NIK KTP Tidak Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan ? Ini Cara Atasinya

NIK KTP Tidak Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan – BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu program yang ditujukan kepada sektor pekerja. Dengan tujuan untuk memberikan perlindungan kepada tenaga kerja saat berada dilingkungan kerja.

Bahkan dengan sudah ikut sertanya Anda ke dalam program ini, baik didaftarkan oleh perusahaan tempat kerja atau mendaftar sendiri sebagai peserta Mandiri nantinya akan diberi layanan yang memudahkan program kepesertaannya.

Salah satu kemudahan itu sendiri yaitu diberikannya layanan aplikasi BPJSTKU dan Jamsostek Mobile (JMO). Di dalam aplikasi tersebut peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa melakukan beberapa keperluan terkait BPJS Ketenagakerjaan.

Namun sebelum bisa menikmatinya, terlebih dahulu Anda harus sudah daftar atau registrasi aplikasi tersebut dengan melengkapi beberapa data seperti NIK, nomor BPJS Ketenagakerjaan, nama lengkap, tanggal lahir, dan beberapa lainnya.

Citayam

NIK KTP Tidak Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

Yang menjadi masalah ada saja kendala seperti NIK KTP tidak terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Jika mengalami hal seperti itu, maka selanjutnya Anda perlu mengetahui apa penyebab dan bagaimana cara untuk mengatasinya.

Penyebab NIK KTP Tidak Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

Berbicara mengenai penyebab terlebih dahulu, NIK KTP tidak ditemukan atau tidak terdaftar terjadi karena beberapa hal. Namun, secara umum NIK tidak terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan sendiri dikarenakan oleh beberapa hal ini:

1. Salah Memasukkan NIK

Saat memasukkan NIK KTP terjadi kesalahan ketik angka yang menjadikan tidak sesuai. Bahkan saat Anda meyakini jika tidak ada kesalahan dalam memasukkan angka, bisa saja saat memasukkan nomor NIK tersebut terjadi typo.

2. Masukkan Data KK Lama

Selain itu, NIK KTP tidak terdaftar juga bisa terjadi karena peserta BPJS Ketenagakerjaan memasukkan data NIK KTP lama. Padahal Anda sudah memperbarui NIK KTP seperti sudah lepas dari KK keluarga dan memiliki KK sendiri.

3. Dalam Proses Pindah

Tidak hanya dua penyebab di atas, tidak terdaftarnya NIK KTP di BPJS Ketenagakerjaan juga bisa terjadi karena saat mengakes Anda sedang dalam proses pindah. Atau dalam artian NIK KTP masih dalam tahap pemprosesan dan belum selesai keseluruhan.

4. Belum Rekam e-KTP

Terakhir, bisa saja NIK KTP tidak terdaftar juga terjadi karena belum melakukan rekam e-KTP. Biasanya ini dialami oleh peserta yang sedang berada di luar daerah atau luar negeri yang menjadikan rekem e-KTP sedikit tertunda.

Cara Mengatasi NIK KTP Tidak Terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan

Setelah tahu akan penyebab yang menjadikan NIK KTP tidak terdaftar di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara mengatasi NIK KTP tidak terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan. Caranya seperti berikut:

1. Periksa Kembali Nomor NIK Dimasukkan

Pertama, silakan pastikan kembali nomor NIK yang Anda masukkan saat pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan atau layanan BPJS Ketenagakerjaan sudah benar. Jadi perlu disesuaikan terlebih dahulu sebelum berlanjut ke langkah berikutnya.

2. Pastikan Data KK Terbaru

Kedua, cara mengatasi ini juga perlu pastikan NIK KTP atau KK (Kartu Keluarga) yang dimasukkan merupakan data terbaru. Seperti misalnya saat Anda sudah berkeluarga dan membuat KK sendiri, maka masukkan data NIK KTP baru dan jangan masukan data saat masih ikut orang tua.

3. Pastikan Tidak Dalam Proses Pindah

Ketiga, cara mengatasi NIK KTP tidak terdaftar bisa dilakukan dengan memastikan KTP tidak dalam proses pindah. Namun jika sedang melakukan proses pindah, maka Anda bisa menunggunya selesai dan baru memasukkan NIK KTP di BPJS Ketenagakerjaan.

4. Pastikan Telah Rekam e-KTP

Cara mengatasi terakhir, bisa dilakukan dengan rekam e-KTP terlebih dahulu jika memang Anda belum melakukan perekaman. Jika sudah baru mencoba kembali memasukkan NIK KTP tersebut saat pendaftaran BPJS Ketenagakerjaan atau layanan BPJS Ketenagakerjaan.

Demikian kiranya informasi penyebab dan cara mengatasi NIK KTP tidak terdaftar di BPJS Ketenagakerjaan yang dapat kodebpjs.com sampaikan. Semoga dengan adanya pembahasan NIK tidak terdaftar di atas bisa bermanfaat bagi semua yang membutuhkan.