12 Cara Menjadi Perawat Profesional yang Baik di Rumah Sakit

Advertisements

Cara Menjadi Perawat – Menjadi perawat mungkin jadi salah satu impian bagi sebagian orang. Tidak terkecuali itu adalah impian Anda yang sudah lama di impikan.

Namun untuk bisa menjadi perawat ada beberapa syarat harus dilengkapi terlebih dahulu. Seperti misalnya harus sudah lulus pendidikan keperawatan beserta syarat umum lainnya.

Jika sudah berhasil tahu akan syarat diperlukan untuk bisa menjadi seorang perawat. Maka Anda juga perlu tahu bagaimana cara untuk bisa menjadi perawat profesional yang baik di sebuah rumah sakit.

Advertisements

Terkadang cara jadi perawat ini sendiri banyak di tanyakan oleh para calon perawat-perawat di Indonesia. Dan untuk lebih jelas mengenai cara jadi perawat profesional itu apa saja? Berikut akan disampaikan secara lengkap.

Cara Menjadi Perawat

Advertisements

Cara Menjadi Perawat

Terdapat beberapa cara yang perlu Anda ketahui sehingga pendaftaran jadi perawat nantinya dapat berjalan dengan lancar. Inilah beberapa cara dan tips menjadi perawat profesional.

1. Dapat Mengendalikan Emosional

Dapat Mengendalikan Emosional

Cara pertama untuk bisa jadi perawat hebat, baik dan profesional yaitu mampu mengendalikan emosional. Ini karena perawat merupakan salah satu pekerjaan dengan stress tingkat tinggi, yang mana perawat juga harus mampu menguasai diri saat menghadapi berbagai macam pasien yang sedang dirawat.

2. Memiliki Rasa Empati

Memiliki Rasa Empati

Perawat saat menghadapi pasien serta keluarganya yang banyak keluhan tentunya wajib memberikan solusi menenangkan. Dengan begitu, memiliki rasa empati menjadi salah satu cara untuk bisa menjadi seorang perawat hebat. Seperti misalnya saat pasien mengeluhkan rasa sakit, maka perawat harus bisa memberikan rasa nyaman.

3. Memiliki Skill Berkomunikasi

Memiliki Skill Berkomunikasi

Cara selanjutnya untuk bisa menjadi seorang perawat yaitu bisa berkomunikasi dengan baik. Hal itulah yang membuat perawat dituntut untuk bisa dan memiliki skill berkomunikasi secara baik.

Inilah yang nantinya akan digunakan saat berkomunikasi dengan pasien maupun keluarganya. Dengan begitu cara ini harus diterapkan oleh perawat ketika sudah mulai bekerja dan dari sekarang biasakan untuk bisa berkomunikasi secara baik dengan siapapun.

4. Memiliki Stamina

Memiliki Stamina

Cara selanjutnya untuk bisa menjadi perawat profesional yaitu harus memiliki stamina prima dan tidak mudah loyo. Karena ini berhubungan dengan SYARAT MENJADI PERAWAT yang harus siap bekerja secara shift hampir 12 jam.

Dengan begitu, para calon perawat harus memiliki stamina yang kuat, ketahanan fisik, serta selalu memiliki energi agar tidak cepat lelah dan mampu menjalankan shift kerja dengan baik kepada pasien.

5. Menjalankan Tugas Sesuai SPO

Menjalankan Tugas Sesuai SPO

Cara berikutnya agar bisa jadi perawat profesional yang baik di rumah sakit atau layanan kesehatan yaitu calon perawat dituntut untuk bisa memikirkan keselamatan dirinya saat bekerja.

Tidak hanya itu, memikirkan keselamatan orang sekitar (pasien, keluarga pasien, tenaga medis lain) juga harus dijalankan. Itu menunjukkan jika perawat harus paham dan patuh pada Standar Prosedur Operasional (SPO) saat mengerjakan tugas-tugasnya.

6. Responsif & Solutif

Responsif Solutif

Perawat juga harus memiliki kemampuan secara cepat (responsif) serta dapat mengambil keputusan tepat dalam pemecahan masalah dihadapi pasien (solutif). Dengan begitu, untuk bisa jadi perawat profesional idealnya mampu berpikir cepat dalam menentukan masalah atau yang dihadapi tersebut.

7. Siaga & Fokus

Siaga Fokus

Cara jadi perawat berikutnya yaitu harus siaga dan fokus, ini tidak terlepas dari situasi panik atas kasus emergency. Jadi, perawat hebat dituntut cepat dalam bertindak manakala adanya kejadian genting. Namun dengan catatan harus tetap tenang, fokus dalam menghadapinya.

8. Siap Bekerja Kapanpun

Siap Bekerja Kapanpun

Menjadi perawat juga harus dituntut untuk bisa memiliki kemampuan penerimaan fleksibel terhadap shift kerja yang dijalankan rumah sakit atau layanan kesehatan. Dengan itu, maka ini masih berhubungan dengan cara ke empat tadi.

Jadi untuk bisa menyiasati jadwal kerja kapan pun, baik shift malam maupun shift siang maka perawat harus mengatur waktu untuk bisa membagi waktu dengan keluarga dan waktu untuk kerja.

9. Siap Bekerja Sama

Siap Bekerja Sama

Karena menjadi perawat merupakan salah satu profesi yang bekerja dengan tim (antar perawat, dokter, ataupun tenaga medis lain) maka Anda harus bisa bekerja sama secara baik dengan tenaga kerja lainnya.

Mungkin ini menjadi salah satu cara harus dimiliki oleh seorang calon perawat sebelum mulai mendaftarkan dirinya jadi perawat. Dengan begitu, latihlah jiwa bekerja sama antar tim ini sejak sekarang.

10. Teliti & Rinci

Teliti Rinci

Untuk bisa menjadi perawat profesional selanjutnya yaitu wajib dalam ketelitian dan selalu rinci dalam melakukan perawatan pada pasien. Serta juga bertanggung jawab atas kesalahan sekecil apapun, karena bisa berisiko atas keselamatan pasiennya.

Cara Pendaftaran Jadi Perawat

Cara Pendaftaran Jadi Perawat

Sedangkan untuk cara pendaftaran jadi perawat sendiri yaitu para calon perawat harus sudah memastikan adanya lowongan/rekrutmen dari rumah sakit atau layanan kesehatan. Jika sudah, maka lanjut untuk melengkapi syarat-syarat apa saja yang diperlukan.

Kemudian buat surat lamaran pekerjaan dan mengirimkannya. Biasanya pendaftaran menjadi seorang perawat bisa dilakukan secara offline maupun secara online. Jika pun secara online maka Anda hanya perlu kirimkan dari email dan untuk offline bisa datang langsung ke rumah sakit/layanan kesehatan yang akan didaftar.

Demikian informasi cara menjadi perawat profesional yang baik di rumah sakit. Jadi untuk bisa menjadi perawat hebat tentunya Anda harus mampu menjalankan apa saja cara-cara di atas. Semoga dengan informasi cara di atas yang kodebpjs.com sampaikan dapat bermanfaat.

Advertisements