6 Cara Cetak Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan di JMO 2021

Cara Cetak Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan di JMO – Sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, tentu kalian sudah tidak asing lagi dengan aplikasi BPJSTKU. Melalui aplikasi tersebut, para peserta bisa melakukan berbagai aktivitas kepesertaan dengan mudah tanpa harus datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Namun penting diketahui bahwa beberapa bulan lalu, aplikasi BPJSTKU telah berganti menjadi JMO (Jamsostek Mobile). Oleh karena itu, setiap peserta diwajibkan untuk melakukan registrasi akun agar bisa mengakses aplikasi JMO. Bukan hanya itu, peserta juga perlu memperbarui data yang tertera di BPJSTKU ke akun JMO.

Sementara itu, bagi yang sudah mempunyai akses di aplikasi JMO kalian bisa melakukan cetak Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan. Fitur ini cukup penting dan wajib diketahui oleh setiap peserta BPJS Ketenagakerjaan yang sudah memiliki akun Jamsostek Mobile.

Memangnya apa manfaat dari cetak Kartu Digital di JMO? Apakah ada syarat dan ketentuan khusus untuk melakukan proses cetak Kartu Digital? Seperti apa langkah-langkah cetak Kartu Digital? Tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja temukan jawabannya dibawah ini.

Syarat Cetak Kartu Digital di JMO

Syarat Cetak Kartu Digital di JMO

Sebelum masuk ke inti pembahasan, terlebih dahulu perlu kalian ketahui bahwa Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan merupakan kartu identitas peserta yang di dalamnya tertera nama lengkap, nomor KPJ dan kode QR yang mampu menampilkan seluruh data kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Beberapa dari kalian mungkin sudah menerima bukti fisik berupa kartu BPJS Ketenagakerjaan yang diberikan oleh perusahaan tempat bekerja.

Namun terkadang karena satu dan lain hal, beberapa peserta mengalami kehilangan kartu tersebut, oleh karena itu perlu dilakukan cetak Kartu Digital. Seperti kami singgung diatas bahwa proses cetak Kartu Digital BPJS TK bisa dilakukan melalui aplikasi JMO tanpa perlu datang ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan atau meminta cetak ulang kartu pada pihak Personalia Perusahaan.

Namun agar bisa cetak Kartu Digital BPJS TK di JMO kalian wajib mempunyai akun JMO terlebih dahulu. Jika belum punya, silahkan download aplikasi di Google Play Store atau App Store kemudian ikuti instruksi daftar akun JMO (Jamsostek Mobile) dengan cara memasukkan Email, Nomor HP, Nomor KPJ dan beberapa data lainnya.

Cara Cetak Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan di JMO

Cara Cetak Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan di JMO

Apabila tidak ada masalah dengan syarat diatas, sekarang mari kita lanjut ke pembahasan utama yang tata cara cetak Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan di JMO. Sebelum itu perlu digarisbawahi jika pada proses ini kalian akan diminta mengunduh file Kartu Digital BPJS TK melalui aplikasi JMO. Selanjutnya, kalian bisa cetak file tersebut secara manual menggunakan Printer.

Disamping itu, untuk hasilnya sendiri mungkin tidak seperti kartu BPJS Ketenagakerjaan yang diberikan oleh perusahaan. Baiklah, daripada penasaran langsung saja simak penjelasan lengkap seputar tata cara cetak Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan di JMO berikut ini :

1. Buka Aplikasi JMO

Buka Aplikasi JMO 1

Langkah pertama silahkan Login ke aplikasi JMO.

2. Tap Menu Profil Saya

Tap Menu Profil Saya

Setelah itu tap menu Profil Saya di pojok kanan bawah.

3. Klik Kartu Digital Anda

Klik Kartu Digital Anda

Lalu pada halaman berikutnya silahkan klik menu Kartu Digital Anda.

4. Pilih Kartu Digital / Kartu Kepesertaan

Pilih Kartu Digital Kartu Kepesertaan

Kemudian akan muncul informasi Kartu Digital yang kalian miliki. Jika mempunyai kartu lebih dari satu, maka semuanya akan tertera di halaman tersebut. Silahkan pilih kartu mana yang ingin di cetak.

5. Klik Untuk Memperbesar

Klik Untuk Memperbesar

Jika sudah, tekan menu Klik untuk memperbesar pada halaman berikutnya.

6. Tap Simpan

Tap Simpan

Tap Simpan 2

Terakhir, klik Simpan untuk mengunduh file Kartu Digital ke galeri smartphone.

Setelah berhasil mendapatkan file Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan, selanjutnya kalian bisa mencetak file tersebut menggunakan Printer. Jika tidak punya Printer, silahkan datang ke tempat foto copy atau jasa percetakan terdekat untuk cetak Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan.

Manfaat Mencetak Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan di JMO

Manfaat Mencetak Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan di JMO

Sampai disini kalian sudah tahu seperti apa cara cetak Kartu Digital BPJS TK di JMO. Sekarang, tahukah kalian apa manfaat sebenarnya dari proses diatas? Jadi cara ini bermanfaat bagi peserta yang kehilangan kartu BPJS Ketenagakerjaan.

Kartu BPJS Ketenagakerjaan sendiri merupakan syarat utama untuk klaim saldo BPJS Ketenagakerjaan, baik via Online maupun Offline. Selain itu, Kartu Digital BPJS TK juga bisa dipakai untuk klaim saldo JHT (Jaminan Hari Tua) dan saldo JP (Jaminan Pensiun).

Satu lagi, dengan cara cetak Kartu Digital BPJS Ketenagakerjaan artinya kalian memiliki bukti sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. Apabila mempunyai lebih dari satu kartu peserta, kalian bisa mencetak semuanya melalui aplikasi JMO dengan cara sama seperti yang kami sajikan diatas.

Itu saja ulasan dari kodebpjs.com mengenai tata cara cetak Kartu Digital di JMO. Selain melalui cara diatas, sebenarnya ada cara lain untuk cetak kartu BPJS Ketenagakerjaan, yaitu lewat Website, Kantor BPJS Ketenagakerjaan atau meminta bantuan pihak Personalia dari Perusahaan tempat kalian bekerja. Namun cara tersebut dinilai kurang efektif dan memakan waktu cukup lama.