Tidak Bisa Menambah Peserta Lewat JKN Mobile? Ini Solusinya!

Tidak Bisa Menambah Peserta Lewat JKN Mobile – Selain layanan offline yaitu berupa kantor BPJS Kesehatan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Pihak BPJS juga memberikan layanan online memudahkan para pesertanya.

Di mana layanan online BPJS yaitu JKN Mobile, mungkin bagi sebagian orang sudah tidak asing dengan aplikasi satu ini. Karena dengan JKN Mobile Anda bisa mengurus berbagai kepesertaan, bahkan bisa daftar BPJS lewat JKN Mobile.

Selain itu Anda juga bisa mengubah data kepesertaan lewat JKN Mobile seperti misalnya ganti alamat BPJS Kesehatan, tanggal lahir, ambil antrian online, merubah nama, sampai menambah peserta atau anggota kepesertaan baru.

Mengenai cara menambah anggota BPJS Kesehatan di JKN Mobile sendiri sangatlah mudah. Namun dalam beberapa kasus, ada peserta pengguna yang tidak bisa menambah peserta lewat JKN Mobile. Lantas apa penyebab dan solusi cara mengatasinya?.

Citayam

Tidak Bisa Menambah Peserta Lewat JKN Mobile

Tidak Bisa Menambah Peserta Lewat JKN Mobile

Membahas mengenai permasalahan tidak bisa tambah peserta BPJS lewat JKN Mobile tersebut, pada pembahasan kali ini kami akan sampaikan secara lengkap apa penyebab beserta cara mengatasinya. Jadi simak dan ikuti pembahasan di bawah ini sampai akhir.

Penyebab Tidak Bisa Menambah Peserta Lewat JKN Mobile

Penyebab Tidak Bisa Menambah Peserta Lewat JKN Mobile

Namun sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara mengatasi tidak bisa tambah anggota lewat JKN Mobile tersebut, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Dengan begitu maka proses mengatasi akan semakin mudah, antara lain penyebab tersebut yaitu:

1. Syarat Tidak Lengkap

Penyebab tidak bisa tambah peserta di JKN Mobile pertama yaitu diakibatkan syarat ketentuan tidak lengkap. Hal inilah yang akibatkan proses penambahan peserta baru BPJS Kesehatan melalui JKN Mobile tidak bisa berhasil.

3. Salah Masukkan Data

Penyebab tidak bisa tambah peserta di JKN Mobile kedua yaitu karena data dimasukkan salah, akibatnya sistem tidak bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. Karena data yang dimasukkan ini harus benar dan sesuai, tanpa ada kesalahan memasukkan.

3. Status Belum Aktif (Peserta)

Penyebab tidak bisa tambah peserta di JKN Mobile ketiga yaitu karena peserta yang akan dimasukkan statusnya masih belum aktif. Dengan kejadian ini, maka proses menambah anggota KIS / BPJS baru di JKN Mobile tetap saja tidak berhasil alias gagal.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Menambah Peserta Lewat JKN Mobile

Cara Mengatasi Tidak Bisa Menambah Peserta Lewat JKN Mobile

Setelah tahu apa saja penyebab yang menjadikan gagal dalam proses tambah peserta atau anggota BPJS Kesehatan baru lewat layanan aplikasi JKN Mobile. Selanjutnya tinggal mengetahui bagaimana solusi maupun cara mengatasinya.

1. Lengkapi Syarat Ketentuan

Cara mengatasi gagal menambah peserta BPJS Kesehatan pertama yaitu dengan melengkapi semua syarat ketentuan yang dibutuhkan dalam proses menambah peserta melalui JKN Mobile. Jika semua syarat sudah dilengkapi, maka langkah berikutnya dimudahkan.

2. Masukkan Data Secara Benar

Cara mengatasi gagal menambah peserta BPJS Kesehatan kedua yaitu melengkapi semua data data secara benar. Selain itu pastikan semua form diisi dengan data yang sesuai tanpa ada keliruan, jika hal ini berhasil maka otomatis proses menambahkan anggota BPJS baru berhasil.

3. Pastikan Kepesertaan Aktif

Cara mengatasi gagal menambah peserta BPJS Kesehatan ketiga yaitu memastikan status kepesertaan anggota baru yang akan ditambahkan sudah aktif/belum. Saat status aktif setelah melakukan pendaftaran, maka bisa dicoba kembali sampai proses berhasil.

4. Hubungi Call Center / Datang ke Kantor

Namun jika beberapa cara di atas tetap saja tidak berhasil untuk mengatasi permasalahan gagal tambah peserta KIS / BPJS baru di JKN Mobile. Maka solusi terakhir ini bisa dilakukan oleh Anda para pengguna JKN Mobile yang ingin menambah peserta baru.

Di mana cara tersebut yaitu dengan hubungi care center di nomor 165 untuk menanyakan permasalahan gagal tambah peserta di JKN Mobile. Selain itu, Anda juga bisa datang langsung ke kantor BPJS Kesehatan terdekat langsung untuk berkonsultasi.

Kesimpulan

Demikian pembahasan yang dapat kodebpjs.com sampaikan mengenai penyebab dan cara mengatasi tidak bisa menambah peserta / anggota BPJS Kesehatan baru lewat JKN Mobile. Semoga untuk pengguna JKN Mobile yang menemui masalah serupa, adanya pembahasan ini bisa membantu dan bermanfaat.

Sumber Gambar : kumparan.com, cnbcindonesia.com, bpjs-kesehatan.go.id