelah itu coba download ulang aplikasi Jamsostek Mobile di Play Store atau App Store dan coba untuk membuka ulang serta login kembali.

Biasanya cara ini berhasil dan kadang gagal, itu dikarenakan oleh data seperti NIK masih terbaca sama. Caranya Anda bisa hubungi call center BPJS Ketenagakerjaan atau datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan di lokasi Anda berada untuk meminta bantuan.

2. Tanyakan & Reset Kata Sandi

Namun saat tidak bisa login dikarenakan oleh lupa akan email dan kata sandi, maka dicoba untuk mengingat kembali. Jika memang sudah tidak ingat sama sekali maka Anda perlu lakukan hal reset ulang kata sandi akun JMO akibat lupa.

Mengenai cara reset kata sandi akibat lupa sudah dijelaskan di pembahasan sebelumnya. Namun untuk lupa email bisa tanyakan pada call center BPJS Ketenagakerjaan dengan mempersiapkan dahulu informasi seperti nama lengkap dan tanggal lahir sesuai KTP dan informasi nama ibu kandung.

3. Tunggu Maintenance Selesai

Sedangkan untuk atasi tidak bisa login Jamsostek Mobile dikarenakan oleh sedang adanya maintenance pada aplikasi, maka Anda hanya perlu menunggu maintenance benar-benar selesai. Untuk hal ini silakan tunggu dan cek secara berkala dengan mencoba login ulang.

Mengenai lama maintenance atau pemeliharaan aplikasi sendiri tidak bisa ditentukan. Bisa saja pemeliharaan singkat atau justru membutuhkan waktu yang lama. Jadi untuk memastikan tadi, lakukan pengecekan secara berkala.

4. Hapus Cache

Untuk atasi gagal login aplikasi JMO dikarenakan oleh cache yang menumpuk, maka cara atasinya yaitu dengan lakukan penghapusan cache dan login kembali setelahnya. Untuk penghapusan cache bisa ikuti langkah di bawah ini:

  • Pertama buka menu “Setelan”.
  • Pilih “Apl”.
  • Lanjut pilih “Kelola Aplikasi”.
  • Cari aplikasi Jamsostek Mobile (JMO).
  • Setelah itu klik “Hapus Data” dan “Hapus Cache”.

5. Kosongkan Beberapa Ruang

Lalu saat gagal login dikarenakan ruang penyimpanan penuh dan mengakibatkan aplikasi JMO tidak dapat dibuka sama sekali, maka perlu lakukan penghapusan dan pengosongan ruang penyimpanan. Silakan lakukan penghapusan data atau file yang kiranya tidak penting.

Jika sudah lakukan hal tersebut, silakan Anda mencoba kembali login ke aplikasi Jamsostek Mobile tersebut. Umumnya jika sudah ada ruang, maka aplikasi sudah bisa dibuka dan Anda tinggal login dengan masukkan email dan kata sandi.

6. Pastikan Koneksi Internet Lancar

Terakhir, pastikan di awal sebelum membuka aplikasi sebelum login internet yang terhubung dengan perangkat HP lancar. Jika pun memang sedang ada gangguan, maka bisa dilakukan dengan mengganti koneksi tersebut dengan jaringan lain seperti paket data atau WiFi.

Demikian kiranya informasi terkait tidak bisa login ke aplikasi JMO atau Jamsostek Mobile yang dapat kodebpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya pembahasan penyebab dan cara mengatasinya di atas bisa bermanfaat bagi para pengguna aplikasi JMO yang alami hal serupa.