15 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat OVO: Syarat, Admin, Keuntungan

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat OVO – Membayar iuran BPJS Kesehatan merupakan hal wajib bagi para peserta Mandiri. Setiap peserta wajib membayar sesuai dengan kelas apa yang didaftar saat pertama kali.

Membahas pembayaran BPJS Kesehatan tersebut, ada banyak cara yang bisa peserta lakukan. Mulai dari bayar di ATM dan Mobile Banking semua bank, Alfamart, Indomaret dan layanan dompet digital seperti DANA, OVO dan lainnya.

Tentu saja dengan adanya layanan Mobile Banking dan dompet digital akan menjadi kemudahan tersendiri bagi para peserta yang malas keluar rumah hanya untuk membayarkan iuran bulanan BPJS Kesehatan.

Namun terkadang bagi para peserta baru atau pengguna layanan online tersebut masih bingung cara bayar BPJS Kesehatannya. Tidak perlu khawatir, karena kali ini kami akan sajikan informasi cara bayar BPJS Kesehatan lewat OVO secara lengkap.

Citayam

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat OVO

Keuntungan Bayar BPJS Kesehatan Lewat OVO

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara bayar BPJS lewat dompet digital OVO, alangkah baiknya Anda mengetahui dahulu beberapa keuntungan yang bisa didapatkan oleh peserta yang kebetulan pengguna aplikasi OVO. Di antara lain keuntungannya seperti:

  • Proses praktis dan cepat karena dilakukan secara online.
  • Bayar BPJS Kesehatan dilakukan tanpa keluar rumah.
  • Bayar BPJS lewat OVO dilakukan kapan dan dimana saja.
  • Proses bayar lewat BPJS Kesehatan lewat OVO terjamin aman.
  • Terdapat biaya admin yang cukup murah yaitu Rp 2.500.
  • Ada promo jika sedang beruntung.
  • Jika ada OVO Point maka bisa digunakan agar dapat potongan.

Syarat Bayar BPJS Kesehatan Lewat OVO

Jika sudah mengetahui keuntungan yang didapat di atas, maka selanjutnya Anda tinggal mengetahui syarat ketentuan pembayaran iuran bulanan BPJS Kesehatan. Syarat ketentuan perlu dilengkapi agar nantinya proses bisa berjalan lancar tanpa ada kendala. Ini dia beberapa syarat diperlukan:

  • Perangkat HP /smartphone guna akses aplikasi OVO.
  • HP terhubung koneksi internet lancar.
  • HP sudah terinstal aplikasi OVO versi terbaru.
  • Sudah mempunyai akses login OVO.
  • Saldo OVO cukup untuk bayar tagihan / iuran BPJS Kesehatan.
  • Menyiapkan nomor kepesertaan BPJS Kesehatan yang akan dibayar.

Jika semua syarat ketentuan di atas sudah terpenuhi, maka selanjutnya Anda sudah bisa melakukan proses pembayaran di aplikasi OVO.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat OVO

Terkait Anda yang masih bingung mengenai cara bayar BPJS Kesehatan lewat aplikasi dompet digital OVO, tidak perlu khawatir. Sebenarnya cara ini tidak jauh berbeda dengan cara bayar BPJS Kesehatan lewat DANA atau dompet digital lain, untuk lebih jelasnya simak langkah berikut ini:

1. Buka Aplikasi OVO

Langkah awal, silakan Anda buka aplikasi OVO di HP.

1. Buka Aplikasi OVO

2. Klik Lainnya

Pada halaman utama OVO, silakan pilih dan klik saja di menu “Lainnya”.

2. Klik Lainnya

3. Pilih BPJS Kesehatan

Setelah itu Anda akan diberikan pilihan opsi menu baru, disini silakan memilih yang “BPJS Kesehatan”.

3. Pilih BPJS Kesehatan

4. Input Nomor BPJS & Pilih Bulan Pembayaran

Dengan begitu Anda akan diarahkan untuk memasukkan nomor BPJS Kesehatan dan bulan yang ingin dibayar. Jika sudah terisi maka klik saja “Lanjut Ke Pembayaran”┬ádi bagian bawah.

4. Input Nomor BPJS Pilih Bulan Pembayaran

5. Muncul Detail Pembayaran

Kemudian layar HP akan menampilkan informasi detail pembayaran iuran bulanan BPJS Kesehatan Anda. Untuk melanjutkan klik saja “Konfirmasi”.

5. Muncul Detail Pembayaran

6. Konfirmasi Pembayaran

Lalu peserta atau pengguna OVO akan diarahkan ke tampilan konfirmasi pembayaran, silakan cek apakah semua sudah sesuai. Jika sudah klik “Bayar”.

6. Konfirmasi Pembayaran

7. Masukkan PIN OVO

Langkah berikutnya Anda akan diminta input 6 digit PIN / Security Code untuk menyelesaikan proses bayar BPJS lewat OVO.

7. Masukkan PIN OVO

8. Bayar BPJS Lewat OVO Berhasil

Setelah berhasil memasukkan PIN OVO di atas, maka proses bayar iuran BPJS sudah berhasil. Anda juga akan diberikan bukati pembayaran seperti gambar di bawah ini.

8. Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat OVO Berhasil

Biaya Admin Bayar BPJS Kesehatan Lewat OVO

Berbicara mengenai biaya admin pembayaran iuran BPJS Kesehatan pakai OVO sendiri cukup murah dan sama seperti saat membayar BPJS Kesehatan lewat BCA Mobile, di mana peserta BPJS atau pengguna aplikasi OVO akan dikenai biaya admin sebesar Rp 2.500.

Tentu saja, Anda perlu siapkan saldo OVO lebih untuk pembayaran tagihan/iuran dan biaya adminnya. Karena nantinya saldo akan otomatis dijumlah dan terpotong sesuai jumlah pembayaran iuran BPJS Kesehatan dan biaya admin.

Kenapa Bayar BPJS Lewat OVO Tidak Masuk?

Terkait bayar BPJS Lewat OVO tidak masuk sendiri menjadi permasalahan yang tidak sedikit peserta BPJS pengguna aplikasi dompet digital OVO mengalaminya. Lantas apa yang menjadi penyebab tidak masuknya? Di mana antara lain dikarenakan oleh hal seperti:

  • Koneksi buruk dan tidak stabil.
  • Aplikasi OVO error atau ada masalah.
  • Gangguan sistem atau server di aplikasi OVO.
  • Aplikasi OVO sedang ada maintenance.
  • Pembayaran masih diproses.

Secara garis besar, permasalahan bayar BPJS Lewat OVO tidak masuk dikarenakan oleh beberapa hal tersebut. Sebenarnya bukan masalah berarti, namun beberapa peserta akan cemas akibat saat melihat saldo sudah terpotong. Untuk mengatasinya silakan hubungi call center OVO untuk mempertanyakan secara jelasnya.

Itulah pembahasan terkait cara bayar iuran BPJS Kesehatan lewat OVO yang dapat kodebpjs.com sampaikan lengkap dengan informasi syarat, biaya admin dan keuntungan yang didapatkan. Dengan adanya cara bayar BPJS pakai aplikasi dompet OVO di atas bisa bermanfaat.