Cara Cek Nira Perawat, Apakah Masih Aktif?

Cara Cek Nira Perawat – Setiap Perawat di Indonesia tentu bakal memperoleh NIRA (Nomor Induk Registrasi Anggota) dari DPP PPNI. Bagi Perawat yang sudah memiliki NIRA artinya mereka sudah terdaftar sebagai anggota PPNI.

Sementara itu, perlu diketahui bahwa keanggotaan NIRA Perawat juga memiliki kewajiban untuk bayar iuran PPNI. Kewajiban pembayaran iuran tersebut nantinya mempengaruhi status keanggotaan NIRA PPNI masih aktif atau tidak.

Dengan begitu, setiap Perawat mestinya perlu melakukan cek NIRA. Proses ini bisa dilakukan sendiri dengan cara Login ke situs PPNI atau meminta bantuan  DPK. Lalu kalian sendiri apakah sudah tahu seperti apa cara cek NIRA Perawat?

Jika belum tahu, silahkan simak artikel ini sampai akhir, sebab kali tim Kodebpjs.com bakal menjelaskan secara lengkap bagaimana proses mengetahui status keanggotaan NIRA dari para Perawat. Tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak pembahasan selengkapnya di bawah ini

Citayam

Cara Cek Nira Perawat

Cara Cek NIRA Perawat

NIRA atau Nomor Induk Registrasi Anggota merupakan bukti bahwa Perawat sudah terdaftar sebagai anggota PPNI.  NIRA diberikan oleh DPP PPNI yang berlaku secara Nasional.

Kemudian pendaftaran NIRA bagi setiap Perawat nantinya bisa dilakukan oleh DPK (Dewan Pengurus Komisariat) di wilayah tempat tinggal Perawat. Setiap DPK bisa menambahkan anggota baru yang kemudian dari pihak  DPP akan memberi sekaligus mengaktifkan NIRA atas nama Perawat tersebut.

Kami rasa prosedur atau tata cara mendapatkan NIRA Perawat banyak dari kalian yang sudah paham. Ketentuan tersebut juga sudah tertera pada kode Etik Perawat. Sekarang kita bahas lebih lanjut mengenai status keanggotaan tersebut, yaitu soal ketentuan Premi atau iuran NIRA PPNI.

Jadi setiap Perawat yang sudah memiliki NIRA alias sudah terdaftar sebagai anggota PPNI nantinya wajib bayar iuran per tahun. Besaran iuran tersebut adalah sebagai berikut :

  • Uang Pangkal = Rp. 100.000
  • Iuran Anggota + ICN (International Council Nursing) = Rp. 260.000

Iuran PPNI wajib dibayarkan setiap tahun nya oleh Perawat yang sudah memiliki NIRA. Apabila terjadi keterlambatan pembayaran iuran bisa mengakibatkan status NIRA Perawat di non-aktifkan.

Meski begitu, ada juga Perawat yang sudah rutin  bayar Premi tapi tiba-tiba status NIRA sudah tidak aktif. Kendati demikian, setiap anggota PPNI dirasa perlu cek NIRA Perawat secara rutin, atau setiap selesai bayar iuran.

Lalu seperti apa cara cek NIRA Perawat? Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengetahui status NIRA Perawat, salah satunya adalah melalui situs PPNI. Namun proses ini hanya bisa dilakukan oleh petugas DPK yang menjadi perantara kalian untuk memperoleh NIRA.

Jadi, kalian bisa menghubungi nomor telepon DPK setempat dan minta untuk cek NIRA atas nama kalian. Jangan lupa untuk menyebutkan nomor NIRA kalian, jika lupa maka kalian bisa menggantinya dengan Email yang terdaftar.

Setelah itu, petugas DPK akan melakukan tata cara sebagai berikut untuk cek NIRA Perawat :

1. Login Control Pannel PPNI

Login Control Pannel PPNI

Pertama-tama petugas DPK akan mengakses situs Login Control Pannel – PPNI

2. Masukkan User ID  & Password

Masukkan User ID Password

Selanjutnya melakukan Login pakai User ID dan Password Administrator

3. Pilih Menu Data Anggota

Pilih Menu Data Anggota

Pada halaman berikutnya DPK akan masuk ke menu Data Anggota (di sebelah kanan menu Pengaturan Akun)

4. Masukkan NIRA & Nama Perawat

Masukkan NIRA Nama Perawat

Selanjutnya DPK akan memasukkan NIRA (Nomor Induk Registrasi Anggota) dan nama Perawat yang ingin mengetahui status NIRA. Jika sudah, klik Search

5. Muncul Data NIRA Perawat

Muncul Data NIRA Perawat

Setelah itu di layar akan muncul informasi NIRA dari Perawat tersebut. Jika membutuhkan informasi lain yang lebih lengkap, maka DPK bisa klik Edit pada nama Perawat lalu masuk ke Account Setting. Disana bakal muncul informasi Email, Username, NIRA hingga Password yang digunakan.

Dengan cara diatas kalian bisa mengetahui nomor NIRA, status keanggotaan dan lain sebagainya. Jadi, untuk saat ini Perawat memang belum bisa cek data NIRA secara pribadi, melainkan harus melalui bantuan petugas DPK (Dewan Pengurus Komisariat).

Kalian bisa mendapatkan kontak DPK melalui Kantor Dinas Kesehatan setempat, selanjutnya tinggal lakukan panggilan atau kirim Chat berisi permintaan untuk cek NIRA Perawat. Selain itu, melalui bantuan DPK kalian bisa juga meminta data riwayat pembayaran, nominal iuran dan lain sebagainya.

KESIMPULAN

Baiklah, sepertinya itu saja yang bisa Tim Kodebpjs.com sajikan mengenai tata cara cek NIRA Perawat Online. Diatas kami juga menjelaskan sedikit terkait apa itu NIRA, fungsi, cara mendapatkan dan lain sebagainya.

Setelah dilakukan cek NIRA Perawat, nantinya kalian akan mengetahui status keanggotaan masih aktif atau tidak, ada iuran tahunan yang belum dibayarkan atau tidak dan masih banyak lagi lainnya. Jika status NIRA masih aman, nantinya kalian bisa memperpanjang STR, mengajukan SIP Perawat dan lain sebagainya dengan lebih mudah.

sumber gambar :

  • Tim Kodebpjs.com
  • ppnitangsel.org
  • mediaperawat.id