√ Kode ICD 10 Arthralgia : Penyebab, Gejala & Cara Mengobati

Kode ICD 10 Arthralgia – Dalam dunia medis terdapat istilah kode ICD 10 yang digunakan untuk menyebutkan suatu penyakit atau gangguan kesehatan mulai dari yang ringan hingga kronis. Sementara itu, dalam menentukan kode ICD 10 untuk suatu penyakit, BPJS Kesehatan mengacu pada kode ICD 10 dari WHO (World Health Organization).

Sedangkan untuk sumber kode ICD 10 dari seluruh penyakit di Dunia dikutip dari buku berjudul International Statistical Classification of Diseases and Related Health Problems, di Indonesia buku tersebut dinamai Klasifikasi Internasional Penyakit revisi ke-10 (KIP/10). 

Lalu pada artikel berikut kami ingin membahas kode ICD 10 dari suatu penyakit bernama Arthralgia. Bagi kalian para pekerja medis dan belum tahu kode ICD 10 yang berlaku untuk penyakit tersebut, kalian wajib simak artikel ini sampai akhir.

Bukan hanya menjelaskan tentang kode ICD 10 Arthralgia, disini kami juga punya informasi tentang penyebab, gejala hingga cara mengobati penyakit tersebut. Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Citayam

Apa Itu Arthralgia ?

Apa Itu Arthralgia

Bagi yang belum tahu, Arthralgia merupakan gangguan kesehatan berupa nyeri sendi tanpa pembengkakan. Kondisi seperti ini umum sekali terjadi pada orang dewasa atau mereka yang sudah memasuki usia lanjut.

Bicara mengenai Arthralgia, hingga saat ini banyak orang yang salah mengartikan bahwa Arthralgia dan Arthritis adalah penyakit yang sama, padahal keduanya berbeda. Jadi, Arthritis merupakan kondisi nyeri sendi yang disertai pembengkakan otot, tendon, ligamen bahkan tulang. Sedangkan Arthralgia adalah kondisi nyeri atau kaku pada sendi yang tidak disertai pembengkakan.

Sementara itu, Arthralgia juga terbagi menjadi dua macam, yaitu Arthralgia Akut dan Arthralgia Kronis. Untuk Arthralgia Akut terjadi secara mendadak dan berlangsung dalam waktu yang relatif singkat. Sedangkan untuk Arthralgia Kronis biasanya terjadi berulang kali dan bisa berlangsung hingga 30 hari bahkan lebih.

Kode ICD 10 Arthralgia

Kode ICD 10 Arthralgia

Setelah menyimak sedikit penjelasan mengenai apa itu Arthralgia, sekarang kita lanjut ke inti pembahasan dari artikel ini, yaitu mengenai kode ICD 10 untuk penyakit Arthralgia. Jadi, kode ICD 10 terbagi menjadi 2 macam, yaitu :

M25.5 : Sakit pada persendian
M26.6 : Gangguan sendi Temporomandibular

Sementara itu, dengan mengetahui kode ICD 10 untuk Arthralgia, selanjutnya kalian bisa membuatkan laporan medis terkait penyakit tersebut. Bahkan kode ICD 10 juga digunakan pada saat menentukan biaya perawatan serta pengobatan Arthralgia. Kode ICD 10 Arthralgia juga sudah tercantum pada daftar kode diagnosa BPJS Kesehatan.

Penyebab Timbulnya Penyakit Arthralgia

Kemudian bagi kalian yang mungkin belum tahu mengenai apa saja faktor yang bisa menjadi penyebab Arthralgia atau nyeri sendi tanpa pembengkakan, berikut telah kami siapkan beberapa penyebab Arthralgia pada tubuh, antara lain :

  • Tulang rawan yang menjadi bantalan sendi mengalami aus atau keropos sehingga menyebabkan rasa nyeri berlebih ketika terjadi gesekan pada sendi
  • Lapisan membran Sinoval sebagai pembungkus sendi mengalami kekeliruan sistem imun. Dengan begitu, tulang rawan di dalamnya lama kelamaan akan hancur dan mengakibatkan Arthralgia.
  • Terdapat infeksi pada jaringan dan organ tubuh yang masuk melalui darah, luka terbuka maupun bekas operasi. Biasanya faktor ini terjadi pada penderita penyakit Diabetes dan perokok aktif.
  • Mengalami cedera tulang seperti keseleo, patah tulang dan ketegangan otot. Biasanya hal ini terjadi setelah melakukan aktivitas berat, salah gerakan pada saat Olahraga atau mengalami kecelakaan berkendara.
  • Terjadi iritasi pada tali fibrosa yang menempelkan otot ke tulang (Tendintis). Iritasi pada tendon ini menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada area sendi.
  • Terjadi peradangan pada Bursae (kantong kecil berisi cairan yang berada di sekitar tulang persendian, tendon dan otot). Kondisi seperti ini cukup sering menjadi penyebab seseorang mengalami Arthralgia.

Gejala Menderita Arthralgia

Gejala Menderita Arthralgia

Kemudian perlu diketahui bahwa penyakit Arthralgia juga mempunyai beberapa gejala atau indikasi yang terlihat pada seseorang yang ditengarai bisa menjadi penderita Arthralgia. Beberapa gejala tersebut antara lain :

  • Rasa nyeri terasa jauh ke dalam sendi
  • Rasa nyeri tiba-tiba hilang sendiri ketika dibawa istirahat
  • Rasa nyeri hanya muncul setelah siang hari hingga malam hari.
  • Rasa nyeri bisa menyebar ke area panggul, paha hingga selangkangan
  • Rasa nyeri sendi mempengaruhi postur tubuh dan posisi berjalan.
  • Rasa nyeri muncul ketika melakukan aktivitas menggunakan sendi.
  • Terjadi pembengkakan di sekitar persendian yang terasa nyeri
  • Susah memindahkan sendi seperti biasanya.
  • Merasakan sensasi tulang kisi atau menangkap

Cara Mengobati Arthralgia

Cara Mengobati Arthralgia

Terakhir, setelah membahas soal kode ICD 10 hingga penyebab dan gejala dari penyakit Arthralgia. Nah, bagi kalian yang mungkin merupakan penderita dari penyakit tersebut, kalian bisa melakukan beberapa metode pengobatan sebagai berikut :

  • Mengkonsumsi obat-obatan Antiinflamasi Nonsteroid (NSAID) atau Acetaminophen jika nyeri sendi tidak disertai peradangan.
  • Membalut sendi menggunakan belat maupun Sling. Cara ini cukup efektif menyembuhkan rasa nyeri sendi meskipun hanya sementara.
  • Kompres menggunakan air hangat maupun air es di area sendi untuk meminimalisir rasa nyeri sekaligus melemaskan otot kejang di sekitar sendi.
  • Berhenti merokok
  • Menjalankan program Diet (untuk penyandang Obesitas)
  • Melakukan peregangan otot dan sendi setiap pagi hari sambil berjemur

Tapi jika nyeri sendi tidak kunjung sembuh, kami menyarankan untuk segera konsultasi ke Dokter Spesialis sendi dan tulang di Rumah Sakit atau Klinik Praktek. Nantinya kalian bakal menjalani perawatan lebih lanjut untuk mengetahui penyakit yang dialami lengkap dengan bagaimana cara pengobatan yang tepat.

Disamping itu, Arthralgia serta beberapa penyakit tulang dan sendi lainnya sepertinya masuk ke dalam daftar penyakit yang ditanggung BPJS Kesehatan. Dengan begitu biaya yang diperlukan untuk menjalani pengobatan nantinya bakal ditanggung oleh pihak BPJS Kesehatan.

Demikianlah informasi dari tim kodebpjs.com mengenai kode ICD 10 Arthralgia lengkap dengan informasi penyebab, gejala hingga cara mengobati penyakit tersebut. Semoga dengan adanya ulasan diatas bisa membantu kalian para pekerja yang membutuhkan kode ICD 10 dalam membuatkan laporan suatu penyakit. Lalu bagi para penderita Arthralgia juga bisa menerapkan beberapa metode pengobatan Arthralgia yang kami sajikan diatas.