√ Gaji Kader JKN KIS BPJS Kesehatan Sekarang : Tugas & Syarat Daftar

Gaji Kader JKN KIS BPJS Kesehatan – Dalam menjalankan program BPJS Kesehatan Pemerintah Indonesia menerapkan ketentuan perihal bayar iuran. Jumlah iuran yang ditanggung masing-masing peserta menyesuaikan jenis kelas BPJS yang digunakan.

Bicara mengenai kewajiban bayar iuran setiap bulan, perlu diketahui bahwa hingga saat ini masih ada beberapa peserta yang tidak tertib dalam menjalankan kewajiban tersebut. Kendati demikian, Pemerintah menyediakan relawan Kader JKN KIS untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Citayam

Sementara itu, mungkin banyak dari kalian yang belum pernah mendengar ada profesi relawan Kader JKN KIS dalam program ini. Atau mungkin kalian juga penasaran berapa gaji para Kader JKN KIS BPJS Kesehatan?

Jika demikian, berikut telah kami siapkan informasi lengkap mengenai apa saja tugas atau peran Kader JKN KIS hingga gaji yang diperoleh para Kader JKN KIS setiap bulannya. Bahkan jika ada yang tertarik dengan profesi ini, kami telah menyiapkan informasi seputar syarat menjadi Kader JKN KIS BPJS Kesehatan.

Tugas Kader JKN KIS BPJS Kesehatan

Seperti kita tahu bahwa dalam menyelenggarakan program BPJS Kesehatan, Pemerintah Indonesia telah mendirikan banyak Kantor di berbagai Daerah di Indonesia. Setiap Daerah nantinya membuka lowongan pekerjaan untuk posisi sebagai Pegawai BPJS Kesehatan.

Setiap Pegawai BPJS Kesehatan nantinya bakal menerima upah atau gaji setiap bulannya lengkap dengan berbagai macam tunjangan yang berlaku. Selain Pegawai atau Staff resmi yang menerima gaji pokok dan tunjangan, BPJS Kesehatan juga menyediakan program kemitraan untuk para relawan Kader JKN KIS.

Secara singkat, Kader JKN KIS merupakan relawan yang bersedia membantu mensukseskan program BPJS Kesehatan, terutama perihal bayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulan yang menjadi tanggung jawab semua peserta (kecuali yang memperoleh bantuan iuran).

Para relawan ini nantinya bakal mengemban beberapa tugas sebagai berikut :

  • Mengingatkan serta Mengumpulkan Iuran
  • Memberikan Sosialisasi dan Edukasi terkait program JKN-KIS
  • Pendaftaran peserta baru JKN-KIS
  • Memberikan informasi serta menerima keluhan dari para peserta

Dengan semua tugas yang diberikan, apakah para relawan juga berhak menerima gaji pokok beserta fasilitas dan tunjangan dari Pemerintah, seperti yang diperoleh para Pegawai di Kantor BPJS Kesehatan? temukan jawabannya dibawah ini.

Gaji Kader JKN KIS BPJS Kesehatan

Gaji Kader JKN KIS BPJS Kesehatan

Dari penjelasan singkat diatas bisa kita tarik kesimpulan bahwa Kader JKN KIS dibuat untuk membantu Pemerintah dalam menertibkan semua peserta BPJS Kesehatan yang sering terlambat bayar iuran. Hingga saat ini tercatat sekitar 12 juta jiwa atau 39% dari total peserta BPJS Kesehatan yang tidak tertib dalam menjalani kewajiban mereka untuk bayar iuran tepat waktu.

Oleh karena itu, disini para Kader JKN KIS diminta untuk mengatur permasalahan tersebut sekaligus menjalankan beberapa tugas lain yang kami sebutkan diatas. Jumlah relawan Kader JKN KIS hingga saat ini sudah lebih dari 4000 orang.

Lalu menjawab soal gaji yang diperoleh para relawan ini, Muhammad Iqbal Anas Ma’ruf selaku Kepala Humas BPJS Kesehatan menjelaskan bahwa gaji relawan Kader JKN KIS ditentukan berdasarkan jumlah iuran tertunggak yang berhasil mereka tagih.

Dalam hal ini, relawan Kader JKN KIS bisa dibilang merupakan pekerja Freelance yang tidak terikat kontrak alias kemitraan. Oleh karena itu, mereka tidak menerima gaji pokok seperti yang diperoleh Pegawai resmi (bukan kemitraan).

Meski begitu, bukan berarti para relawan ini sama sekali tidak diperhatikan oleh Pemerintah. Jadi, setiap relawan nantinya bakal memperoleh beberapa atribut seperti :

  • Rompi Kader JKN KIS
  • PIN Kader JKN KIS
  • Kartu Tanda Pengenal
  • Surat Tugas resmi dari BPJS Kesehatan

Sedangkan untuk rentan gaji yang bisa diterima oleh para relawan Kader JKN KIS juga cukup menggiurkan, yaitu bisa mencapai Rp. 6.000.000 per bulan. Namun semua itu kembali lagi bagaimana mereka dalam menjalankan tugas sebagai Kader JKN KIS BPJS Kesehatan.

Syarat Menjadi Relawan JKN BPJS Kesehatan

Sampai disini kalian sudah berhasil mengetahui informasi mengenai berapa besar gaji relawan Kader JKN KIS atau biasanya disebut sebagai agen Telecollecting BPJS Kesehatan. Lalu apakah kalian tertarik untuk menjalani profesi tersebut? Jika begitu, kalian harus mencari informasi seputar lowongan kerja sebagai Telecollecting BPJS Kesehatan.

Pembukaan lowongan kerja untuk profesi tersebut biasanya di informasikan oleh Kantor BPJS Kesehatan setempat. Sementara itu, untuk syarat atau kriteria menjadi Kader JKN KIS BPJS Kesehatan adalah sebagai berikut :

  • Pria / Wanita berusia minimal 20 tahun
  • Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
  • Memahami segala informasi dan ketentuan terkait program JKN KIS BPJS Kesehatan
  • Memiliki Kendaraan (Motor / Mobil)
  • Memiliki SIM A / SIM C (sesuai kendaraan)
  • Bersedia bekerja dalam Tim maupun Individu

Jika memenuhi semua kriteria diatas, selanjutnya kalian bisa mendatangi kantor BPJS Kesehatan untuk mendaftarkan diri sebagai Kader JKN KIS. Nantinya petugas bakal menjelaskan lebih lanjut terkait tahap seleksi hingga sistem kerja yang berlaku hingga skema pembayaran upah untuk para relawan Kader JKN KIS.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari kodebpjs.com mengenai berapa gaji Kader JKN KIS BPJS Kesehatan. Diatas telah kami jelaskan bahwa gaji para relawan ini tidak menentu, karena besar kecil gaji yang diperoleh tergantung dari Kader JKN KIS dalam menjalankan tugas nya.

Namun berdasarkan pengalaman para Kader JKN KIS, setiap bulan nya mereka bisa mengantongi gaji antara Rp. 2.000.000 sampai Rp. 6.000.000. Bagi yang tertarik menjadi relawan Kader BPJS Kesehatan, kalian bisa pahami syarat dan ketentuan diatas.

sumber gambar :

  • Facebook BPJS Kesehatan
  • Twitter @BPJSKesehatanRI