Aplikasi Mobile JKN Tidak Bisa Dibuka ? Penyebab & Mengatasi

Aplikasi Mobile JKN Tidak Bisa Dibuka – Bagi para peserta BPJS Kesehatan, tentu tidak asing lagi dengan aplikasi bernama Mobile JKN. Di mana aplikasi ini diberikan oleh pihak BPJS guna beri kemudahan para pesertanya.

Karena dengan aplikasi ini nantinya urusan kepesertaan BPJS Kesehatan bisa teratasi secara mudah. Hanya dengan akses HP atau smartphone maka penambahan anggota atau peserta BPJS dan lainnya sudah bisa dilakukan secara online.

Namun dalam beberapa kasus penggunaan Mobile JKN, banyak dari pengguna yang alami sebuah kejadian dan akibatkan aplikasi tidak bisa digunakan. Seperti misalnya aplikasi Mobile JKN tidak bisa dibuka atau menu JKN Mobile Terkunci.

Terkait masalah aplikasi JKN Mobile tidak bisa dibuka bagi sebagian pengguna pernah mengalaminya. Jika sedang alami hal serupa, maka tepat membuka artikel ini karena kami akan sampaikan informasinya secara lengkap.

Citayam

Penyebab Aplikasi Mobile JKN Tidak Bisa Dibuka

Aplikasi Mobile JKN Tidak Bisa Dibuka

Dari kasus tidak bisa dibuka ini sendiri, bagi yang pertama kali alami maka akan bertanya dan penasaran sebenarnya apa penyebab yang menjadikan aplikasi tidak bisa dibuka. Secara umum beberapa penyebab tersebit di antara lainnya:

1. Koneksi Internet Tidak Stabil

Pertama, Mobile JKN tidak bisa dibuka bisa dikarenakan koneksi internet terhubung dengan perangkat yang akan digunakan untuk buka aplikasi tidak stabil atau terputus-putus. Sehingga saat membuka aplikasi otomatis tidak bisa dan gagal.

2. Server Mobile JKN Down

Kedua, Mobile JKN tidak bisa dibuka dikarenakan juga oleh server Mobile JKN yang sedang down / masalah maupun sedang ada maintenance. Otomatis saat hal ini terjadi, pengguna Mobile JKN tidak bisa akses aplikasi bahkan hanya untuk membuka saja.

3. Cache Penuh

Ketiga, Mobile JKN tidak bisa dibuka juga terjadi saat cache penuh. Meskipun digunakan sebagai penyimpanan data cadangan atau sementara, akan tetapi data pada cache bisa membuat aplikasi Mobile JKN gagal terbuka atau diakses.

4. File Memori Penuh

Keempat, Mobile JKN tidak bisa dibuka juga diakibatkan karena memori internal penuh. Seperti diketahui sendiri jika penggunaan aplikasi perlu memori untuk menyimpan data yang diakses. Jadi jika memori penuh tidak hanya JKN saja yang dibuka melainkan aplikasi lain.

5. Penggunaan Aplikasi Versi Lama

Kelima, Mobile JKN tidak bisa dibuka dapat terjadi ketika pengguna masih menggunakan aplikasi versi lama. Seperti diketahui sendiri, guna memberikan layanan terbaiknya pengembang aplikasi selalu senantiasa memperbarui versinya.

Cara Mengatasi Aplikasi Mobile JKN Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi Aplikasi Mobile JKN Tidak Bisa Dibuka

Jika berhasil tahu apa saja penyebab yang menjadikan aplikasi Mobile JKN tidak bisa dibuka, selanjutnya mari kita bahas mengenai cara mengatasinya. Terkait cara mengatasi sendiri bisa disesuaikan dengan penyebab masalah yang terjadi.

1. Tutup Paksa Aplikasi

Namun cara pertama jika aplikasi tidak mau dibuka, maka coba tutup paksa aplikasi. Kemudian coba membukanya kembali, secara umum cara mudah ini berhasil. Tidak hanya pada aplikasi Mobile JKN saja melainkan pada aplikasi lain juga.

2. Cek Koneksi Internet

Cara mengatasi berikutnya dengan cek koneksi internetnya, jika memang benar adanya sedang ada masalah dan tidak stabil. Maka coba hubungkan dengan koneksi lain (Paket data, WiFi atau Tethering), baru Anda buka kembali apikasi Mobile JKN.

3. Tunggu Server Normal

Berikutnya, jika masalah karena server down atau sedang ada maintenance. Maka tidak ada cara selain menunggu server kembali normal. Jadi silakan buka aplikasi secara bertahap dalam kurun beberapa waktu sekali, jika berhasil masuk maka server sudah pulih.

4. Hapus Cache

Selain melakukan hal di atas, kejadian tidak bisa dibuka sebuah aplikasi juga dikarenakan adanya cache yang menumpuk. Maka dari itu Anda bisa melakukan penghapusan cache guna bisa membuka atu mengaksesnya. Untuk hapus cache kiranya hampir sudah tahu caranya, tinggal sesuaikan HP yang digunakan.

5. Kosongkan Memori

Masalah aplikasi tidak bisa dibuka juga terjadi pada saat memori internel penuh, jadi untuk menyiasati agar aplikasi Mobile JKN bisa dibuka dapat lakukan pengosongan memori dengan menghapus beberapa file yang tidak digunakan. Setelah penghapusan lanjut dengan mencoba buka aplikasi kembali.

6. Update Aplikasi

Tidak hanya dari cara mengatasi di atas saja, tidak bisa dibukanya sebuah aplikasi juga terjadi karena pengguna masih menggunakan aplikasi versi terbaru. Jadi silakan update aplikasi Mobile JKN guna dapatkan aplikasi versi terbaru. Selain itu adanya fitur terbaru juga akan muncul setelah pembaharuan.

7. Uninstall Aplikasi

Masih berkaitan dengan cara mengatasi sebelumnya, selain update aplikasi Anda juga bisa melakukan uninstal aplikasi. Setelah berhasil uninstal aplikasi, maka coba untuk instal ulang aplikasi. Otomatis Anda akan dapatkan aplikasi versi terbaru.

Kesimpulan

Mungkin itu saja kiranya pembahasan yang dapat kodebpjs.com sajikan mengenai penyebab dan cara mengatasi aplikasi Mobile JKN tidak bisa dibuka. Semoga dengan adanya pembahasan aplikasi tidak bisa dibuka di atas bisa bermanfaat untuk semua yang membutuhkan. Terutama bagi yang alami masalah serupa.

Sumber Gambar : cnbcindonesia.com, kaltimtoday.co