12 Cara Registrasi KKI Online & Syarat Lengkap 2021

Cara Registrasi KKI Online – Dalam Dunia Kedokteran di Indonesia pernahkah kalian mendengar istilah KKI? Nah, bagi yang belum tahu kami punya informasi detail mengenai hal tersebut. Jadi, simak terus artikel ini sampai akhir.

KKI (Konsil Kedokteran Indonesia) merupakan suatu badan Otonom bersifat independen yang bertanggung jawab pada Presiden Republik Indonesia. Organisasi ini dibentuk pada tanggal 29 April 2005 di Jakarta dengan 17 orang anggota.

17 anggota dari KKI merupakan perwakilan dari Asosiasi Rumah Sakit Pendidikan Indonesia, Kolegium Kodokteran Indonesia hingga Pengurus Besar IDI (Ikatan Dokter Indonesia. Nantinya setiap anggota memiliki tugas dan kewajiban sesuai ketentuan yang berlaku.

Nah, bagi kalian para lulusan Kedokteran juga bisa menjadi anggota KKI dengan cara melakukan registrasi. Untuk saat ini proses pendaftaran bisa dilakukan melalui Online. Penasaran seperti apa cara melakukannya? simak tutorial lengkapnya dibawah ini.

Syarat Registrasi KKI Online

Syarat Registrasi KKI Online

Sebelum menjelaskan cara daftar KKI Online, terlebih dahulu kalian perlu memenuhi beberapa persyaratan yang berlaku. Apa sajakah syarat untuk menjadi anggota KKI di Indonesia? berikut kami sajikan informasi selengkapnya :

  • Warga Negara Indonesia
  • Memiliki pengalaman di bidang praktik kedokteran paling singkat 10 tahun.
  • Berkelakuan baik, jujur dan takwa pada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Berintegritas tinggi.
  • Bersedia melepas jabatan sementara (khusus bagi pendaftar berstatus PNS).

Semua syarat dan ketentuan diatas telah tertuang dalam Pasal 18 Undang Undang Nomor 29 Tahun 2004 mengenai Praktik Kedokteran.

Cara Registrasi KKI Online

Kemudian untuk cara mendaftarnya sangatlah mudah, kalian bisa memanfaatkan perangkat smartphone maupun PC. Setelah itu, ikuti tata cara dibawah ini untuk registrasi KKI Online :

1. Buka Browser

Buka Browser

Ketikkan KKI Online pada kolom pencarian lalu pilih situs yang kami tandai pada gambar diatas.

2. Klik Register

Klik Register

Pada tampilan selanjutnya langsung saja pilih Register untuk daftar KKI secara Online.

3. Pilih Saya Belum Memiliki PIN

Pilih Saya Belum Memiliki PIN

Pada halaman registrasi, silahkan klik Saya Belum Memiliki PIN dibagian bawah.

4. Request PIN

Simpan Data

Kemudian kalian akan dialihkan ke halaman lain. Silahkan input alamat Email dan masukkan kode Chaptcha yang tertera di layar. Setelah itu klik Request PIN.

5. Buka Kotak Masuk Gmail

Buka Kotak Masuk Gmail

Sekarang buka kotak masuk pada Gmail kalian. Disana akan muncul informasi mengenai PIN yang diperlukan untuk registrasi KKI Online. Catat PIN pada notepad.

6. Lakukan Login

Lakukan Login

Kemudian tampilan akan beralih ke halaman utama registrasi. Disana silahkan input Email, PIN yang sudah diterima dan Kode Verifikasi. Jika sudah, klik Masuk.

7. Silahkan Registrasi Data Baru

Silahkan Registrasi Data Baru

Selanjutnya pilih menu Silahkan Registrasi Data Baru.

8. Masukkan Info Pribadi

Masukkan Info Pribadi

Setelah itu kalian akan diminta melengkap info pribadi seperti Nomor KTP, Nomor NPWP, Nama lengkap, Tanggal lahir dan lain sebagainya. Kemudian klik Melanjutkan Step Berikutnya. 

9. Lengkapi Info Administrasi

Lengkapi Info Administrasi

Pada halaman berikutnya silahkan lengkapi informasi yang dibutuhkan, antara lain Jenis Kompetensi, Jenis Pendidikan dan lain sebagainya.

10. Masukkan Data Uji Kompetensi

Masukkan Data Uji Kompetensi

Sekarang kalian akan masuk ke laman Uji Kompetensi. Lengkapi data yang diperlukan seperti Tempat Uji Kompetensi, Tanggal Uji Kompetensi, Nomor dan Tanggal Sertifikat.

11. Simpan Data

Simpan Data

Kemudian masukkan Kode Chaptca pada kolom yang tersedia. Lalu klik Simpan Data.

12. Selesai

Selesai

Apabila sudah muncul tampilan seperi gambar diatas artinya proses registrasi KKI Online sudah berhasil. Sekarang tinggal lanjut ke pembayaran.

Setelah berhasil melakukan cara pendaftaran sebagai anggota KKI, kalian masih harus melakukan pembayaran. Nah, untuk proses tersebut juga bisa dilakukan dengan cara Online melalui layanan Mobile Banking. Caranya sama seperti saat kalian melakukan pemabayaran Virtual Account.

FAQ

Apakah Masyarakat Biasa Bisa Menjadi Anggota KKI?

Tidak, setiap anggota KKI wajib memiliki pengalaman Praktik Kedokteran minimal 10 tahun.

Berapa Gaji Anggota KKI Per Bulan?

Mulai dari Rp. 18.626.000 sampai dengan Rp. 26.324.000 tergantung jabatan.

Demikianlah informasi dari Kodebpjs.com mengenai tata cara registrasi KKI via Online. Semoga ulasan diatas bermanfaat bagi kalian sedang berminat menjadi anggota KKI. Bahkan perlu digarisbawahi jika gaji anggota KKI jauh lebih besar dibanding GAJI PERAWAT biasa di Indonesia, bisa mencapai puluhan juta rupiah.