13 Cara Daftar PCare BPJS Kesehatan, Download & Fitur Vaksin Gratis

Advertisements

Cara Daftar PCare BPJS Kesehatan – Saat ini BPJS Kesehatan memiliki layanan baru yang diberi nama Primary Care atau PCARE BPJS KESEHATAN. PCare dibuat untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat yang menggunakannya.

PCare sendiri adalah bagian dari sistem informasi berbasis website yang disediakan BPJS Kesehatan untuk Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), seperti Puskesmas, Klinik Pertama serta Dokter Praktik Umum dalam melayani peserta JKN-KIS.

PCare BPJS Kesehatan ini juga bisa digunakan untuk DAFTAR VAKSIN ONLINE gratis. Namun, agar bisa menggunakan aplikasi PCare, peserta harus daftar secara offline di kantor cabang BPJS Kesehatan untuk mendapatkan username dan passsword.

Advertisements

Cara daftar layanan Primary Care BPJS Kesehatan sebenarnya sangatlah mudah. Namun sebelum Anda daftar, maka sebaiknya simak terlebih dahulu ulasan lengkap dari kodebpjs terkait layanan PCare mulai dari kegunaan dan fitur seperti di bawah ini.

Kegunaan PCare BPJS Kesehatan

Kegunaan PCare BPJS Kesehatan

Advertisements

Sistem informasi didalam PCare umumnya mencakup data kepesertaan, riwayat pelayanan kesehatan, data kunjungan sakit maupun kunjungan sehat, data rujukan dan rujukan balik, serta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis).

PCare BPJS Kesehatan sendiri berisi sistem informasi untuk pelayanan pasien, yang mana fasilitas kesehatan primer bisa langsung mengakses data ke server BPJS. Ini bertujuan untuk memberikan kemudahan proses pendaftaran, penegakan diagnosa, terapi pengobatan, serta pelayanan laboratorium.

Fitur PCare Vaksinasi

Fitur PCare Vaksinasi

Fitur yang dimiliki PCare diantaranya seperti informasi tagihan, tata cara mendaftarkan peserta BPJS Kesehatan secara mandiri maupun instansi, sekaligus pencarian fasilitas kesehatan terdekat. Selain itu, PCare juga dilengkapi fitur vaksin gratis.

Dimana BPJS Kesehatan telah menyiapkan Primary Care Vaksinasi dalam program vaksin Covid-19. Aplikasi ini menjadi bagian terintegrasi dari sistem satu data vaksinasi Covid-19.

Aplikasi PCare akan mendukung proses registrasi sasaran penerima vaksin, screening status kesehatan, serta mencatat serta melaporkan hasil pelayanan vaksinasi Covid-19. Data hasil inputnya akan terintgrasi pada tabulasi dan dasbor komite penanganan Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional.

Download PCare BPJS Kesehatan

Download PCare BPJS Kesehatan

Aplikasi  PCare ini dapat digunakan para pemegang premi untuk mengajukan pengobatan maupun mendaftarkan diri sebagai pasien di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang dituju. Untuk menggunakannya, pastikan Anda telah mendownload aplikasi PCare di Google Play Store.

Sementara ini, aplikasi PCare belum bisa didownload di smartphone berbasis iOS. Selain itu, aplikasi PCare BPJS Kesehatan juga belum bisa digunakan untuk umum. Dengan kata lain, tidak semua pengguna bisa menggunakan aplikasi ini.

Pihak yang diizinkan adalah fasilitas kesehatan yang telah resmi mendaftarkan ke BPJS Kesehatan serta sudah diberi akses masuk berupa username serta password.

Cara Daftar PCare BPJS Kesehatan

Cara Daftar PCare BPJS Kesehatan 1

Cara daftar PCare bukanlah hal sulit, dimana pendaftaran dilakukan secara offline. Adapun cara daftar PCare BPJS Kesehatan yaitu sebagai berikut ini.

  1. Pertama-tama silahkan download aplikasi PCare BPJS Kesehatan di Google Play.
  2. Kemudian, peserta disarankan untuk daftar secara offline di kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat.
  3. Setelah itu, kunjungi situs https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id/.
  4. Setelah itu, masukkan username serta password yang didapat saat proses pendaftaran di kantor cabang.
  5. Setelah berhasil masuk, maka Anda akan dibawa ke halaman utama Primary Care BPJS Kesehatan yang berisi indeks terkait pasien.
  6. Untuk cara menggunakan PCare BPJS Kesehatan, silahkan pilihlah menu pelayanan. Setelah itu, peserta bisa memanfaatkan PCare untuk memperoleh sejumlah fasilitas dari BPJS Ketenagakerjaan.
  7. Pada menu ini, akan muncul dua pilihan yakni pendaftaran dan pelayanan.
  8. Apabila Anda merupakan pasien berobat, maka lakukan pendaftaran terlebih dahulu dengan mengisi nomor BPJS Kesehatan, kemudian tekan “Cari“. Apabila Anda merupakan faskes tempat Anda bekerja, maka identitas pasien tersebut akan muncul secara otomatis.
  9. Lalu, lengkapi semua bidang yang kosong mulai dari jenis kunjungan, keluhan pemeriksaan fisik, tekanan darah dan lain sebagainya. Jika sudah tekan “Simpan”.
  10. Berikutnya, kembali ke entri data, pilih layanan. Pada bagian ini, Anda dimintai untuk mengisi kolom yang kosong seperti kolom terapi serta diagnosis. Jika sudah tekan “Simpan”. Tahap entri data untuk pasien BPJS Kesehatan di FKTP telah selesai.
  11. Kemudian, Anda bisa melihat data pasien berobat di FKTP tempat Anda bekerja mulai dari kegiatan, jumlah kunjungan, jenis kunjungan hingga sepuluh penyakit terbanyak.
  12. Pada bagian Tools, Anda bisa mengganti password PCare dan masuk ke LUPIS BPJS untuk melihat sekaligus mengedit jumlah pekerja FKTP di tempat Anda bekerja.
  13. Apabila menekan logo akun di sebelah kiri, maka Anda akan menemukan data administrasi serta bisa juga mengarahkan untuk log out dari aplikasi PCare bila sudah selesai digunakan.

Nah, itulah informasi dari kodebpjs.com terkait cara daftar beserta cara menggunakan PCare BPJS Kesehatan. Dengan mengikuti cara daftar Primary Care di atas, maka Anda bisa berobat maupun mengetahui informasi pasien. Demikianlah ulasan terkait cara daftar PCare BPJS Kesehatan semoga bermanfaat.

Advertisements