√ Kode ICD 10 Tinea Corporis 2021 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode ICD 10 Tinea Corporis – ICD menjadi sistem klasifikasi penyakit, tanda dan gejala penyakit. Dari semua penyakit dari ujung kepala sampai ujung kaki, semua akan mendapatkan kode yang berbeda antara satu sama lain.

Tidak hanya antar penyakit saja yang sama, satu jenis penyakit namun letak posisi yang berbeda juga akan memiliki kode yang berbeda pula. Nah kode ICD ini juga banyak orang menyebutnya dengan kode diagnosa BPJS Kesehatan.

Pada kesempatan kali ini kodebpjs.com sendiri akan menyampaikan informasi mengenai kode ICD 10 dari penyakit kulit bernama tinea corporis. Mungkin ada dari Anda yang pernah mengalami masalah ini namun belum tahu akan kode ICD nya.

Tidak perlu khawatir akan hal itu, karena berikut akan disampaikan secara lengkap mengenai kode ICD 10 atau kode BPJS dari penyakit kulit ini beserta informasi penting lainnya. Untuk lebih jelasnya simak ulasan di bawah ini.

Kode ICD 10 Tinea Corporis Penyebab Gejala Pengobatan

Mengenai kode ICD 10 tersebut, bisa dipastikan jelas berbeda dengan kode ICD dari masalah kulit yang lainnya. Jadi bisa dikatakan kode akan berbeda antara penyakit kulit A dan penyakit kulit B. Berikut untuk lebih jelasnya.

Apa Itu Tinea Corporis

Apa Itu Tinea Corporis

Seperti biasa, sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai kode ICD 10 atau kode BPJS dari penyakit yang dimaksud. Anda terlebih dahulu harus tahu mengenai pengertian apa itu dari penyakit bernama tinea corporis.

Di mana kode tinea corporis atau kurap sendiri adalah salah salah satu infeksi jamur yang bisa menimbulkan ruam melingkar kemerahan atau keperakan yang terjadi pada kulit, baik itu kulit di seluruh tubuh.

Namun area kulit yang kerap terjadi dan mengalami tinea corporis itu sendiri seperti pada bagian kulit leher, badan, lengan dan tungkai. Ini menjadi salah satu permasalahan kulit sering terjadi pada manusia.

Kode ICD 10 Tinea Corporis

Kode ICD 10 Tinea Corporis

Berbicara mengenai kode ICD 10 dari penyakit kulit satu ini, jelas nantinya akan berbeda dengan penyakit kulit yang lainnya. Seperti misalnya kode ICD 10 tinea corporis akan berbeda dengan KODE ICD 10 SCABIES, DERMATITIS atau penyakit kulit lain. Lalu berapa sebenarnya kode ICD tinea corporis? Bagi Anda yang penasaran, kode ICD 10 dari tinea corporis yaitu B35.4.

Penyebab Tinea Corporis

Penyebab Tinea Corporis

Lalu apa penyebab tinea corporis? Untuk faktor penyebab utama tinea corporis sendiri adalah infeksi jamur golongan dermatophytes yaitu trichophyton. Di mana jamur ini bisa berkembang di jaringan keratin atau jaringan keras dan tahan air yang terdapat di kulit, rambut atau bahkan kuku. Dan ada beberapa cara penularan dan penyebaran ini seperti:

  • Kontak fisik dengan penderita.
  • Kontak fisik dengan hewan yang terinfeksi.
  • Kontak fisik dengan benda yang ada jamur.
  • Kontak fisik dengan tanah yang mengandung.

Gejala Tinea Corporis

Gejala Tinea Corporis

Sedangkan untuk gejalanya sendiri, seorang penderita tinea corporis nantinya akan mendapat gejala seperti penyakit kulit pada umumnya. Biasanya tinea corporis akan muncul 10 hari setelah tubuh terjadi kontak dengan jamur. Gejalanya sendiri seperti:

  • Kulit seperti bersisik.
  • Munculnya luka melepuh serta berisi nanah di sekitar ruam (ini jika termasuk tinea corporis parah).
  • Munculnya ruam melingkar kemerahan maupun keperakan pada kulit.
  • Terasa gatal dan terjadi peradangan pada area kulit yang terkena tinea corporis.

Pengobatan Tinea Corporis

Pengobatan Tinea Corporis

Sedangkan untuk pengobatan tinea corporis sendiri, nantinya akan dilakukan dengan menggunakan krim, gel maupun obat semprot anti jamur. Untuk mendapatkan obat dan krim, dan gel ini Anda bisa membelinya di apotek atau toko-toko yang menyediakan.

Lakukan pengobatan dengan penggunaan krim, gel, atau obat semprot anti jamur pada bagian kulit yang terinfeksi tinea corporis kurang lebih selama dua mingguan. Tujuannya agar infeksi jamur tidak muncul kembali pada area kulit yang lainnya.

Namun, jika gejala tinea corporis belum saja membaik maka segeralah untuk kunjungi dokter kembali dan konsultasikan secara langsung. Secara umum dokter akan meminta kamu mengkonsumsi tablet anti jamur yang akan diresepkan oleh dokter.

Pencegahan Tinea Corporis

Pencegahan Tinea Corporis

Selain pengertian, kode ICD, penyebab, gejala dan pengobatan. Anda juga perlu tahu mengenai pencegahan penyakit kulit bernama tinea corporis itu sendiri. Ada beberapa cara pencegahan yang bisa dilakukan untuk membasmi dan menghentikan penyebaran infeksi jamur, seperti:

  • Bersihkan kulit terinfeksi setiap hari dan mengeringkannya.
  • Cuci pakaian, handuk, dan seprai secara rutin secara bersih.
  • Cuci tangan setelah kontak fisik dengan binatang dan pastikan juga menggunakan sabun.
  • Gunakan pakaian yang tidak sempit (longgar).
  • Hindari menggaruk bagian kulit terinfeksi jamur.
  • Jangan meminjamkan sisir, sikat kepala maupun topi pada orang lain.
  • Jika memiliki hewan peliharaan, pastikan hewan tersebut rutin diperiksa ke dokter hewan, terutama saat dirasa terinfeksi jamur.
  • Mengganti pakaian dalam dan kaus kaki setiap hari setelah beraktivitas.

Mungkin itu saja yang bisa kodebpjs.com sampaikan untuk Anda semua mengenai informasi kode ICD 10 dari penyakit kulit bernama tinea corporis. Semoga dengan adanya kode ICD tinea corporis di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.