Cara Bayar BPJS Kesehatan Pakai LinkAja, Praktis!!

Cara Bayar BPJS Kesehatan Pakai LinkAja – Sebagai peserta BPJS Kesehatan, pastinya kalian memiliki kewajiban untuk bayar iuran setiap bulan. Pembayaran iuran hanya dibebaskan untuk para peserta yang masuk dalam kategori PBI (Penerima Bantuan Iuran).

Sementara itu untuk nominal iuran BPJS yang harus dibayarkan setiap bulan menyesuaikan jenis kelas BPJS yang digunakan. Iuran BPJS termurah adalah untuk peserta kelas 3, dan yang paling mahal adalah peserta kelas 1.

Terlepas dari kewajiban bayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulan, perlu diketahui bahwa sekarang iuran BPJS Kesehatan bisa dibayarkan pakai LinkAja. Bagi yang belum tahu, LinkAja merupakan fasilitas Dompet Digital yang disediakan oleh PT. Fintek Karya Nusantara.

Dengan LinkAja, nantinya kalian bisa membayar premi BPJS Kesehatan secara lebih praktis, tanpa harus keluar rumah. Lalu seperti apa sih tata cara bayar BPJS Kesehatan pakai LinkAja? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Citayam

Cara Bayar BPJS Kesehatan Pakai LinkAja

Cara Bayar BPJS Kesehatan Pakai LinkAja

Seperti kami sebutkan diatas bahwa LinkAja merupakan layanan Dompet Digital atau eWallet yang diproduksi oleh PT. Fintek Karya Nusantara. LinkAja sendiri hanya berlaku untuk pelanggan atau pengguna kartu Telkomsel.

Jika ingin menggunakan layanan ini, kalian perlu melakukan registrasi terlebih dahulu menggunakan Email dan nomor HP Telkomsel yang masih aktif. Setelah itu, kalian bisa memanfaatkan layanan ini untuk berbagai macam transaksi, salah satunya adalah bayar iuran BPJS Kesehatan.

Dengan begitu, untuk kalian para peserta BPJS Kesehatan (bukan PBI) yang kebetulan sudah mengaktifkan akun LinkAja, kalian bisa simak artikel ini sampai akhir supaya tahu cara bayar BPJS Kesehatan pakai LinkAja.

Proses pembayaran BPJS via LinkAja mungkin tidak beda jauh seperti bayar BPJS menggunakan DANA, OVO, GoPay dan beberapa aplikasi Dompet Digital lainnya. Syarat utama yang harus dipenuhi sebelum melakukan transaksi adalah pastikan saldo LinkAja kalian lebih dari nominal tagihan BPJS.

Apabila saldo LinkAja tidak mencukupi, silahkan Top Up LinkAja terlebih dahulu melalui transfer Bank, Cash di Alfamart dan Indomaret atau Top Up pakai metode lainnya. Jika semua sudah siap, sekarang ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk bayar BPJS Kesehatan pakai LinkAja :

1. Buka Aplikasi LinkAja

Buka Aplikasi LinkAja

Langkah pertama silahkan buka aplikasi LinkAja kemudian pada halaman utama kalian pilih menu Lainnya

2. Ketuk Menu BPJS

Ketuk Menu BPJS

Setelah itu scroll ke bawah dan pilih menu BPJS di Kategori Keuangan

3. Pilih BPJS Kesehatan

Pilih BPJS Kesehatan

Lalu pada halaman selanjutnya langsung saja klik BPJS Kesehatan karena disini kalian ingin bayar tagihan untuk BPJS Kesehatan.

4. Masukkan No. Peserta & Periode Pembayaran

Masukkan No. Peserta Periode Pembayaran

Sekarang masukkan nomor BPJS Kesehatan dan periode pembayaran (ingin bayar bulan ini saja atau beberapa bulan sekaligus). Jika sudah, klik Lanjut

5. Konfirmasi Pembayaran

Konfirmasi Pembayaran

Setelah itu akan muncul data tagihan BPJS Kesehatan mulai dari nama peserta, nomor BPJS, nominal tertagih dan lain sebagainya. Silahkan periksa data tersebut dan pastikan semua sudah sesuai.

Jika sudah, kalian lihat pada bagian metode pembayaran. Pastikan metode yang digunakan adalah saldo LinkAja. Setelah semuanya siap, silahkan ketuk tombol Konfirmasi di pojok kanan bawah.

6. Masukkan PIN LinkAja

Masukkan PIN LinkAja

Terakhir, masukkan PIN LinkAja untuk menyelesaikan pembayaran BPJS Kesehatan pakai LinkAja.

7. Selesai

Selesai

Selesai 2

Jika muncul tampilan seperti gambar diatas, artinya transaksi kalian sedang diproses. Tunggu sekitar 1 sampai 3 menit, setelah itu akan muncul bukti transaksi pembayaran BPJS Kesehatan pakai LinkAja telah berhasil. 

Sampai disini kalian sudah tahu seperti apa tata cara bayar iuran BPJS Kesehatan menggunakan LinkAja. Selanjutnya perlu kami beritahukan juga ketika bayar BPJS pakai cara diatas kalian bakal dikenai biaya admin sebesar Rp. 2.500.

Biaya tersebut akan langsung memotong saldo LinkAja, jadi pastikan saldo kalian mencukupi. Untuk ketentuan nominal biaya admin berlaku pada semua kelas BPJS Kesehatan, artinya baik peserta kelas I, II maupun kelas III akan dikenai biaya administrasi yang sama.

KESIMPULAN

Demikianlah penjelasan dari Kodebpjs.com mengenai tata cara bayar BPJS Kesehatan pakai aplikasi LinkAja. Cara diatas tentu jauh lebih praktis dibandingkan pembayaran BPJS lewat ATM, Kasir Indomaret, Kantor Pos atau metode Offline lainnya.

Bagi yang bukan pelanggan Telkomsel dan tidak memiliki akun LinkAja, kalian masih bisa memanfaatkan aplikasi Dompet Digital lain seperti OVO, DANA dan ShopeePay. Dengan adanya cara bayar BPJS yang lebih praktis, kami harap kalian para peserta selalu membayarkan premi  BPJS sesuai kelas secara tepat waktu.

sumber gambar :

  • Tim Kodebpjs.com
  • Channel Youtube Risa Guide
  • fame.grid.id
  • nesabamedia.com