√ Apa Itu Amalgamasi BPJS Ketenagakerjaan 2021 : Jenis & Manfaat

Apa Itu Amalgamasi BPJS Ketenagakerjaan – Berpindah-pindah tempat kerja mungkin sudah menjadi hal biasa bagi seseorang. Apalagi jika itu seorang karyawan kontrak dari perusahaan.

Tentunya setelah habis kontrak dari perusahaan, jika tidak diperpanjang maka harus mencari perusahaan atau tempat kerja lain. Namun saat bekerja di perusahaan biasanya karyawan akan didaftarkan menjadi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Nah banyak para peserta BPJS Ketenagakerjaan bertanya bagaimana nasib mengenai kartu kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan tersebut setelah pindah tempat kerja atau perusahaan. Mungkin itu salah satunya pertanyaan Anda.

Tidak perlu dipikirkan secara berlebihan pertanyaan seperti itu. Karena hal seperti itu ada solusinya yaitu dengan menggabungkan atau amalgamasi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan perusahaan lama dengan perusahaan baru.

Apa Itu Amalgamasi BPJS Ketenagakerjaan

Apa Itu Amalgamasi?

Amalgamasi sendiri ialah perkawinan antar ras maupun antar suku yang memiliki ciri fisik berbeda dan nantinya menjadi satu rumpun baru. Biasanya amalgamasi dilakukan untuk menghasilkan akomodasi pada dua kelompok sosial yang berbeda.

Jenis-Jenis Amalgamasi

Jenis Jenis Amalgamasi

Di Indonesia sendiri saat ini Amalgamasi terbagi menjadi beberapa jenis dan mungkin Amalgamasi sudah tidak asing lagi di telinga-telinga Anda. Lalu apa saja itu jenis-jenisnya? Berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini.

1. Amalgamasi Pernikahan

Amalgamasi pernikahan sendiri ialah salah satu proses penggabungan dua etnis berbeda (pihak pria dan pihak wanita). Biasanya orang menyebutnya saat ada acara pernikahan antara dua mempelai yang beda ras, suku dan memiliki ciri fisik berbeda.

2. Amalgamasi Emas

Selain di pernikahan, di Indonesia Anda juga akan sering menemukan atau mendengar kata amalgamasi emas. Di mana amalgamasi emas sendiri ialah sebuah proses pengolahan emas batangan secara tradisional dengan menggunakan merkuri, hal itu bertujuan untuk mengekstraksi emas dari batuan.

Biasanya amalgamasi emas seperti ini masih dilakukan oleh beberapa pertambangan tradisional di Indonesia karena metode amalgamasi emas ini terbilang mudah. Selain itu mengenai biayanya sendiri juga murah dan tidak memerlukan peralatan modern serta teknologi mahal.

3. Amalgamasi BPJS

Tidak hanya di pernikahan atau emas saja ternyata amalgamasi juga akan Anda temukan di BPJS. Terutama para peserta BPJS Ketenagakerjaan sudah tidak asing lagi dengan kata Amalgamasi BPJS. Di mana amalgamasi BPJS sendiri ialah salah satu proses penggabungan dua kepesertaan menjadi satu.

Apa Sebenarnya Itu Amalgamasi BPJS Ketenagakerjaan?

Apa Sebenarnya Itu Amalgamasi BPJS Ketenagakerjaan

Nah, terkadang masih banyak para peserta BPJS Ketenagakerjaan yang masih bingung mengenai amalgamasi itu sendiri apa? Sudah di sampaikan di atas, jika amalgasi BPJS sendiri ialah penggabungan dua kepesertaan untuk jadi satu.

Jadi amalgasi BPJS Ketenagakerjaan sendiri ialah proses penggabungan dua kepesertaan BPJS ketenagakerjaan (baru dan lama) menjadi satu. Biasanya amalgamasi ini dimanfaatkan oleh peserta untuk menggabungkan dua kartu kepesertaan dari dua tempat bekerja (perusahaan).

Contoh : Saat Anda pindah tempat kerja atau perusahaan ke perusahaan lain, nantinya akan membuat Anda memiliki dua kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Dengan amalgamasi BPJS Ketenagakerjaan itulah nanti kedua saldo kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan baik dari perusahaan lama dan perusahaan baru dapat digabungkan. Namun untuk bisa menggabungkan itu sendiri ada SYARAT dan ketentuannya.

Manfaat Amalgamasi BPJS Ketenagakerjaan

Manfaat Amalgamasi BPJS Ketenagakerjaan

Setelah mengetahui secara jelas mengenai apa itu amalgasi BPJS Ketenagakerjaan, tentunya Anda sendiri sudah dapat menyimpulkan manfaat yang dapat dirasakan. Berikut beberapa manfaat itu sendiri:

  • Peserta BPJS ketenagakerjaan dari perusahaan lama tidak perlu ribet mengurus saldo yang ada, karena jika sudah menggabungkannya maka saldo sudah menjadi satu.
  • Dapat melihat total saldo dari kedua kartu kepesetaan BPJS Ketenagakerjaan.
  • Dapat mencairkannya secara keseluruhan.
  • Hanya perlu membutuhkan PAKLARING satu saja yaitu paklaring dari perusahaan terakhir.

FAQ

1. Bagaimana Cara Penggabungan Amalgamasi Saldo BPJS Ketenagakerjaan?

Datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan sendiri atau meminta pihak HRD perusahaan memprosesnya.

2. Berapa Biaya Saat Amalgamasi di Kantor BPJS Ketenagakerjaan?

Tidak ada biaya.

Demikianlah informasi yang dapat kodebpjs.com sampaikan untuk Anda semua mengenai apa itu amalgamasi BPJS Ketenagakerjaan. Semoga adanya ulasan di atas dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan dan menjawab semua rasa penasarannya.