Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama Terbaru 2020

Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama – Klinik atau fasilitas pelayanan kesehatan (Faskes) publik dimana menyelenggarakan dan menyediakan pelayanan berupa medis dasar atau spesialistik. Nantinya klinik akan dipimpin oleh seorang tenaga medis serta penyelenggaraannya akan dilakukan oleh lebih dari satu jenis tenaga kesehatan.

Dimana klinik memiliki tujuan untuk menangani pasien sakit, namun hanya penyakit ringan saja yang bisa ditangani di sebuah klinik. Nantinya jika pasien atau warga masyarakat menderita penyakit parah/berat akan langsung dialihkan ke rumah sakit untuk mendapatkan pelayanan yang lebih insentif.

Seperti yang sudah anda ketahui mengenai klinik, menurut pelayanannya itu sendiri klinik nantinya akan dibedakan menjadi 2 jenis, yaitu KLINIK PRATAMA dan KLINIK UTAMA. Lalu apa sebenarnya perbedaan mendasar antara kedua jenis klinik tersebut?

Nah pada kesempatan kali ini kodebpjs.com akan mengulik perbedaan antara klinik pratama dan klinik utama. Jadi untuk yang ingin lebih jelas mengenai penjelasan perbedaan kedua klinik tersebut, simak terus ulasan ini sampai akhir.

Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama Terbaru

Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama Terbaru

Nah untuk anda yang penasaran akan bedanya antara klinik pratama dan utama berikut akan disampaikan di bawah ini secara jelas mengenai hal tersebut.

Klinik Pratama dan Klinik Utama

Klinik Pratama dan Klinik Utama

Namun sebelum beralih ke perbedaan kedua jenis klinik tersebut anda perlu mengetahui terlebih dahulu pengertian dari apa itu klinik pratama serta klinik utama.

Klinik Pramata

Klinik pratama ialah klinik dimana menyelenggarakan serta mengelola pelayanan medik dasar yang dipimpin oleh seorang dokter umum dan dilaksanakan juga oleh dokter umum. Perijinan sebuah klinik pratama ini nantinya akan dapat dimiliki oleh badan usaha maupun perorangan.

Klinik Utama

Sedangkan klinik utama ialah klinik dimana menyelenggarakan dan mengelola pelayanan medik spesialistik dan medik dasar dengan dipimpin oleh seorang dokter spesialis maupun dokter gigi spesialis. Perijinan klinik utama ini nantinya hanya akan didapat maupun dimiliki oleh badan usaha seperti CV ataupun PT.

Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama

Perbedaan Klinik Pratama dan Klinik Utama

Setelah mengetahui sedikit mengenai apa itu klinik pratama dan klinik utama. Selanjutnya mari beralih mengenai pembahasan perbedaan mendasar pada kedua jenis klinik tersebut.

Klinik Pratama

NOPOINKLINIK PRATAMA
1.Pelayanan medisPelayanan medis dasar
2.Pimpinan klinikDokter atau dokter gigi
3.Pelayanan klinik·         Rawat jalan

·         Rawat inap dengan syarat klinik berbentuk badan usaha

4.Tenaga medisMinimal 2 orang dokter atau dokter gigi

Klinik Utama

NOPOINKLINIK UTAMA
1.Pelayanan medisPelayanan medis dasar & spesialis
2.Pimpinan klinikDokter spesialis atau dokter gigi spesialis
3.Pelayanan klinik·         Rawat jalan

·         Rawat inap

4.Tenaga medis1 orang (dokter) setiap masing-masing jenis pelayanan

Tidak hanya rawat jalan dan rawat inap saja bentuk pelayanannya, klinik juga akan memberikan bentuk pelayanan berupa.

  • Home Care : Layanan perawatan kesehatan dirumah dengan dilakukan secara mandiri yang masih berkesinambungan dan komprehensif dengan melibatkan pasien, keluarga pasien serta pemberi pelayanan.
  • One Day Care : Merupakan perawatan jangka waktu pendek/singkat selama 24 jam atau 1 hari.
  • Pelayanan 24 jam setiap/dalam 7 hari yang diberikan oleh klinik tersebut baik klinik pratama ataupun klinik utama.

Mungkin demikianlah informasi yang bisa kodebpjs.com sampaikan untuk anda semua mengenai perbedaan dari klinik pratama dan klinik utama. Semoga perbedaan mendasar tersebut bisa bermanfaat dan membantu anda yang belum paham jelas mengenai perbedaan kedua klinik tersebut.