√ Kode ICD 10 Tonsillitis 2022 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode ICD 10 Tonsillitis – Kode ICD 10? Tentu akan sedikit asing dengan hal ini, namun untuk para dokter atau tenaga medis kode ICD bukan hal baru lagi. Karena didunia kerjanya hal ini akan selalu berkesinambungan.

Untuk yang belum tahu apa itu kode ICD 10, maka ketahui dahulu pengertiannya. Di mana ICD adalah suatu sistem klasifikasi penyakit yang dikelola oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dan digunakan secara global.

Nantinya gangguan kesehatan atau penyakit yang ada memiliki kode ICD 10 berbeda-beda. Bahkan dalam satu jenis penyakit yang sama, namun letak dari penyakit tersebut berbeda maka kode ICD 10 juga akan berbeda pula.

Secara umum kode ICD 10 ini digunakan saat dokter atau perawat membuat laporan diagnosis penyakit yang diderita oleh penderita. Nah pada kesempatan kali ini kami akan sajikan kode ICD 10 dari gangguan kesehatan bernama tonsillitis.

Citayam

Kode ICD 10 Tonsillitis

Apa Itu Tonsillitis

Sebelum lanjut ke pembahasan terkait kode ICD 10-nya, lebih baik Anda mengetahui dahulu apa itu gangguan kesehatan bernama
tonsillitis. Sehingga nantinya Anda akan lebih jelas atau kesehatan dan gangguan kesehatan satu ini.

Tonsilitis atau radang amandel adalah kondisi yang terjadi saat amandel mengalami inflamasi atau peradangan. Umumnya kondisi ini dialami oleh anak usia 3–7 tahun, meski radang amandel juga dapat terjadi pada orang dewasa / lansia.

Amandel atau tonsil merupakan dua kelenjar kecil di tenggorokan yang berfungsi mencegah infeksi, khususnya pada anak-anak. Namun, seiring bertambahnya usia dan makin kuatnya daya tahan tubuh, fungsi amandel tergantikan dan ukurannya secara perlahan akan menyusut.

Kode ICD 10 Tonsillitis

Setelah tahu apa itu tonsillitis, maka selanjutnya mari kembali ke pembahasan mengenai kode ICD 10 dari gangguan tonsillitis atau radang amandel itu sendiri. Simak secara jelas kode ICD 10 di bawah ini.

KODE ICDPENYAKIT TONSLILLITIS
J35Penyakit kronis pada kelenjar tonsil dan adenoid.
J35.0Tonsilitis dan adenoiditis kronis.
J35.01Tonsilitis kronis.
J35.02Adenoiditis kronis.
J35.03Tonsilitis dan adenoiditis kronis.

Penyebab Tonsillitis

Penyebab Tonsillitis

Kemudian setelah mengetahui kode ICD 10 di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui faktor penyebab gangguan kesehatan ini. Secara umum radang amandel atau tonsillitis disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri.

Ada beberapa jenis virus yang menjadikan penyebab radang amandel adalah virus yang juga menyebabkan batuk pilek atau flu seperti virus Adenovirus, Influenza, Parainfluenza, Mycoplasma, Enterovirus, dan terjadi bakteri, biofilm, dan faktor genetik.

Gejala Tonsillitis

Selain penyebab, Anda juga perlu mengetahui juga gejala atau tanda-tanda yang dari gangguan kesehatan dari tonsillitis. Bagi penderita nantinya akan alami gejala utama radang amandel adalah pembengkakan amandel dan rasa sakit saat menelan.

Kondisi tonsillitis ini juga dapat menimbulkan gejala lain seperti suara serak, demam, bau mulut, batuk dan sakit kepala. Namun yang jelas gejala tonsillitis adalah pembengkakan amandel dan rasa sakit saat menelan minuman dan makanan.

Pengobatan Tonsillitis

Pengobatan Tonsillitis

Lalu bagaimana cara pengobatan tonsillitis jika sudah mengalami beberapa gejala di atas? Untuk radang amandel dapat ditangani dengan terapi mandiri, pemberian obat atau operasi. Namun dengan catatan dokter mendiagnosis terlebih dahulu.

Dokter akan menentukan metode yang tepat guna menanganinya, sesuai dengan hasil pemeriksaan pasien. Jika terlalu sudah terlalu parah maka umumnya dokter akan melakukan tindak operasi atau pengangkatan amandel.

Untuk penanganan operasi, maka Anda perlu membutuhkan biaya operasi amandel yang cukup lumayan. Namun jika peserta BPJS Kesehatan maka operasi amandel akan digratiskan tanpa biaya. Itu dikarenakan penyakit amandel masuk menjadi salah satu penyakit yang ditanggung.

Pencegahan Tonsillitis

Selain cara di atas, cara lain yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit tonsillitis adalah dengan selalu menjaga kebersihan diri guna hindari infeksi tidak menular ke orang lain.

  • Pencegahan bisa dilakukan dengan cara mencuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun dan air mengalir.
  • Menghindari penggunaan atau berbagai alat makan dengan orang lain.
  • Rutin mengganti sikat gigi setelah di diagnosis tonsillitis.

Demikian kiranya pembahasan terkait kode ICD 10 dari gangguan kesehatan bernama tonsillitis atau radang amandel yang dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga adanya kode ICD 10 radang amandel di atas bisa bermanfaat untuk semua.