5 Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Kredivo (Bayar Bulan Depan)

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Kredivo – BPJS Kesehatan merupakan salah satu program Pemerintah yang bertujuan menjamin kesehatan setiap masyarakat Indonesia, terutama yang memiliki ekonomi rendah. Dengan adanya program ini, setiap masyarakat bisa mendaftarkan diri menjadi peserta dengan cara datang langsung ke Kantor BPJS Kesehatan atau melakukan registrasi secara Online melalui situs resmi.

Kemudian perlu diketahui bahwa dalam menerapkan program BPJS Kesehatan, Pemerintah memberlakukan iuran atau premi yang harus dibayarkan oleh setiap peserta. Jadi, bagi kalian yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan tentu mempunyai kewajiban untuk bayar iuran setiap bulannya.

Saat ini pembayaran iuran BPJS Kesehatan bisa dilakukan melalui banyak cara, mulai dari lewat Kantor Pos, ATM, Mobile Banking hingga beberapa aplikasi Dompet Digital. Lalu apa jadinya ketika sudah tiba waktunya bayar tagihan BPJS Kesehatan tapi kalian sedang tidak punya uang sama sekali ?

Jika demikian, maka kalian bisa memanfaatkan sebuah aplikasi bernama Kredivo. Melalui aplikasi ini, kalian tetap bisa melunasi iuran BPJS Kesehatan di bulan tersebut meskipun kondisi finansial sedang tidak memungkinkan. Penjelasan lebih lanjut mengenai syarat, cara bayar hingga ketentuan lain terkait pembayaran BPJS Kesehatan lewat Kredivo bisa kalian simak dibawah ini.

Citayam

Apa Itu Kredivo ?

Apa Itu Kredivo

Sebelum masuk  ke inti pembahasan, terlebih dahulu kami bakal menjelaskan sedikit mengenai apa it Kredivo. Jadi, bagi yang belum tahu Kredivo itu semacam aplikasi kredit Online yang menawarkan limit senilai ratusan ribu sampai dengan jutaan rupiah.

Nantinya limit yang diperoleh masing-masing pengguna Kredivo bisa dimanfaatkan untuk belanja Online di beberapa eCommerce seperti Shopee, Tokopedia dan Bukalapak. Bukan hanya itu, limit Kredivo yang dimiliki juga bisa digunakan untuk bayar berbagai macam tagihan bulanan, tak terkecuali tagihan BPJS Kesehatan.

Untuk cara kerja pembayaran produk maupun tagihan lewat Kredivo adalah PayLater (Bayar Nanti). Oleh karena itu, aplikasi Kredivo bisa jadi pilihan terbaik bagi kalian para peserta BPJS Kesehatan yang mengalami masalah finansial disaat batas waktu bayar iuran bulanan sudah hampir habis.

Syarat Bayar BPJS Kesehatan Pakai Limit Kredivo

Syarat Bayar BPJS Kesehatan Pakai Limit Kredivo

Setelah menyimak sedikit penjelasan mengenai aplikasi Kredivo, tentu banyak dari kalian yang ingin menggunakan fasilitas tersebut untuk bayar BPJS Kesehatan. Atau mungkin beberapa dari kalian ada yang sudah melakukan registrasi dan menerima limit Kredivo.

Jika demikian, penting diketahui bahwa untuk melakukan tata cara bayar BPJS Kesehatan lewat Kredivo, ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Antara lain :

1. Limit Kredivo Mencukupi

Pertama, jika ingin memakai limit Kredivo untuk bayar iuran BPJS Kesehatan pastikan terlebih dahulu limit Kredivo yang dimiliki lebih dari nominal premi. Sedikit informasi, jumlah premi atau iuran ditentukan sesuai kelas BPJS Kesehatan yang digunakan oleh peserta.

2. Limit Tidak Sedang Ditangguhkan

Kedua, pastikan juga bahwa kalian tidak memiliki tagihan Kredivo yang tertunggak. Sebab, jika ada hal tersebut maka untuk sementara waktu limit Kredivo bakal ditangguhkan dan berdampak pada limit tidak bisa digunakan.

3. Koneksi Internet

Ketiga, untuk mengoperasikan aplikasi Kredivo pastikan smartphone yang digunakan memiliki koneksi internet. Sebab, aplikasi ini tidak bisa dijalankan secara Offline.

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Kredivo

Cara Bayar BPJS Kesehatan Lewat Kredivo

Apabila semua syarat dan ketentuan diatas sudah terpenuhi, artinya kalian bisa lanjut ke tata cara bayar BPJS Kesehatan lewat Kredivo. Sebenarnya untuk melakukan transaksi caranya tidak beda jauh seperti bayar BPJS Kesehatan lewat Akulaku dan beberapa aplikasi PayLater lainnya.

Baiklah, supaya lebih jelas langsung saja simak tata cara lengkap mengenai pembayaran BPJS Kesehatan menggunakan limit Kredivo berikut ini :

1. Buka Aplikasi Kredivo

Buka Aplikasi Kredivo

Langkah pertama silahkan buka aplikasi Kredivo di smartphone.

2. Pilih Menu Lainnya

Pilih Menu Lainnya

Setelah itu pilih menu Lainnya di halaman utama.

3. Pilih BPJS

Pilih BPJS

Lalu akan muncul beberapa pilihan menu pada halaman berikutnya. Disini langsung saja klik BPJS.

4. Masukkan Nomor Peserta

Masukkan Nomor Peserta

Kemudian masukkan nomor Peserta BPJS Kesehatan pada kolom yang tersedia. Jika sudah, klik Lihat Tagihan. 

5. Masukkan PIN Kredivo

Masukkan PIN Kredivo

Selanjutnya periksa rincian tagihan, pastikan nama peserta, jumlah iuran dan lain sebagainya telah sesuai. Apabila tidak ada masalah dengan data tagihan, silahkan masukkan PIN Kredivo untuk menyelesaikan transaksi bayar iuran BPJS Kesehatan lewat Kredivo.

Biaya Admin Membayar BPJS Kesehatan Pakai Kredivo

Biaya Admin Membayar BPJS Kesehatan Pakai Kredivo

Setelah mengetahui tata cara melunasi iuran BPJS lewat Kredivo, selanjutnya kalian juga perlu tahu bahwa transaksi diatas menerapkan biaya admin pada pengguna. Nantinya jumlah biaya admin bakal langsung dimasukkan ke dalam total tagihan Kredivo.

Sementara itu, besaran biaya admin bayar BPJS lewat Kredivo sangatlah murah, yaitu hanya Rp. 2.500 (Dua Ribu Lima Ratus Rupiah). Biaya tersebut nantinya akan langsung memotong limit Kredivo, jadi kalian benar-benar tidak perlu keluar uang sepeserpun saat transaksi.

Namun perlu diketahui bahwa setelah transaksi pembayaran berhasil, maka kalian bakal memiliki tagihan Kredivo yang harus dilunasi sebelum tanggal jatuh tempo. Mengenai batas waktu pembayaran tagihan Kredivo adalah 30 hari setelah transaksi dilakukan.

Misal, bayar BPJS lewat Kredivo dilakukan pada tanggal 9 Desember, maka batas waktu bayar tagihan Kredivo jatuh pada tanggal 8 Januari. Selain itu, kalian tentu juga harus memperhatikan transaksi bayar BPJS lewat Kredivo, sebab Pemerintah juga menerapkan batas waktu pembayaran iuran BPJS Kesehatan dimana jika transaksi pembayaran mengalami keterlambatan maka peserta bakal menerima sanksi sesuai ketentuan yang berlaku.

Itu saja informasi dari kodebpjs.com mengenai tata cara melunasi iuran bulanan BPJS Kesehatan melalui Kredivo. Pembayaran dengan cara diatas tentu hanya bisa dilakukan oleh para peserta BPJS Kesehatan yang sudah mendaftarkan diri sebagai pengguna Kredivo. Diatas kami juga menjelaskan beberapa syarat hingga ketentuan biaya admin melunasi iuran BPJS lewat Kredivo.