Apa Itu PCare Vaksin BPJS 2022 : Manfaat, Fitur & Registrasi

Apa Itu PCare Vaksin BPJS – Vaksinasi merupakan program Pemerintah Indonesia guna menekan angka penularan COVID-19. Program ini bersifat wajib bagi seluruh masyarakat Indonesia, baik anak-anak, dewasa maupun Orang tua.

Bicara mengenai program Vaksinasi,  Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan telah menyediakan fasilitas bernama PCare Vaksin. Fasilitas ini bisa dinikmati oleh masyarakat Indonesia, khususnya mereka yang menjalani profesi sebagai tenaga medis di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP).

Belum tahu apa itu PCare Vaksin BPJS Kesehatan? Jika demikian, kalian wajib simak artikel ini sampai akhir. Sebab kami telah menyiapkan informasi lengkap mengena apa itu PCare hingga manfaat yang ditawarkan layanan tersebut bagi para peserta BPJS Kesehatan.

Selain menyediakan fitur layanan seputar Vaksinasi, PCare juga memiliki beragam fitur lain yang pastinya bermanfaat. Penasaran apa saja fitur yang tersedia? Langsung saja simak pembahasan selengkapnya tentang apa itu PCare Vaksin BPJS Kesehatan, Fitur hingga cara mendapatkan fasilitas tersebut dibawah ini.

Apa Itu PCare Vaksin BPJS ?

Apa Itu PCare Vaksin BPJS

Seperti kami singgung diatas bahwa saat ini seluruh masyarakat Indonesia wajib melakukan Vaksin. Untuk mengikuti program masyarakat bisa melakukan registrasi melalui aplikasi PeduliLindungi. Selain itu, ada juga layanan atau fasilitas yang bisa memudahkan para tenaga medis untuk menjalani program Vaksinasi, yaitu PCare Vaksin BPJS.

Apa itu PCare Vaksin BPJS ? Jadi, layanan ini merupakan sebuah aplikasi yang menjadi bagian terintegrasi dari Sistem Informasi Satu Data Vaksinasi COVID-19. Artinya PCare bisa dibilang sebagai salah satu layanan yang mendukung program Vaksinasi untuk fasilitas kesehatan dalam mendata peserta Vaksin.

Nantinya data hasil input P-Care Vaksinasi akan tercatat pada tabulasi serta Dashboard Komite Penanganan COVID-19 hingga Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN). Sementara itu, melalui PCare para petugas di FKTP akan memberikan informasi terkait jadwal dan tempat untuk melakukan Vaksin.

Hingga saat ini PCare telah terintegrasi di lebih dari 13.000 FKTP (Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama) seperti Puskesmas, Klinik Pratama dan Dokter Praktik Mandiri di berbagai wilayah Indonesia. Nantinya setelah berhasil terdaftar sebagai peserta vaksin di PCare, para peserta bisa melakukan Vaksin COVID-19 melalui fasilitas kesehatan tersebut.

Apa Saja Fitur yang Ditawarkan Aplikasi PCare ?

Apa Saja Fitur yang Ditawarkan Aplikasi PCare

Kemudian aplikasi PCare juga mempunyai beragam fitur di dalamnya yang wajib diketahui. Fitur-fitur ini juga siap memudahkan para peserta BPJS Kesehatan dalam berbagai aktivitas. Baiklah, supaya lebih jelas langsung saja simak informasinya dibawah ini :

1. Pendaftaran Peserta BPJS Kesehatan

Pertama, di aplikasi PCare tersedia fitur registrasi sebagai peserta BPJS Kesehatan, baik untuk perorangan maupun instansi. Di dalamnya juga terdapat instruksi lengkap untuk melakukan pendaftaran program tersebut.

2. Informasi Tagihan BPJS Kesehatan

Kedua, para peserta BPJS Kesehatan juga melihat informasi atau rincian tagihan yang harus dibayarkan. Jumlah iuran BPJS Kesehatan dari setiap peserta tentu berbeda-beda, tergantung dari kelas BPJS yang digunakan.

3. Daftar Fasilitas Kesehatan Terdekat

Ketiga, di aplikasi PCare kalian juga bisa menemukan fitur untuk mencari fasilitas kesehatan terdekat yang tentunya sudah terdaftar sebagai FKTP BPJS Kesehatan.

4. Data Informasi Peserta Vaksin COVID-19

Terakhir, PCare mampu menampilkan sumber data Vaksinasi COVID-19. Jadi, ketika ada yang menanyakan status peserta Vaksin, pengguna PCare bisa menjawab melalui data yang tertera di dalamnya.

Cara Registrasi PCare Vaksin BPJS

Cara Registrasi PCare Vaksin BPJS

Setelah menyimak informasi soal apa itu PCare Vaksin BPJS hingga fitur apa saja yang tersedia di dalamnya, sekarang mari kita lanjut ke tata cara mendaftar layanan tersebut. Sekali lagi kami ingatkan bahwa aplikasi PCare belum tersedia secara umum, melainkan hanya bisa dinikmati oleh mereka para pekerja di FKTP yang sudah mendaftarkan fasilitas tersebut ke BPJS Kesehatan.

Sedangkan untuk proses pendaftaran PCare mewajibkan calon pengguna untuk datang ke Kantor BPJS Kesehatan. Sesampainya disana silahkan temui petugas Customer Service untuk mendapatkan arahan lengkap terkait prosedur registrasi PCare.

Jika pendaftaran berhasil, nantinya petugas akan memberi data Login berupa Username dan Password. Selanjutnya peserta akan diminta menginstal aplikasi PCare melalui Google Play Store atau App Store. Pada halaman Login, peserta tinggal memasukkan Username dan password yang sudah diterima sebelumnya.

Data Login yang sudah diterima harus selalu diingat atau untuk mencegah terjadinya lupa Username atau Password, peserta bisa menyalin informasi tersebut pada Notepad. Sebab, ketika lupa Username atau Password, pada peserta tidak bisa Login PCare.

Sementara itu, untuk proses input data dan lain sebagainya, peserta diminta untuk mengakses situs pcare.bpjs-kesehatan.go.id. Penjelasan lengkap mengenai tata cara menggunakan PCare mungkin akan kami bahas di pertemuan berikutnya.

Demikianlah informasi dari kodebpjs.com mengenai apa itu PCare Vaksin BPJS Kesehatan. Diatas kami juga menjelaskan mengenai fitur apa saja yang disediakan pada aplikasi PCare, syarat dan ketentuan menjadi pengguna PCare hingga cara daftar akun PCare Vaksin BPJS.