Aplikasi PCare Tidak Bisa Dibuka ? Ini Penyebab & Mengatasi

Aplikasi PCare Tidak Bisa Dibuka – Berbagai kemudahan dalam pengaksesan kepesertaan BPJS Kesehatan saat ini sangat mudah. Hal itu dikarenakan berbagai layanan online telah berhasil diluncurkan oleh pihak BPJS Kesehatan yang memungkinkan melakukan sesuatu atas kepesertaan bisa dilakukan dirumah tanpa ke kantor BPJS Kesehatan terdekat.

Salah satu layanan online BPJS Kesehatan sendiri seperti misalnya Mobile JKN dan PCare (Primary Care). Layanan tersebut adalah layanan aplikasi yang membuat Anda bisa mengaksesnya lewat perangkat HP/smartphone. Tentu saja hadirnya layanan-layanan online tersebut bisa memudahkan urusan para peserta BPJS Kesehatan.

Teruntuk Anda yang belum paham mengenai apa itu aplikasi PCare BPJS Kesehatan, pada pembahasan sebelumnya sudah pernah disampaikan secara lengkap baik itu dari fungsi, kegunaan dan cara daftar PCare BPJS Kesehatan. Sehingga bisa simak pembahasan terkait PCare jika memang belum sepenuhnya paham.

Jika sudah berhasil daftar dan melakukan penggunaan aplikasi tersebut, terkadang ada saja kendala yang bisa akibatkan pengguna merasa kesal. Salah satunya seperti aplikasi PCare tidak bisa dibuka atau diakses, sehingga proses yang akan dilakukan lewat aplikasi PCare tersebut tertunda beberapa waktu.

Citayam

Aplikasi PCare Tidak Bisa Dibuka

Aplikasi PCare Tidak Bisa Dibuka

Jika menemui permasalahan tidak bisa dibukanya aplikasi PCare, tentu para peserta atau pengguna bertanya mengenai apa penyebab dan bagaimana cara untuk mengatasinya. Dengan begitu, pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan sajikan secara lengkap mengenai itu semua di bawah ini.

Penyebab Aplikasi PCare Tidak Bisa Dibuka

Penyebab Aplikasi PCare Tidak Bisa Dibuka

Berbicara mengenai penyebab aplikasi PCare BPJS Kesehatan tidak bisa dibuka sendiri ada beberapa faktor layaknya permasalahan aplikasi PCare tidak bisa login. Di mana permasalahan umum yang menjadikan tidak bisa dibuka seperti misalnya:

1. PCare Sedang Gangguan / Error

Pertama, bisa saja tidak bisa login aplikasi Primary Care terjadi akibat PCare sedang ada gangguan server atau sedang error. Dengan otomatis aplikasi PCare tidak bisa dibuka selama ada gangguan tersebut. Selain itu penyebab juga bisa terjadi saat bersamaan banyak pengguna yang mengaksesnya.

2. Ada Maintenance Aplikasi

Kedua, tidak bisa dibuka juga dikarenakan oleh sedang adanya maintenance atau pemeliharaan aplikasi seperti saat pembaharuan terhadap fitur-fitur di dalamnya. Penyebab ini juga kerap menjadikan pengguna PCare tidak login atau masuk untuk mengaksesnya.

3. Banyak Perangkat Login

Ketiga, bisa saja tidak bisa buka aplikasi Primary Care juga diakibatkan oleh banyaknya perangkat yang login secara bersamaan di PCare. Seperti diketahui, jika untuk di faskses admin ada 3 perangkat yang bisa mengakses dalam waktu bersama. Jika aplikasi lebih dibuka oleh 3 perangkat, maka pembuka selanjutnya akan gagal.

4. Koneksi Internet Buruk

Terakhir merupakan hal umum yang biasa terjadi dan akibatkan PCare tidak bisa dibuka yaitu koneksi terhubung pada perangkat buruk atau tidak stabil. Hal itu seperti Anda ketahui sendiri jika PCare perlu sebuah koneksi guna bisa mengaksesnya.

Cara Mengatasi Aplikasi PCare Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Aplikasi PCare Tidak Bisa Dibuka

Setelah tahu akan penyebab yang menjadikan tidak bisa dibukanya aplikasi PCare BPJS Kesehatan, selanjutnya Anda tinggal mengetahui cara mengatasinya. Di mana cara mengatasi aplikasi PCare tidak bisa dibuka yaitu dengan menyesuaikan apa faktor penyebabnya.

1. Tunggu Gangguan Error & Maintenance Berakhir

Untuk atasi PCare tidak bisa dibuka akibat gangguan error dan ada maintenance, tidak ada cara selain selain menunggu sampai gangguan dan maintenance berakhir. Lantas apakah lama dalam proses menunggu sampai pulih tersebut?

Mengenai lama atau tidaknya pihak BPJS Kesehatan tidak bisa menentukan, namun guna memastikan jika gangguan dan maintenance telah berakhir maka silakan cek dan buka secara berkala aplikasi PCare BPJS Kesehatan tersebut.

2. Pastikan Jika 1 Akun Hanya Dibuka 1 Perangkat

Lalu jika diakibatkan terlalu banyak perangkat yang membuka secara bersamaan, maka Anda hanya perlu memastikan 1 akun hanya dibuka oleh 1 perangkat saja. Dengan begitu, kebanyakan permasalahan tidak bisa dibukanya aplikasi PCare sudah bisa teratasi.

3. Memastikan Koneksi Lancar

Jika tidak bisa dibuka dikarenakan oleh koneksi buruk atau tidak stabil, cara mengatasinya adalah dengan mengganti koneksi yang buruk tersebut dengan koneksi lain. Anda bisa menggunakan paket data atau WiFi untuk membuka aplikasi PCare tersebut.

4. Hubungi Pihak BPJS

Secara umum dengan mengatasi permasalahan tersebut biasanya sudah berhasil dan aplikasi bisa terbuka kembali. Namun jika tetap saja tidak bisa dibuka, maka silakan tanyakan pada pihak BPJS dengan hubungi call center BPJS Kesehatan yang siap melayani selama 24 jam.

Kiranya seperti itulah penyebab dan cara mengatasi tidak bisa dibukanya aplikasi PCare atau Primary Care BPJS kesehatan yang dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait aplikasi PCare gagal dibuka di atas bisa membantu semua yang membutuhkan.