12 Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan Lewat ATM BCA

Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan Lewat ATM BCA – Setiap perusahaan di Indonesia harus mendaftarkan setiap karyawannya menjadi peserta BP Jamsostek. Hal ini sangat diperlukan untuk memberikan perlindungan kepada pekerja di perusahaan tertentu, berupa perlindungan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JK), Jaminan Hari Tua (JHT) dan Jaminan Pensiun (JP).

Namun, ketika sudah tidak bekerja di perusahaan tersebut karena resign, PHK atau kontrak kerja habis, mungkin peserta akan MENONAKTIFKAN BPJS KETENAGAKERJAAN tersebut, agar tidak memiliki kewajiban membayar iuran setiap bulannya. Tapi, tak sedikit yang lebih memilih bayar iuran BPJSTK setiap bulan agar kepesertaannya tetap aktif meskipun sudah tidak bekerja di perusahaan.

Jika sebelumnya saat masih bekerja di perusahaan, iuran setiap bulannya dibayarkan oleh perusahaan dengan memotong 2% dari gaji karyawan, namun ketika sudah tidak bekerja lagi di perusahaan tersebut. Maka BPJS Ketenagakerjaan harus dibayar secara mandiri yang bisa dilakukan lewat ATM berbagai bank, seperti Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI, Bank BRI dan lain sebagainya.

Dalam hal pembayaran BPJS Ketenagakerjaan perusahaan, Bank BCA menghadirkan fasilitas mesin ATM yang akan memberikan kemudahan kepada peserta BPJSTK yang sudah tidak bekerja di perusahaan untuk membayar iuran bulanan. Lantas, bagaimana cara bayar BPJS Ketenagakerjaan perusahaan lewat ATM BCA? Adapun cara membayarnya, simak langsung ulasan lengkap di bawah ini.

Citayam

Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan Lewat ATM BCA

Cara Bayar BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan Lewat ATM BCA

Sudah menjadi kewajiban bagi siapa saja yang menjadi peserta BP Jamsostek harus bayar iuran setiap bulan. Dalam hal ini BAYAR BPJS KETENAGAKERJAAN LEWAT ATM merupakan salah satu metode yang tersedia untuk melunasi tagihan bulanan BPJSTK.

Cara bayar BP Jamsostek perusahaan lewat ATM BCA sendiri terbilang sangat mudah, dimana caranya sama seperti bayar BP Jamsostek mandiri. Meskipun mudah, akan tetapi masih banyak yang belum mengetahuinya caranya.

Karena selama ini, BPJS Ketenagakerjaan perusahaan umumnya di bayar dengan memotong gaji karyawan. Namun, ketika sudah tidak lagi bekerja di perusahaan tersebut, namun kartu kepesertaan masih aktif, maka iuran harus di bayar secara mandiri.

Adapun cara bayar BPJS Ketenagakerjaan perusahaan lewat ATM BCA, bisa Anda simak langsung langkah-langkah pembayarannya di bawah ini.

1. Masukkan Kartu ATM

1. Masukkan Kartu ATM

Langkah pertama untuk bayar BP Jamsostek perusahaan lewat ATM BCA yaitu kunjungi gerai ATM BCA terdekat. Kemudian, setelah itu silahkan masukkan kartu ATM ke mesin ATM BCA dengan posisi yang benar.

2. Masukkan PIN ATM

2. Masukkan PIN ATM

Kemudian, silahkan masukkan 6 digit nomor PIN ATM. Pastikan PIN yang Anda masukkan benar, pasalnya jika sampai salah memasukkan PIN sebanyak 3 kali, kartu ATM Anda bisa terblokir oleh sistem.

3. Pilih Penarikan Tunai / Transaksi Lainnya

3. Pilih Penarikan Tunai Transaksi Lainnya

Langkah selanjutnya, silahkan pilih opsi “Penarikan Tunai / Transaksi Lainnya” untuk melakukan transaksi non tunai lewat ATM BCA.

4. Pilih Menu Transaksi Lainnya

4. Pilih Menu Transaksi Lainnya

Berikutnya, silahkan pilihlah menu “Transaksi Lainnya” untuk melakukan transaksi pembayaran secara non tunai lewat ATM BCA.

5. Pilih Menu Pembayaran

5. Pilih Menu Pembayaran

Selanjutnya, pilihlah menu transaksi “Pembayaran” untuk membayar tagihan.

6. Pilih Layar Berikutnya

6. Pilih Layar Berikutnya

Setelah itu, berbagai pilihan transaksi pembayaran akan ditampilkan. Untuk bayar BPJSTK, maka silahkan klik “Layar Berikutnya” untuk menemukan menu BPJS.

7. Pilih Menu BPJS

7. Pilih Menu BPJS

Langkah selanjutnya, silahkan pilihlah menu “BPJS” untuk bayar iuran bulanan.

8. Pilih Ketenagakerjaan Individu

8. Pilih Ketenagakerjaan Individu

Untuk bayar BPJS Ketenagakerjaan perusahaan, maka pilihlah menu “Ketenagakerjaan Individu“.

9. Masukkan NIK/No. KTP

9. Masukkan NIKNo. KTP

Lanjutkan, dengan memasukkan 16 digit nomor NIK atau KTP dengan benar. Jika nomor sudah dimasukkan, lanjutkan dengan menekan tombol “Benar“.

10. Pilihlah Periode Program

10. Pilihlah Periode Program

Kemudian, silahkan masukkan periode program, berapa bulan iuran yang akan di bayar. Jika sudah, lanjutkan dengan menekan “Benar“.

11. Konfirmasi Pembayaran

11. Konfirmasi Bayar BPJS Ketenagakerjaan Lewat ATM BCA

Selanjutnya, silahkan periksa kembali semua informasi yang tertera. Pastikan semuanya sudah sesuai dan jika sudah sesuai, maka tinggal konfirmasi pembayaran dengan cara menekan tombol “Ya“.

12. Bayar BPJSTK Lewat ATM BCA Selesai

12. Bayar BPJSTK Lewat ATM BCA Selesai

Cara bayar BPJS Ketenagakerjaan perusahaan lewat ATM BCA telah selesai, jangan lupa untuk cetak struk bukti pembayaran dan keluarkan kartu ATM dari mesin ATM BCA.

Nah, itulah cara bayar BP Jamsostek atau BPJS Ketenagakerjaan perusahaan lewat ATM BCA. Cara bayar di atas tidak akan memungut biaya administrasi, jadi saldo tabungan Anda hanya dipotong sesuai jumlah iuran BP Jamsostek setiap bulannya.

Denda Telat Bayar BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan

Denda Telat Bayar BPJS Ketenagakerjaan Perusahaan

Nah, hal penting yang perlu Anda ketahui dalam pembayaran BP Jamsostek perusahaan yaitu denda keterlambatan. Dimana bayar iuran BP Jamsostek tidak boleh dilakukan lewat tanggal jatuh tempo yang telah ditentukan.

Apabila, bayar BPJS Ketenagakerjaan perusahaan dilakukan lewat tanggal jatuh tempo, maka akan dikenai denda keterlambatan. Iuran BPJS Ketenagakerjaan harus dibayarkan paling lambat tanggal 15 setiap bulan. Jika iuran dibayarkan melebihi tanggal 15 maka Anda akan dikenai denda keterlambatan sebesar 2% untuk setiap bulan keterlambatan.

Maka dari itu, cara bayar lewat ATM BCA seperti yang telah kami sajikan di atas, bisa menjadi solusi untuk membayar tepat waktu, sehingga terhindar dari denda keterlambatan. Itulah beberapa cara bayar BPJS Ketenagakerjaan perusahaan lewat ATM BCA yang dapat kodebpjs.com sajikan, semoga informasi di atas bisa bermanfaat.