16 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Shopee 2022 : Syarat & Admin

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Shopee – Seperti sudah diketahui, jika pembayaran iuran BPJS Kesehatan harus dibayarkan setiap bulannya oleh para peserta. Nantinya besaran iuran akan sesuai kelas yang dipilih saat pendaftaran.

Hingga kini, berbagai proses atau metode pembayaran iuran BPJS Kesehatan banyak sekali. Mulai dari transfer bank baik melalui ATM maupun m-Banking, transfer dompet digital, bahkan lewat e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak dan lainnya.

Dengan begitu pastinya akan semakin mudah pula proses pembayaran iuran bulanan atas kepesertaan asuransi kesehatan ini. Hal inilah yang membuat tidak ada alasan para peserta telat atau tidak membayar tagihan iuran sesuai kelasnya.

Jika sebelumnya kami sudah bahas mengenai cara bayar iuran BPJS Kesehatan lewat Bukalapak. Pada pembahasan kali ini kami akan sajikan informasi mengenai cara bayar BPJS Kesehatan lewat marketplace oren yaitu Shopee.

Citayam

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Shopee

Besaran Iuran BPJS Kesehatan

Sebelum lanjut ke pembahasan mengenai cara bayar iuran BPJS Kesehatan, alangkah baiknya Anda mengetahui besaran iuran yang harus dibayar sesuai kelas yang dipilih. Karena dalam waktu dekat ini pihak BPJS akan menghapus kelas yang ada.

Lantas berapa iuran kelas BPJS Kesehatan terbaru ? Mengenai kelas iuran BPJS Kesehatan 1,2 dan 3 masih mengacu pada Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 64 Tahun 2020 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 Tentang Jaminan Kesehatan. Ini besaran iurannya:

KELAS BPJS KESEHATANIURAN
Kelas 1Rp 150.000
Kelas 2Rp 100.000
Kelas 3Rp 35.000

Syarat Bayar BPJS Kesehatan Via Shopee

Selain mengetahui nominal iuran yang harus dibayarkan, Anda juga perlu mengetahui syarat ketentuan bayar iuran BPJS Kesehatan lewat marketplace Shopee. Adapun beberapa syarat itu sendiri seperti misalnya:

  • Siapkan perangkat seperti Smartphone/Laptop/Komputer.
  • Perangkat terhubung dengan koneksi lancar.
  • Sudah download dan punya akun Shopee (Pengguna Smartphone).
  • Mengetahui nomor kepesertaan BPJS Kesehatan / No VA Keluarga BPJS.
  • Memiliki saldo cukup di ShopeePay/metode pembayaran lain.

Catatan : No. VA Keluarga adalah kombinasi angka 88888+(11 digit nomor kepesertaan BPJS)

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Shopee

Jika semua syarat di atas sudah lengkap, maka langkah berikutnya adalah tinggal mengetahui cara bayar iuran BPJS Kesehatan lewat e-commerce Shopee. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan, pertama melalui aplikasi Shopee dan kedua lewat laman resmi Shopee.

1. Bayar Iuran BPJS Lewat Aplikasi Shopee

Untuk cara pertama yang akan kami bahas adalah melalui aplikasi Shopee. Jadi agar lebih jelasnya, bisa simak penjelasan cara bayar iuran tagihan BPJS Kesehatan di toko online oren di bawah ini sampai akhir.

  • Cara pertama silakan buka aplikasi Shopee di HP. Jika belum punya silakan download di Play Store (Android) / App Store (iOS) dan daftar akun Shopee.
  • Setelah berhasil buka dan masuk, maka Anda akan ditampilkan layar menu utama Shopee. Disini banyak pilihan menu, silakan pilih dan klik saja menu “Pulsa, Tagihan & Hiburan”.

1. Klik Pulsa Tagihan Hiburan.

  • Setelah itu scroll ke bawah sampai ketemu opsi Tagihan, di dalam opsi tagihan silakan pilih dan klik menu “BPJS”.

2. Pilih BPJS

  • Setelah itu Anda akan dibawa ke layar tampilan baru yang mana meminta Anda mengisi No. VA Keluarga. Selain itu pilih juga bulan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

3. Masukkan No. VA Keluarga

  • Jika sudah kemudian muncul layar konfirmasi pembayaran, silakan cek dan sesuaikan apakah semua sudah benar. Jika sudah klik “Lanjut”.

4. Konfirmasi Pembayaran

  • Anda akan diarahkan ke proses pembayaran, di bagian ini silakan pilih “Metode Pembayaran” yang diinginkan dan klik “Bayar Sekarang”. Kali ini kami akan contohkan melalui ShopeePay.

5. Pilih Metode Pembayaran

  • Berikutnya Anda diarahkan untuk memasukkan / input PIN ShopeePay guna menyelesaikan pembayaran iuran BPJS Kesehatan.

6. Masukkan PIN ShopeePay

  • Dengan begitu maka proses pembayaran BPJS Kesehatan berhasil dan Anda akan diberikan rincian pesanan. Tunggu sebentar maka Anda akan mendapatkan konfirmasi pembayaran berhasil.

7. Bayar BPJS Kesehatan Lewat Aplikasi Shopee Berhasil

2. Bayar Iuran BPJS Lewat Laman Resmi Shopee

Bayar Iuran BPJS Lewat Laman Resmi Shopee

Jika di atas merupakan cara bayar BPJS Kesehatan lewat aplikasi, Anda juga bisa lakukan pembayaran lewat laman resmi Shopee. Caranya sama mudah dengan cara bayar melalui aplikasi, namun guna lebih jelasnya bisa simak di bawah ini.

  • Pertama silakan buka browser di perangkat HP/komputer/laptop dan masuk ke laman shopee.co.id
  • Setelah itu daftar atau login menggunakan e-mail maupun nomor telepon beserta password.
  • Kemudian Anda akan di bawa ke halaman utama Shopee. Disini silakan klik menu “Pulsa, Tagihan & Hiburan”.
  • Berikutnya silakan cari opsi menu “BPJS” lalu klik saja.
  • Jika sudah Anda akan diminta memasukkan nomor Virtual Account keluarga dan pilih periode atau bulan pembayaran. Setelah itu klik “Lihat Tagihan”.
  • Setelah itu silakan periksa tagihan Anda apakah sudah sesuai atau belum, jika semua sesuai maka klik “Lanjut”.
  • Langkah berikutnya Anda diminta memilih metode pembayaran yang diinginkan (Sesuaikan), lali klik “Bayar Sekarang”.
  • Kemudian konfirmasi pembelian dapat dicek melalui halaman “Rincian Pesanan” dengan klik “Pesanan” di pojok kanan atas halaman utama “Pulsa, Tagihan, & Hiburan”.
  • Dengan begitu pembayaran sudah berhasil. Dan Anda akan diberikan informasi bukti bayar BPJS Kesehatan melalui Shopee.

Biaya Admin Bayar BPJS Kesehatan Lewat Shopee

Proses bayar iuran BPJS Kesehatan lewat Shopee baik di aplikasi atau laman resmi nantinya akan terkena biaya admin. Mungkin banyak dari Anda yang bertanya berapa besaran biaya admin bayar BPJS lewat Shopee?.

Terkait biaya admin bayar BPJS lewat Shopee sendiri adalah Rp 2.500. Yang mana biaya admin akan sekaligus dipotong dari saldo atau di jumlah dengan iuran harus dibayar. Jadi pastikan saldo cukup pula untuk bayar admin tersebut.

Itu saja pembahasan terkait cara bayar BPJS Kesehatan via Shopee baik melalui aplikasi atau laman resmi yang dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan terkait cara bayar di atas bisa bermanfaat, terutama bagi peserta BPJS Kesehatan yang menggunakan Shopee namun belum tahu secara jelas langkah bayarnya.