√ Kode ICD 10 Gout Arthritis 2021 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode ICD 10 Gout Arthritis – Berbagai macam penyakit tubuh pastinya sudah Anda ketahui sendiri. Karena tidak hanya satu dua penyakit saja, melainkan ada banyak penyakit bisa saja menyerang tubuh dari ujung kepala sampai ujung kaki.

Penyakit-penyakit tersebut nantinya sudah diberikan kode-kode, kode itu sendiri bernama kode ICD 10 atau biasa disebut juga dengan kode BPJS. Tidak hanya penyakit saja, tanda dan gejala pun juga akan memiliki kode-kode tertentu.

Namun kodebpjs.com pada pembahasan kali ini akan menyampaikan salah satu kode ICD 10 dari salah satu penyakit yang ada. Di mana kode ICD yang akan di bahas itu sendiri yaitu kode gout arthritis.

Mungkin banyak dari Anda belum tahu dan belum paham jelas mengenai gout arthritis itu sendiri. Jadi, tidak perlu khawatir karena pembahasan ini tidak akan memberikan informasi kode ICD 10 nya saja melainkan beberapa info penting lainnya.

Kode ICD 10 Gout Arthritis Penyebab Gejala Pengobatan

Dengan begitu, bagi Anda yang penasaran akan kode ICD maupun kode BPJS dari penyakit gout arthritis. Berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini. Jadi simak pembahasan kode ICD gout arthritis ini sampai akhir.

Apa Itu Gout Arthritis?

Apa Itu Gout Arthritis

Penyakit artritis gout sendiri adalah salah satu bentuk artritis inflamatorik yang terjadi pada individu dengan kadar asam urat darah yang tinggi. Asam urat ini bisa membentuk kristal dengan bentuk, seperti jarum di sendi.

Nanti akibat dari kondisi ini bisa menyebabkan serangan gout dengan rasa sangat nyeri disertai munculnya kemerahan, bengkak, dan hangat di area sekitar. Sehingga hal ini harus mendapat penanganan khusus.

Kode ICD 10 Gout Arthritis

Kode ICD 10 Gout Arthritis

Nah, setelah tahu akan pengertian apa itu gout arthritis itu sendiri, maka mari berlanjut ke pembahasan utamanya yaitu mengenai kode ICD atau kode BPJS nya. Yang mana kode ICD dari gout arthritis sendiri yaitu M10.9.

Kode ini jelas berbeda dengan penyakit maupun gejala lainnya. Seperti contohnya saja penyakit SINUSITIS, SELULITIS dan lainnya akan memiliki kode ICD 10 yang berbeda dengan gout arthritis.

Penyebab Gout Arthritis

Penyebab Gout Arthritis

Sedangkan untuk penyebab dari gout artritis sendiri yaitu terjadi ketika kristal urat menumpuk di sendi. Nantinya hal ini akan menyebabkan peradangan dan rasa sakit yang hebat dari serangan asam urat.

Kristal urat ini juga bisa terbentuk ketika seseorang memiliki kadar asam urat yang tinggi dan tidak wajar dalam darah. Biasanya tubuh akan menghasilkan asam urat saat memecah purin. Purin sendiri yaitu zat yang ditemukan secara alami di dalam tubuh.

Purin juga bisa ditemukan di beberapa makanan tertentu, seperti steak, daging organ serta makan-makanan laut. Tidak hanya itu, melainkan makanan dan minuman lain di mana memiliki kadar asam urat lebih tinggi.

Seperti misalnya minuman beralkohol, terutama bir dan minuman yang di maniskan dengan gula buah (fruktosa). Jadi lebih baik hindari minuman-minuman seperti itu dan beralih ke minum air putih.

Secara umum, asam urat itu sendiri nantinya akan larut dalam darah dan melewati ginjal lalu masuk ke dalam urine. Selain itu, kadang-kadang tubuh juga memproduksi terlalu banyak asam urat atau ginjal mengeluarkan terlalu sedikit asam urat.

Jika hal ini terjadi, asam urat nantinya bisa menumpuk serta membentuk kristal urat yang tajam serta membutuhkan urat di jaringan sendi atau sekitarnya. Yang mana nantinya bisa menyebabkan rasa sakit, peradangan, dan pembengkakan.

Gejala Gout Arthritis

Gejala Gout Arthritis

Lalu untuk gelajalanya sendiri gout arthritis seperti apa? Secara umum ada beberapa hal yang bisa dirasakan oleh para penderita gout arthritis, seperti misalnya:

  • Kaku pada sendi di mana menyebabkan terbatasnya aktivitas pergerakan.
  • Nyeri di sendi. Rasa nyeri akan terasa hangat saat disentuh dan terlihat merah maupun ungu.
  • Nyeri parah pada sendi, biasanya akan muncul di tengah malam bahkan dini hari.
  • Sendi paling sering terkena yaitu sendi jempol kaki, pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, serta sendi di jari-jari tangan.

Jika gout artritis tidak diobati dalam jangka waktu yang lama, maka kristal tersebut bisa saja membentuk gumpalan di bawah kulit di sekitar sendi (gout artritis akut). Atau para dokter menyebutnya dengan istilah tophi.

Memang tidak akan menimbulkan rasa sakit, namun seiring berjalannya waktu bisa memengaruhi cara penampilan sendi. Bahkan saat kristal menumpuk di saluran kemih, bukan tidak mungkin penderita bisa membentuk penyakit baru bernama batu ginjal.

Pengobatan Gout Arthritis

Pengobatan Gout Arthritis

Setelah tahu akan kode ICD atau kode BPJS, penyebab serta gejala yang muncul. Maka Anda juga harus tahu mengenai pengobatan perlu dilakukan saat terserang penyakit gout artritis satu ini.

Biasanya pengobatan akan dilakukan setelah dokter sudah berhasil mendiagnosis penyakitnya. Biasanya dokter akan mendiagnosis dengan beberapa cara seperti melakukan tes cairan sendi, tes darah, X-Ray dan USG.

Jika sudah berhasil mendiagnosis biasanya penderita gout artritis akan diberikan obat-obatan untuk mengobati serangan gout artritis jauh lebih parah di kemudian hari. Adapun obat-obatan itu sendiri seperti:

  • Biasanya NSAID akan memunculkan risiko sakit perut, perdarahan serta ulkus lambung.
  • Dokter meresepkan dosis lebih tinggi untuk menghentikan serangan akut.
  • Obat anti-inflamasi non-steroid (NSAID).
  • Obat kortikosteroid untuk mengontrol peradangan dan nyeri gout. Bisa juga obat ini berbentuk pil atau dapat di suntikkan ke sendi.
  • Obat pereda nyeri yang efektif mengurangi nyeri gout.

Pencegahan Gout Artritis

Pencegahan Gout Artritis

Lalu untuk pencegahan dari gout artritis sendiri bisa dikatakan memiliki cukup banyak hal untuk bisa mencegah maupun melindungi seorang terserang gout artritis. Seperti misalnya:

  • Banyak minum air putih.
  • Kurangi asupan makanan dengan bahan dasar daging, ikan serta hewan unggas lainnya.
  • Pertahankan berat badan ideal dengan rajin olahraga.
  • Selalu dapatkan protein dari produk susu rendah lemak.
  • Stop kebiasaan minum alkohol.
  • dan selalu jaga pola hidup sehat.

Mungkin itu saja kiranya informasi dapat kodebpjs.com sampaikan mengenai kode ICD atau kode BPJS dari penyakit gout artritis. Semoga adanya informasi kode ICD 10 di atas bisa bermanfaat bagi Anda semua yang membutuhkan.