√ Kode ICD 10 LBP 2021 : Penyebab, Diagnosa & Pencegahan

Kode ICD 10 LBP – International Classification of Diseases (ICD) adalah suatu sistem klasifikasi diagnostik penyakit standar international yang dikelola oleh World Health Organization (WHO). Sementara, ICD 10 merupakan revisi ke-10 dari sistem International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems.

Di Indonesia sendiri buku tersebut dikenal dengan nama Klasifikasi Internasional Penyakit Revisi ke-10 atau KIP/10. Buku ini berisi kode-kode untuk penyakit dan tanda-tanda, gejala, temuan abnormal, keluhan, keadaan sosial serta eksternal yang menyebabkan cedera ataupun penyakit.

Hampir semua jenis penyakit dan gejala yang telah teridentifikasi tercantum dan memiliki kode di ICD 10. Kode ICD 10 ini berfungsi untuk mengindeks pencatatan penyakit dan tindakan di sarana pelayanan kesehatan, analisis pembiayaan pelayanan kesehatan dan masih lain sebagainya.

Nah, setiap penyakit maupun gejala memiliki kode ICD-10, termasuk LBP yang juga disebut dengan Low Back Pain. Lantas, apa itu LBP dan berapa kode ICD 10 LBP? Adapun untuk informasi selengkapnya mulai dari pengertian, kode ICD 10, penyebab, dan pencegahan sebagai berikut.

Apa Itu Kode ICD 10 LBP ?

Apa Itu Kode ICD 10 LBP

LBP atau Low Back Pain merupakan rasa nyeri yang terjadi di bagian pinggang bagian bawah dan bisa menjalar ke kaki, terutama bagian sebelah belakang dan samping luar. Kebanyakan orang sekitar 90% pernah mengalami nyeri pinggang atau LBP.

Jadi kode ICD 10 LBP adalah kode yang digunakan untuk mengidentifikasi dan mendiagnosis orang yang mengalami Low Back Pain atau nyeri pinggang. Gangguan ini juga telah terdaftar di KODE DIAGNOSA BPJS KESEHATAN.

Kode ICD 10 LBP

Kode ICD 10 LBP

Lantas, berapakah kode ICD 10 LBP? Nah, seperti yang sudah kami singgung sebelumnya, bahwasanya setiap penyakit dan gangguan kesehatan memiliki kode ICD 10 yang berbeda-beda. Hal ini tentu saja menunjukan bahwa kode ICD 10 LBP berbeda dengan KODE ICD 10 ABDOMINAL PAIN.

Untuk Low Back Pain ini memiliki kode diagnosa MBP dan masuk ke dalam dorsalgia M54. Adapun kode ICD 10 LBP yaitu M54.5 gangguan nyeri pinggang bagian bawah atau yang lebih dikenal dengan Low Back Pain.

Penyebab LBP

Penyebab LBP

Pada umumnya timbulnya nyeri pada bagian pinggang disebabkan karena adanya tekanan pada  susunan saraf tepi atau karena syarat kejepit. Namun, terdapat beberapa yang memicu terjadinya LBP yaitu sebagai berikut.

  1. Peregangan tulang pinggang akibat pergerakan yang berlebihan serta gerakan tidak benar atau trauma.
  2. Iritasi saraf karena pergeseran mekanis maupun karena penyakit.
  3. Radiculopathy lumbar akibat rusaknya diskus antara tulang belakang serta degenerasi dari cincin luar diskus maupun trauma.
  4. Ganguan kongnital akibat proses degenerative serta peradangan pada sendi.
  5. Ganguan ginjal.
  6. Kehamilan.
  7. Tumor jinak maupun ganas.

Itulah beberapa penyebab yang bisa mengakibatkan nyeri pinggang. Alangkah baiknya, jika merasakan nyeri pinggang yang tidak wajar segeralah untuk berkunjung ke dokter untuk mengetahui penyebab lebih jelasnya.

Diagnosa LBP

Diagnosa LBP

Dokter akan menanyakan bagaimana LBP terjadi. Hal ini bisa membantu dokter menentukan derajat keparahan LBP yang dialami pasien.

Untuk memastikan diagnosis, dokter juga akan melakukan pemeriksaan. Diagnosa yang umumnya dilakukan oleh penderita LBS yaitu sebagai berikut :

  1. Pemeriksaan laboratorium untuk urin serta darah.
  2. Pemeriksaan radiotologi dengan X-Ray tulang belakang, MRI serta CT Scan.
  3. Pemeriksaan neurofisiologi melalui EMG (electromyography).

Pencegahan LBP

Pencegahan LBP

Penanganan nyeri pinggang bisa dilakukan tergantung penyebab LBP itu sendiri. Jadi penanganan yang dilakukan tidak bisa sembarang, dimana harus dilakukan sesuai hasil diagnosis dan penyebab timbulnya LBP, agar mendapatkan penanganan yang baik serta sesuai gejala yang ditimbulkan.

Umumnya LBP ini akan membaik setelah beberapa hari melakukan istirahat di rumah. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi obat pereda rasa sakit yang ditimbulkan dari Low Back Pain tersebut.

Akan tetapi, bila LBS terjadi dalam kurun waktu lama, maka Anda tidak perlu khawatir akan hal itu. Pasalnya ada beberapa langkah pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya LBP yaitu sebagai berikut.

  1. Lakukan latihan punggung setiap harus secara rutin.
  2. Berhati-hati ketika mengangkat barang.
  3. Lindungi punggung pada saat duduk maupun berdiri.
  4. Tetap aktif dan hidup sehat.
  5. Konsumsi makan dengan kandungan gizi.

Itulah informasi lengkap terkait kode ICD 10 LBP yang dapat kodebpjs.com sajikan. Dengan mengetahui kode ICD 10 nyeri pinggang, maka Anda bisa mengetahui gangguan apa yang dialami dan bagaimana cara menanganinya. Demikian informasi dari kami, semoga artikel di atas bermanfaat serta menambah wawasan Anda.