√ Kode ICD 10 Dermatitis 2021 : Penyebab, Gejala, Pengobatan

Kode ICD 10 Dermatitis – Berbagai masalah kesehatan tubuh manusia terkadang banyak yang tidak tahu secara jelas. Dengan begitu, pemeriksaan ke dokter menjadi salah satu hal paling tepat.

Itu membuat si penderita akan mengetahui secara jelas mengenai permasalahan kesehatan apa yang sedang terjadi. Dan biasanya dokter akan memberikan penjelasan secara lengkap, baik dari faktor penyebab dan pengobatannya.

Untuk penyakit yang berhasil di diagnosis oleh dokter, nantinya akan memiliki kode ICD 10 atau kode BPJS yang berbeda. Nah, kali ini kodebpjs.com akan sampaikan kode ICD 10 dari penyakit bernama dermatitis.

Mungkin bagi sebagian orang dermatitis sudah tidak asing lagi, karena penyakit ini cukup umum dan bisa menyerang siapa saja. Namun, untuk kode ICD 10 atau kode BPJS nya itu apa?

Kode ICD 10 Dermatitis Penyebab Gejala Pengobatan

Agar lebih jelas mengenai kode ICD dari penyakit dermatitis, berikut akan disampaikan secara lengkap dan jelas di bawah ini. Jadi, terus simak ulasan ini sampai akhir.

Apa Itu Dermatitis?

Apa Itu Dermatitis

Dermatitis sendiri adalah salah satu peradangan pada kulit yang menimbulkan gejala mengganggu. Seperti ruam kemerahan atau pun kulit terasa gatal, kering, dan nampak bersisik.

Penyakit ini disebabkan oleh peradangan akibat kontak langsung dengan zat iritan (mudah mengiritasi) atau alergen (pemicu alergi) di lingkungan sekitar. Bisa juga dipengaruhi faktor genetik.

Jenis & Penyebab Dermatitis

Jenis Penyebab Dermatitis

Sebelum ke pembahasan mengenai kode ICD dari penyakit kulit ini, Anda juga harus tahu jenis dermatitis secara umum. Ada beberapa jenis yang umum dan mungkin Anda pernah merasakan seperti:

1. Dermatitis Atopik

Di mana jenis dermatitis atopik (eksim) sendiri merupakan kondisi kulit yang biasanya muncul saat masa bayi. Penderita biasanya memiliki kulit kering dan muncul bercak kasar.

Eksim ini sendiri disebabkan oleh kombinasi faktor seperti kulit kering, lingkungan, atau bakteri kulit. Selain itu juga diakibatkan oleh faktor genetik.

2. Dermatitis Kontak

Jenis dermatitis ini, sering terjadi ketika ada suatu zat menyentuh kulit dan menyebabkan alergi maupun iritasi. Reaksi ini bisa saja berkembang lebih lanjut menjadi ruam serta menimbulkan sensasi terbakar, menyengat, gatal bahkan melepuh.

Dermatitis kontak nantinya akan terjadi saat penderita bersentuhan langsung dengan iritasi atau alergi seperti deterjen, kosmetik, nikel. Dengan begitu hindari itu semua.

3. Dermatitis Seboroik

Dermatitis yang sering terjadi dan umum lainnya yaitu dermatitis yang menyerang dan terjadi di kulit kepala. Bahkan bisa juga terjadi di area wajah sampai dada.

Penyakit dermatitis ini sering menyebabkan bercak bersisik, kulit merah, dan ketombe. Penyebab dermatitis ini biasanya disebabkan oleh jamur di kelenjar minyak.

Kode ICD 10 Dermatitis

Kode ICD 10 Dermatitis

Nah, untuk kode ICD 10 atau kode BPJS dari penyakit kulit ini nantinya akan berbeda satu sama lain. Di setiap jenis dermatitis akan memiliki kode ICD yang berbeda kode ICD 10 nya. Berikut kode tersebut:

JENIS DERMATITISKODE ICD 10
Dermatitis AtopikL20
Dermatitis SeboroikL21
Dermatitis Kontak AlergikaL23
Dermatitis Kontak IritanL24
Dermatitis NumularisL30.0
DermatitisL30.8

Gejala Dermatitis

Gejala Dermatitis

Setelah mengetahui hal-hal di atas, seperti kode ICD dan pengertian dermatitis. Anda juga perlu tahu apa saja gejala dari seorang yang mengalami penyakit dermatitis ini. Gejala umum yang kerap dirasakan seperti:

  • Gatal parah.
  • Kulit kering.
  • Kulit melepuh.
  • Kulit muncul berubah warna merah.
  • Kulit tampak gelap.
  • Kulit terasa perih.
  • Pembengkakan di area dermatitis (mata, muka, selangkangan dan lainnya).
  • Sensitif terhadap sinar matahari.

Pengobatan & Pencegahan Dermatitis

Pengobatan Pencegahan Dermatitis

Setelah tahu pengertian, jenis dan penyebab, kode ICD 10 dan gejala dari dermatitis. Maka Anda harus tahu juga pengobatan atau pencegahan penyakit kulit yang umum terjadi ini:

  • Gunakan pelembap kulit.
  • Hentikan penggunaan produk dengan mengandung zat pemicu iritasi/alergi.
  • Hindari mengaruk area yang terjadi dermatitis.
  • Hindari paparan zat penyebab iritasi/alergi.
  • Kompres di area dermatitis (air dingin).
  • Periksa ke dokter, jika sudah termasuk dermatitis parah.
  • Konsumsi obat-obatan sesuai anjuran dokter.
  • Jika perlu beri salep.
  • Selalu lindungi tangan (sarung tangan) saat melakukan aktivitas yang bersentuhan dengan penyebab terjadinya dermatitis.

Dalam pemeriksaan dermatitis ini sendiri, Anda para peserta BPJS bisa untuk memanfaatkan kepesertaannya. Karena dermatitis menjadi salah satu PENYAKIT YANG DITANGGUNG OLEH BPJS, sehingga tidak akan besar biaya pengobatannya atau bisa saja gratis.

Mungkin itulah informasi dapat kodebpjs.com sampaikan mengenai kode ICD 10 dari penyakit bernama dermatitis. Semoga adanya informasi seputar masalah kesehatan berupa dermatitis ini dapat bermanfaat.