√ Apotek Online BPJS 2021 : Manfaat, Fitur & Cara Daftar

Apotek Online BPJS – Berbagai layanan aplikasi online saat ini sudah diberikan oleh pihak BPJS Kesehatan untuk para pesertanya. Dengan menggunakan layanan online yang telah diberikan inilah nantinya kemudahan akan dapat dirasakan.

Kemudahan dimaksud sendiri mengenai kemudahan atas beberapa layanan-layanan dari BPJS Kesehatan yang dapat diakses secara online. Dan untuk aplikasi tersebut sendiri seperti misalnya JKN Mobile dan apotek online BPJS.

Mungkin bagi peserta BPJS Kesehatan sudah tidak asing lagi dengan kedua aplikasi tersebut, Terutama untuk aplikasi online bernama JKN Mobile, karena aplikasi ini sangat membantu sekali bagi para peserta BPJS Kesehatan.

Nah untuk layanan apotek online sendiri juga sama, di mana fungsi dan manfaatnya sangat baik bagi para peserta atau penggunanya. Namun bagi peserta baru akan bertanya-tanya akan apa itu apotek online itu sendiri.

Apotek Online BPJS

Bagi Anda yang penasaran apa itu apotek online sebenarnya? Pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan sampaikan secara lengkap informasinya. Jadi terus untuk simak ulasan ini sampai akhir.

Apa Itu Apotek Online BPJS?

Apotek online sendiri ialah salah satu aplikasi yang diberikan oleh pihak BPJS Kesehatan. Di mana aplikasi berbasis internet ini akan memudahkan apoteker, faskes, maupun anggota aktif untuk memperoleh obat.

Selain itu, aplikasi online ini juga sudah terintegritas dengan apotek-apotek rujukan BPJS. Dengan begitu, tentunya kemudahan dalam mendapatkan obat-obat yang dibutuhkan tidak perlu dikhawatirkan lagi, karena sudah didapatkan secara online.

Manfaat Apotek Online BPJS

Manfaat Apotek Online BPJS

Lalu apa manfaat dengan adanya apotek online? Bagi pihak yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, tentu adanya aplikasi ini sangat membantu sekali. Apalagi saat ini apotek rujukan dari BPJS sudah menerapkan sistem digital.

Hal itu yang nantinya membuat peserta akan secara mudah mengambil obat di mana saja dan kapan saja. Nah untuk manfaat lainnya, berikut akan disampaikan secara jelas di bawah ini.

1. Transparansi Obat

Tidak hanya kemudahan dalam mendapat obat, adanya apotek online ini pada peserta BPJS juga bisa mengakses riwayat pelayanan yang telah diterima. Mungkin ini bukti jika BPJS Kesehatan senantiasa dan selalu berusaha memberikan pelayanan transparansi, jelas dan tentunya terbaik.

2. Dapatkan Info Obat

Manfaat dari apotek online lainnya yaitu memberikan pelaporan keluhan atas ketersediaan obat, berubahnya harga obat, dan pencatatan resep obat bisa diakses secara online. Sehingga peserta nantinya hanya perlu datang ke apotek untuk mengambil obat dan memberikan uang saja.

3. Pelayanan Cepat

Selain manfaat kedua di atas, manfaat lainnya dari apotek online yaitu pelayanan cepat. Faskes dan peserta BPJS dapat dengan cepat untuk mendapatkan obat yang dimaksud, karena apotek online sendiri menyediakan data ketersediaan jumlah obat di apotek-apotek rujukan BPJS.

Fitur yang Ada di Apotek Online BPJS

Terkadang banyak para peserta atau pengguna layanan apotek online yang bertanya akan fitur yang ada. Secara umum bisa dikatakan cukup banyak fitur-fiturnya, seperti misalnya ada:

  • Entri klaim obat Program Rujuk Balik (PRB).
  • Entri klaim obat kemoterapi
  • Entri obat penyakit kronis di Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL).
  • Laporan keluhan ketersediaan obat.
  • Service Bridging SIM obat rumah sakit
  • Verifikasi pelayanan obat.

Cara Daftar Apotek Online BPJS

Cara Daftar Apotek Online BPJS

Bagaimana dengan cara daftar apotek online tersebut? Banyak juga pertanyaan yang muncul seperti itu. Di mana cara daftar maupun mendapatkan akses masuk ke layanan apotek online ini sama seperti cara mengaktifkan aplikasi online dari BPJS Kesehatan lainnya.

Seperti misalnya daftar JKN MOBILE dan lainnya, di mana peserta/calon pengguna apotek online perlu mengakses secara offline terlebih dahulu. Di maksud kali ini yaitu mendatangi kantor cabang BPJS Kesehatan terdekat di lokasi Anda.

Tujuannya yaitu untuk mendapatkan validasi mengenai obat serta mendapatkan Username dan Password untuk bisa login ke apotek online tersebut. Berikut langkahnya cara daftar apotek onlinenya:

  • Pertama siapkan terlebih dahulu, salinan resep dan surat keterangan dari faskes jika obat dibutuhkan sudah habis.
  • Setelah syarat tersebut sudah dilengkapi, maka Anda hanya perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan.
  • Kemudian langsung saja temui petugas yang sedang berjaga dan sampaikan maksud kedatangannya yaitu ingin daftar apotek online BPJS.
  • Nantinya petugas BPJS akan mulai membantunya mulai dari memberikan surat salinan eligibilitas untuk menebus obat di apotek-apotek rujukkan.
  • Selanjutnya lakukan pendataan resep di menu Faskes Asal Resep yang tersedia di fitur apotek online.
  • Setelah daftar resep masuk, nantinya apoteker bisa melakukan validasi obat berdasarkan kode sudah dimasukkan. Lalu Anda hanya perlu menunggu beberapa saat untuk proses verifikasi.
  • Jika sudah berhasil melalui verifikasi, resep tersebut tidak bisa di input kembali. Jadi selalu pastikan resep di input tersebut benar dan sesuai anjuran dokter.

FAQ

1. Apakah Ada Biaya Saat Daftar Apotek Online?

Tidak. Anda hanya perlu membawa persyaratan seperti salinan resep dan surat keterangan dari faskes jika obat dibutuhkan habis.

2. Dimana Apotek Online Terdekat?

Apotek Kimia Farma dan apotek lain yang sudah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Itulah informasi dapat kodebpjs.com sampaikan untuk Anda semua mengenai apotek online BPJS. Semoga dengan adanya pembahasan apotek online di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi semuanya.