5 Cara Reset Akun BPJSTKU Akibat Lupa Email & Sandi 2020

Cara Reset Akun BPJSTKU – Dengan sudah menggunakan aplikasi BPJSTKU pastinya banyak keuntungan dapat dirasakan oleh anda peserta BPJS Ketenagakerjaan. Seperti mengetahui informasi kepesertaan, cek saldo, dan lainnya hanya dengan membuka aplikasi di smartphone.

Namun apa jadinya jika sudah memiliki akun BPJSTKU tapi terjadi lupa akan email dan kata sandi yang digunakan untuk login. Pastinya akan sangat kesal dan timbul rasa marah, karena anda TIDAK BISA LOGIN KE APLIKASI BPJSTKU dan menggunakan layanan fitur aplikasi BPJSTKU tersebut.

Memang jika sudah lupa apa boleh dibuat, pastinya kita semua tidak boleh menyalahkan kesalahan tersebut. Untuk masalah lupa email dan kata sandi atau password BPJSTKU saja masih bisa diatasi dengan beberapa cara yang bisa dikatakan cukup mudah.

Cara mengatasi akun BPJSTKU yang lupa akan email dan kata sandi sendiri bisa dengan mereset akunnya. Namun banyak para peserta yang masih bingung mengenai cara reset akun BPJSTKU akibat lupa email serta kata sandi tersebut.

Cara Reset Akun BPJSTKU Akibat Lupa Email & Kata Sandi Terbaru

Cara Reset Akun BPJSTKU

Untuk anda yang saat ini menemukan masalah seperti lupa kata sandi dan email pada akun BPJSTKU, tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut. Karena anda dapat melakukan reset akun untuk bisa kembali menggunakan dan merasakan kemudahan dari aplikasi BPJSTKU.

1. Cara Reset Lewat Call Center

Cara Reset Lewat Call Center

Cara pertama untuk reset akun yaitu dengan menghubungi pihak BPJS Ketenagakerjaan. Anda bisa meminta bantuan melalui panggilan di call center BPJS ketenagakerjaan di 175 atau 1500910.

Call center tersebut bisa di hubungi kapan saja, karena pada pihak BPJS ketenagakerjaan memberikan kenyamanan dan pelayanan terbaik pada pesertanya. Hal tersebut dibuktikan dengan aktifnya layanan call center selama 24 jam dalam sehari.

Sebelum menghubungi pihak call center untuk melakukan reset akun BPJSTKU anda perlu menyiapkan beberapa dokumen dan persyaratan lain agar bisa berjalan lancar. Persyaratan reset tersebut seperti :

  • Nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ).
  • Nama Lengkap.
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Tempat tanggal lahir.
  • Nama ibu kandung.

Pada umumnya petugas akan menanyakan pertanyaan seperti data diri dan kepesertaannya saat anda mulai menghubunginya. Jadi jika persyaratan tersebut sudah lengkap maka proses reset akun BPJSTKU akibat lupa email dan kata sandi akan segera diproses.

Pada umumnya melakukan reset akun BPJSTKU ini memerlukan cukup banyak waktu yaitu sekitar 5 hari jam kerja. Jadi cukup bersabar untuk bisa menikmati layanan dan fitur dari akun BPJSTKU kembali.

2. Cara Reset Akun BPJSTKU Lewat Sosial Media

Cara Reset Akun BPJSTKU Lewat Sosial Media

Selain cara menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan, cara untuk reset akun BPJSTKU akibat lupa email dan kata sandi bisa juga lewat sosial media. Dan pada umumnya peserta BPJS Ketenagakerjaan yang akan reset akun BPJS Ketenagakerjaan lewat media sosial kebanyakan lewat facebook dengan membuka fanspagenya.

Setelah mulai membuka fanspage resminya, langsung saja kirim pesan lewat inbox atau personal contact untuk meminta bantuan mereset akun BPJSTKU. Untuk memperlancar reset akun tersebut nantinya anda perlu menyiapkan beberapa dokumen seperti berikut yang nanti ditanyakan oleh petugas atau admin.

  • Nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ).
  • Nama Lengkap.
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Tempat tanggal lahir.
  • Nama ibu kandung.

3. Cara Reset dengan Datang Langsung ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Cara Reset dengan Datang Langsung ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan

Untuk cara reset akun BPJSTKU yang terakhir ini sendiri sangatlah mudah dilakukan, karena anda hanya perlu memiliki waktu luang untuk datang kantor BPJS Ketenagakerjaan. Dalam mengurus reset akun ini akan cepat dan mudah jika tidak banyak peserta BPJS Ketenagakerjaan lain.

Namun untuk bisa berjalan lancar dalam melakukan reset akun BPJSTKU anda memerlukan beberapa dokumen persyaratan seperti kedua cara diatas agar bisa berjalan dengan lancar. Persyaratan tersebut seperti:

  • Nomor Kartu Peserta Jamsostek (KPJ).
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK).
  • Nama ibu kandung.

Tips Mencegah Lupa Email & Kata Sandi Akun BPJSTKU

Untuk mencegah lupa email dan kata sandi akun BPJSTKU sendiri ada beberapa tips yang mungkin anda bisa dilakukan. Sehingga peserta BPJS Ketenagakerjaan yang menggunakan layanan aplikasi BPJSTKU bisa tetap menikmati fitur walaupun lupa akan email serta kata sandi.

  • Saat membuat akun BPJSTKU alangkah baiknya gunakan kata sandi yang mudah diingat.
  • Cantumkan nomor email HP di email, sebagai pengaman yang berguna saat mengalami lupa kata sandi dan email.
  • Simpan kata sandi di tempat yang aman seperti file di komputer, HP maupun laptop. Sehingga saat anda lupa kata sandi dan email akun BPJSTKU bisa buka file tersebut.

FAQ

1. Apa Saja Fitur dan Layanan di Aplikasi BPJSTKU?

Untuk fitur dan layanan yang ada di dalam BPJSTKU sendiri cukup banyak dari pendaftaran peserta, cek saldo, mengetahui alamat kantor cabang, layanan pendaftaran antrean online dan masih banyak lainnya.

2. Call Center BPJS Ketenagakerjaan?

Untuk nomor call center BPJS Ketenagakerjaan sendiri yaitu 175 atau 1500910.

Mungkin itulah informasi mengenai cara reset dan tips mencegah email serta kata sandi/password akun BPJSTKU akibat lupa yang bisa kodebpjs.com sampaikan. Semoga informasi cara reset akun tersebut bisa bermanfaat dan berguna yang membutuhkan.