6 Cara Cek Bantuan KIS 300 Ribu dari Pemerintah 2021

Cara Cek Bantuan KIS – Pemerintah telah memutuskan jika tahun ini tetap akan melanjutkan pemberian Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada para peserta Kartu Indonesia Sehat (KIS). Di mana bantuan tersebut akan diberikan pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos) sebesar Rp 300 ribu.

Nantinya bantuan akan diberikan kepada pemilik atau peserta KIS yang mana sebagai Penerima Bantuan Iuran (PBI) dan masuk dalam data terpadu kesejahteraan sosial (dtks). Sehingga ini menjadi kabar gembira bagi para peserta KIS PBI atas masih terdampaknya COVID-19 ini.

Namun sebelum menerima bantuan Rp 300 ribu tersebut, para calon penerima alangkah baiknya melakukan pengecekan terlebih dahulu. Agar nantinya bisa mengetahui memang benar nama Anda mendapatkan bantuan sosial tersebut.

Tentunya banyak dari Anda yang bertanya mengenai cara cek bantuan tersebut seperti apa? Tenang, pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan menyampaikan informasi mengenai cara mengeceknya bantuan KIS ini secara jelas.

Cara Cek Bantuan KIS 300 Ribu dari Pemerintah Termudah

Cara Cek Bantuan KIS 300 Ribu dari Pemerintah Termudah

Berbicara mengenai cara cek bantuan ini sendiri tidak jauh berbeda dengan CARA CEK NAMA PENERIMA BLT BPJS KETENAGAKERJAAN. Yang mana peserta nantinya bisa mulai melakukan pengecekan hanya menggunakan perangkat pintar saja.

Cara Cek Bantuan KIS

Cara Cek Bantuan KIS

Nah jika penasaran akan cara mengecek apakah Anda mendapat bantuan KIS atau tidak. Berikut akan disampaikan secara lengkap dibawah ini mengenai langkah atau caranya. Jadi terus simak ulasan ini sampai akhir.

1. Buka Browser

Buka browser pada perangkat pintar Anda seperti smarthpone, laptop atau komputer. Kemudian masuk ke laman dtks.kemensos.go.id.

Buka Browser

2. Layar Tampilan Utama

Setelah itu Anda akan dibawa ke layar tampilan utama pilih NIK, ID DKTS/BDT atau Nomor PBI JK/KIS data kepesertaan Penerima Bantuan (PBI) Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Layar Tampilan Utama

3. Isi Data Diri Kepesertaan KIS

Jika sudah langsung saja mengisi NIK, ID DKTS/BDT atau Nomor PBI JK/KIS tergantung dengan apa yang Anda pilih.

Isi Data Diri Kepesertaan KIS

4. Isi Nama Lengkap

Langkah selanjutnya mengisi kolom nama lengkap sesuai KTP.

Isi Nama Lengkap

5. Masukkan Kode Captcha

Setelah itu lanjut dengan masukkan kode captcha, lalu klik konfirmasi.

Masukkan Kode Captcha

6. Klik Cari

Terakhir Anda hanya perlu klik CARI, dengan begitu nantinya akan ditampilkan apakah Kartu Keluarga (KK) Anda tercatat sebagai penerima bansos 300 ribu atau tidak.

Klik Cari

Syarat Mendapat Bantuan Sosial

Syarat Mendapat Bantuan Sosial

Adapun persyaratan peserta KIS bisa mendapatkan bantuan, seperti:

  • Terdaftar sebagai masyarakat saat pendataan oleh RT/RW.
  • Terdampak CORONA atau COVID-19 serta mengakibatkan kehilangan mata pencarian.
  • Tidak terdaftar sebagai penerima bantuan sosial lain dari pemerintah, seperti PKH dan lainnya.
  • Jika Anda belum terdaftar oleh RT/RW, dapat untuk langsung menginformasikannya ke aparat desa/kelurahan.
  • KTP. Untuk warga masyarakat yang tidak memiliki NIK KTP, nantinya tetap bisa mendapat bantuan tanpa harus membuat KTP terlebih dulu.
  • Saat penerima sudah terdaftar serta valid maka bantuan akan diberikan secara tunai maupun non tunai. Untuk tunai bisa langsung menghubungi aparat desa, sedangkan non tunai diberikan melalui transfer ke rekening bank penerima.

Bagaimana? Mudah bukan cara cek apakah Anda mendapat bantuan KIS dari pemerintah sebesar Rp 300 ribu yang kodebpjs.com sampaikan. Jadi tidak perlu bingung mengenai cara cek ini, karena nantinya Anda hanya perlu menyiapkan perangkat elektronik pintar dan data kepesertaan KIS untuk melakukan pengecekannya.