√ Kode BPJS Urtikaria 2021 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode BPJS Urtikaria – Seperti sudah Anda ketahui sendiri, setiap penyakit, gangguan, atau masalah kesehatan pada tubuh manusia nantinya akan memiliki kode-kode berbeda. Kode tersebut dinamakan kode ICD 10.

Namun banyak masyarakat Indonesia yang menyebut kode tersebut dengan kode BPJS, karena berbagai penyakit yang ada sudah terdapat di dalam KODE DIAGNOSA BPJS KESEHATAN. Dengan begitu, tentu saja kode sangat banyak.

Lalu apakah Anda bisa mengetahui satu-persatu kode BPJS dari penyakit yang dialaminya? Pastinya tidak, dan pada kesempatan kali ini sendiri kodebpjs.com akan sampaikan informasi mengenai salah satu kode penyakit yang ada.

Di mana yang akan di bahas yaitu mengenai salah satu kode BPJS dari penyakit atau gangguan kulit bernama urtikaria. Mungkin agak sedikit asing atau bahkan baru pertama kali mendengar apa itu urtikaria.

Kode BPJS Urtikaria Penyebab Gejala Pengobatan

Tidak perlu khawatir akan hal itu, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini baik dari kode, pengertian, penyebab, pengobatan, dan pencegahannya. Jadi simak terus pembahasan kode penyakit ini sampai akhir.

Apa Itu Urtikaria

Apa Itu Urtikaria

Urtikaria adalah salah satu kondisi yang dialami oleh orang lebih tepatnya terjadi di bagian kulit. Banyak dari masyarakat tanah air yang menyebut urtikaria ialah biduran.

Di mana biduran itu sendiri adalah sebuah reaksi peradangan yang terjadi pada bagian atas lapisan dermis kulit. Mungkin orang lebih mengenal biduran dari pada urtikaria.

Kode BPJS Urtikaria

Kode BPJS Urtikaria

Lalu untuk kode urtikaria sendiri berapa? Apakah sama dengan kode BPJS atau kode ICD 10 penyakit kulit lainnya? Mengenai kode BPJS itu sendiri jelas berbeda satu sama lain.

Di mana urtikaria akan memiliki kode L50, itu berbeda dengan KODE BPJS TINEA CORPORIS atau gangguan pada kulit lainnya. Nah dengan tahu akan kode BPJS biduran ini, semoga bisa bermanfaat bagi semua.

Penyebab Urtikaria

Penyebab Urtikaria

Jika sudah tahu akan pengertian dan kode BPJS dari penyakit kulit bernama urtikaria, selanjutnya Anda juga perlu tahu apa faktor penyebabnya. Di mana ada beberapa faktor penyebab urtikaria terjadi pada kulit tubuh Anda, seperti:

  • Alergi, baik dari benda yang terkena area tubuh atau makanan.
  • Stres berlebih.
  • Reaksi terhadap suhu panas atau dingin.
  • Infeksi.
  • Olahraga.
  • Penyakit tertentu (teroid & kanker).

Mengenai diagnosis sendiri, urtikaria akan dapat di diagnosis melalui beberapa tahap pemeriksaan seperti misalnya terhadap gejala apa yang muncul dan dirasakan oleh penderita. Selain itu, juga akan ada pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh dokter. Dan umumnya dokter akan menanyakan hal seperti:

  • Sejak kapan gejala/tanda-tanda mulai muncul.
  • Makanan apa yang baru saja dimakan.
  • Aktivitas apa yang baru dilakukan.
  • Riwayat penyakit pernah diderita.

Gejala Urtikaria

Gejala Urtikaria

Mengenai gejalanya sendiri, urtikaria secara umum akan ditandai dengan kemunculan bentol bahkan ruam pada area kulit. Tidak hanya itu saja, bentolan tersebut juga umumnya berbentuk oval dan berwarna kemerahan. Berdasarkan durasi terjadinya, urtikaria terbagi menjadi dua, yaitu:

  • Urtikaria Akut

Urtikaria akut sendiri nantinya muncul secara tiba-tiba, namun akan sembuh dan reda dalam beberapa hari pasca urtikaria tersebut muncul.

  • Urtikaria Kronis

Sedangkan untuk urtikaria kronis sendiri bisa bertahan lebih lama dan mengakibatkan beberapa gejala-gejala lain yang bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

Pengobatan Urtikaria

Pengobatan Urtikaria

Untuk pengobatan urtikaria atau biduran ringan secara umum tidak perlu pengobatan khusus, itu dikarenakan urtikaria biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Sedangkan untuk urtikaria berulang dan bisa dibilang parah maka penderita perlu mendapat pengobatan tertentu, seperti:

  • Konsumsi obat-obatan (obatantihistamin, kortikosteroid, agonis leukotrien, dan omalizumab).
  • Pemberian obat oles di area yang terjadi.

Pencegahan Urtikaria

Pencegahan Urtikaria

Sedangkan untuk pencegahannya sendiri, urtikaria atau biduran bisa dicegah dengan menghindari faktor penyebabnya. Seperti misalnya para penderita perlu hindari:

  • Suhu panas/dingin.
  • Stres berlebih.
  • Obat-obatan tertentu.
  • Makanan tertentu.

Demikian informasi seputar kode BPJS penyakit kulit bernama urtikaria yang bisa kodebpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya informasi kode BPJS dari sebuah gangguan yang terjadi pada kulit di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.