Gagal Cek Saldo di JMO 2021 : 9 Penyebab & Cara Mengatasi

Gagal Cek Saldo di JMO РSebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan tentu banyak dari kalian yang sudah memiliki akun BPJSTKU. Namun perlu diketahui bahwa saat ini aplikasi tersebut telah berubah menjadi JMO (Jamsostek Mobile). Aplikasi ini juga memiliki fitur yang tidak beda jauh dengan aplikasi BPJSTKU, salah satunya tersedia fasilitas cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Sementara itu, untuk menggunakan aplikasi Jamsostek Mobile kalian tetap harus melakukan registrasi akun. Kemudian setelah berhasil memiliki akun, peserta juga akan diminta untuk melakukan pengkinian data agar semua data yang terdapat di akun BPJSTKU bisa di update ke akun JMO.

Seperti kami singgung diatas bahwa salah satu fitur yang tersedia di aplikasi JMO adalah cek saldo. Melalui fitur tersebut kalian bisa melihat jumlah saldo JHT (Jaminan Hari Tua) yang sudah terkumpul selama menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan di perusahaan tertentu.

Namun yang jadi masalah, beberapa pengguna mengaku tidak bisa cek saldo via JMO. Apakah kalian juga pernah mengalami masalah serupa? Jika demikian, maka silahkan simak penjelasan seputar penyebab hingga cara mengatasi gagal cek saldo di JMO berikut ini.

 

Gagal Cek Saldo di JMO

Gagal Cek Saldo di JMO

Bagi setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan kami rasa kalian wajib memiliki akun JMO atau Jamsostek Mobile. Jika belum punya, silahkan download aplikasinya di Google Play Store maupun App Store lalu ikuti tata cara daftar akun JMO.

Melalui aplikasi tersebut, kalian bisa melakukan berbagai macam aktivitas peserta yang sebelumnya dilakukan melalui aplikasi BPJSTKU. Salah satu fitur yang paling sering digunakan di JMO adalah cek saldo. Dengan adanya aplikasi tersebut, proses cek saldo tidak perlu lagi dilakukan melalui Kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Hanya saja pada saat melakukan cek saldo di JMO beberapa pengguna masalah masalah berupa gagal atau informasi saldo tidak muncul. Selain itu, masalah juga bisa ditandai dengan tidak adanya Kartu Digital yang masih aktif, melainkan Kartu Digital dari KPJ yang sudah tidak aktif.

Jika kalian pernah mengalami masalah gagal cek saldo di JMO, tentu langsung mencari tahu apa penyebab dari terjadinya masalah tersebut. Oleh karena itu, pada pembahasan kali ini kami bakal menyajikan rangkuman penyebab gagal cek saldo di JMO.

Penyebab Tidak Bisa Cek Saldo via JMO

Penyebab Tidak Bisa Cek Saldo via JMO

Sebenarnya masalah gagal cek saldo juga kerap kali terjadi ketika peserta masih menggunakan aplikasi BPJSTKU. Disamping itu, untuk penyebab BPJSTKU gagal cek saldo beberapa ada juga yang sama ketika masalah serupa terjadi saat cek saldo di JMO.

Kami ingatkan sekali lagi bahwa aplikasi BPJSTKU kini telah berubah menjadi JMO atau Jamsostek Mobile. Bukan sekedar berubah nama, melainkan peserta tetap harus membuat akun hingga melakukan pengkinian data agar semua informasi peserta di akun BPJSTKU bisa ditautkan ke JMO.

Kembali lagi ke inti pembahasan, yaitu apa sih yang sebenarnya menjadi alasan cek saldo di JMO gagal terus? Tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini :

1. Nomor KPJ Tidak Sesuai

Penyebab pertama adalah nomor KPJ yang terdapat di akun JMO sudah tidak aktif. Faktor ini bisa terjadi karena nomor KPJ yang dimasukkan ke akun JMO sudah tidak berlaku alias masa kontrak kalian di suatu perusahaan yang memberikan fasilitas tersebut sudah habis.

Setiap pengguna akan diminta untuk memasukkan nomor KPJ pada saat mendaftar akun JMO. Sementara itu, jika nomor KPJ sudah expired artinya fasilitas JMO tidak bisa digunakan untuk cek saldo, cek RSJHT dan lain sebagainya.

Dalam satu akun JMO memang bisa digunakan untuk 2 nomor KPJ atau lebih dengan catatan semua nomor KPJ masih aktif. Sedangkan satu-satunya cara untuk mengatasi masalah seperti ini adalah menghubungi pihak Personalia Perusahaan untuk melakukan update data di sistem BPJS Ketenagakerjaan menggunakan nomor KPJ yang masih berlaku.

2. Aplikasi Sedang Mengalami Gangguan

Penyebab kedua mungkin berasal dari adanya gangguan sistem yang terjadi pada aplikasi Jamsostek Mobile itu sendiri. Jika demikian, maka seringkali pengguna mengalami gagal cek saldo terus menerus bahkan dapat menyebabkan JMO tidak bisa Login.

Gangguan sistem biasanya akan terjadi begitu saja tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu. Begitu juga untuk proses perbaikan atau Maintenance dari aplikasi JMO juga tidak bisa dipastikan, sebab semua itu tergantung dari tingkat kerusakan atau gangguan yang dialami.

3. Aplikasi JMO Belum di Update

Selain gangguan sistem, ketika aplikasi JMO belum di update juga bisa menyebabkan gagal cek saldo. Penting diketahui bahwa faktor ini memang kerap menimbulkan beberapa Bug pada fitur JMO versi lama. Jika demikian seperti apa cara update atau memperbarui aplikasi JMO ke versi terbaru? Simak terus artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

4. File Cache Menumpuk

Selanjutnya gagal cek saldo BPJS Ketenagakerjaan juga bisa terjadi karena banyaknya file Cache atau file Sampah dari aplikasi tersebut. Sama seperti ketika aplikasi belum di update, faktor ini juga kerap mengundang beberapa Bug atau masalah, diantaranya gagal Login hingga tidak bisa melakukan pengkinian data JMO.

5. Koneksi Internet Buruk

Untuk penyebab terakhir dari masalah gagal cek saldo di JMO adalah koneksi internet yang digunakan buruk atau tidak stabil. Hal ini tentu mempengaruhi kinerja smartphone dalam mengakses aplikasi tersebut.

Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Saldo di Jamsostek Mobile

Cara Mengatasi Tidak Bisa Cek Saldo di Jamsostek Mobile

Setelah menyimak beberapa penyebab gagal cek saldo di JMO, sekarang mari kita lanjut ke tata cara mengatasi masalah tersebut. Berikut ini telah kami siapkan beberapa solusi dari masalah tidak bisa cek saldo di JMO sesuai dengan penyebabnya, antara lain :

1. Install Ulang Aplikasi JMO

Cara pertama untuk mengatasi gagal cek saldo di JMO adalah melakukan install ulang aplikasi JMO dengan langkah-langkah sebagai berikut :

  • Uninstall aplikasi
  • Masuk ke menu Pengaturan -> Apl
  • Pilih Kelola Aplikasi
  • Cari Google Play Store
  • Klik Penyimpanan
  • Klik Hapus Data
  • Jika sudah, install kembali aplikasi JMO di Google Play Store.

Setelah itu coba Login kembali ke JMO dan lakukan proses cek saldo, maka informasi saldo akan muncul di layar.

2. Update Aplikasi JMO

Cara kedua adalah melakukan update aplikasi JMO. Untuk proses ini bisa langsung dilakukan melalui Google Play Store (bagi pengguna Android) dan App Store (bagi pengguna iPhone) dengan cara mengetikkan JMO pada kolom pencarian. Setelah itu klik tombol Update dan tunggu hingga proses update JMO berhasil 100%.

3. Bersihkan File Cache

Cara ketiga adalah membersihkan file Cache melalui menu Setting / Setelan. Cara ini berlaku apabila gagal cek saldo di JMO terjadi karena banyaknya file sampah. Untuk membersihkan file tersebut dari aplikasi JMO kalian bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut :

  • Masuk ke menu Pengaturan
  • Pilih menu Apl
  • Pilih Kelola Aplikasi
  • Ketikkan JMO di kolom pencarian
  • Tap Hapus Data -> Bersihkan Cache
  • Selesai

4. Ganti Koneksi Internet

Lalu jika gagal cek saldo disebabkan oleh koneksi internet yang buruk, maka solusinya adalah mengganti koneksi internet. Disini kami sarankan untuk memakai koneksi Wifi agar bisa mengakses JMO dengan lancar untuk cek saldo maupun aktivitas lainnya.

Mungkin itu saja informasi dari kodebpjs.com mengenai penyebab dan cara mengatasi gagal cek saldo JMO. Semoga informasi kali ini bisa bermanfaat bagi setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan ketika mengalami kendala saat cek saldo di JMO.