√ JKN Mobile Tanggal Lahir Tidak Sesuai : Syarat & Cara Mengurus

JKN Mobile Tanggal Lahir Tidak Sesuai – Sebagai peserta BPJS Kesehatan, sekarang kalian bisa memanfaatkan aplikasi bernama JKN Mobile. Dengan adanya aplikasi tersebut, kini layanan BPJS Kesehatan bisa diakses secara lebih mudah.

Sementara itu, pada JKN Mobile tersedia beberapa fitur BPJS Kesehatan, mulai dari pendaftaran anggota keluarga, informasi Premi, jadwal operasi, informasi Faskes hingga fitur untuk mengubah data peserta. Namun perlu diketahui bahwa fitur di JKN Mobile hanya bisa digunakan apabila semua data di sistem BPJS Kesehatan dan JKN Mobile sesuai.

Berdasarkan informasi yang kami peroleh, ada beberapa peserta yang tanggal lahir nya tidak sesuai di akun JKN Mobile. Dampaknya peserta tersebut tidak bisa menggunakan beberapa layanan di JKN Mobile. Jika begitu, artinya peserta harus segera mengurus persoalan JKN Mobile tanggal lahir salah.

Lalu apakah untuk mengurus tanggal lahir yang tidak sesuai dapat dilakukan melalui fitur Ubah Data Peserta di aplikasi JKN Mobile? Selain itu, apakah ada syarat dan ketentuan khusus untuk mengurus masalah tersebut? Supaya lebih jelas, langsung saja simak pembahasan selengkapnya dibawah ini.

Citayam

JKN Mobile Tanggal Lahir Tidak Sesuai

JKN Mobile Tanggal Lahir Tidak Sesuai

Seperti kami sebutkan diatas bahwa kehadiran layanan JKN Mobile memberi dampak positif berupa memudahkan para peserta BPJS Kesehatan, terutama dalam hal merubah data. Sebab, sejak adanya aplikasi ini para peserta bisa mengganti nomor HP, mengganti Email dan data lainnya tanpa harus pergi ke Kantor BPJS Kesehatan setempat.

Namun khusus untuk informasi tanggal lahir yang tercantum di akun JKN Mobile tidak sesuai dengan yang tercantum di data kepesertaan BPJS Kesehatan belum bisa ditangani melalui fitur Ubah Data Peserta di JKN Mobile. Jika begitu, bagaimana cara mengurus masalah tersebut?

Sebelum kami jelaskan bagaimana solusinya, terlebih dahulu kami ingin menjelaskan apa dampak ketika informasi tanggal lahir di JKN Mobile salah. Jadi, ketika terjadi ketidakcocokan informasi tanggal lahir peserta, maka untuk sementara waktu beberapa fitur di JKN Mobile tidak bisa digunakan, khususnya layanan atau fitur yang mewajibkan kesesuaian data peserta seperti saat ingin menggunakan fitur Ubah Data Peserta, Pendaftaran anggota baru dan lain sebagainya.

Syarat Mengurus JKN Mobile Salah Tanggal Lahir

Sementara itu, kalian juga perlu tahu bahwa untuk mengurus ketidaksesuaian data tanggal lahir, ada beberapa syarat harus yang harus dipenuhi. Persyaratan tersebut dalam bentuk dokumen yang terdiri dari :

  • Kartu Keluarga
  • KTP
  • Kartu BPJS Kesehatan

Selain itu, nantinya kalian juga bakal diminta menyebutkan nomor HP serta Email yang terdaftar di akun JKN Mobile.

Cara Memperbaiki Tanggal Lahir di JKN Mobile Salah

Cara Memperbaiki Tanggal Lahir di JKN Mobile Salah

Setelah menyimak beberapa syarat diatas, sekarang mari kita bahas mengenai cara mengurus persoalan ketidaksesuaian data tanggal lahir BPJS Kesehatan dengan akun JKN Mobile. Jadi, seperti kami singgung sebelumnya bahwa masalah tersebut belum bisa diurus secara Online melalui aplikasi JKN Mobile.

Dengan begitu, disini kami beritahukan bagi kalian para peserta BPJS Kesehatan sekaligus pengguna JKN Mobile yang mengalami kendala berupa tanggal lahir tidak sama dengan data kepesertaan BPJS Kesehatan bisa mengurusnya langsung di Kantor BPJS Kesehatan setempat.

Sedangkan untuk prosedur memperbaiki informasi tanggal lahir yang tidak sesuai, kalian tinggal datang ke Kantor BPJS Kesehatan. Sesampainya disana kalian bisa ikuti langkah-langkah sebagai berikut :

1. Ambil Nomor Antrian Customer Service

Pertama-tama silahkan ambil nomor antrian untuk bertemu petugas Customer Service. Setelah itu tunggu hingga tiba giliran.

2. Sampaikan Maksud & Tujuan

Jika sudah, temui petugas Customer Service lalu sampaikan maksud kedatangan kalian adalah ingin mengubah informasi tanggal lahir yang tidak sesuai dengan data akun JKN Mobile.

3. Serahkan Berkas Persyaratan

Selanjutnya petugas akan meminta berkas persyaratan yang diperlukan, mulai dari KTP, Kartu Keluarga dan Kartu BPJS Kesehatan. Jangan lupa juga untuk menyebutkan nomor HP serta Email yang terdaftar.

4. Tunggu Proses Perubahan Data

Setelah itu petugas bakal menggunakan berkas persyaratan dalam memperbaiki informasi tanggal lahir yang tidak sesuai. Proses ini mungkin memakan waktu antara 3 sampai 5 menit.

5. Selesai

Jika sudah, petugas bakal menginformasikan bahwa data kepesertaan kalian di sistem BPJS Kesehatan dan akun JKN Mobile telah sesuai. Selanjutnya kalian bisa menggunakan layanan JKN Mobile seperti biasa.

Catatan : Untuk mengurus JKN Mobile tanggal lahir tidak sesuai di Kantor BPJS Kesehatan sama sekali tidak dipungut biaya sepeserpun alias Gratis.

Itulah pembahasan dari tim kodebpjs.com mengenai permasalahan berupa informasi tanggal lahir di akun JKN Mobile tidak sesuai dengan data kepesertaan di sistem BPJS Kesehatan. Diatas kami juga menjelaskan soal syarat hingga prosedur memperbaiki ketidaksesuaian data tersebut di Kantor BPJS Kesehatan.