Gampang Banget! 7 Cara Daftar Autodebet BPJS BRI 2021

Cara Daftar Autodebet BPJS BRI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) terus memanjakan para peserta agar lebih mudah mengurus administrasi BPJS. Kini kemudahan tersebut hadir dari layanan pembayaran iuran BPJS setiap bulannya.

Dimana pihak BPJS telah menyediakan metode pembayaran secara autodebet untuk sejumlah bank yang telah bekerjasama, salah satunya yaitu Bank BRI. Metode pembayaran autodebet ini dihadirkan dengan tujuan untuk membantu para peserta agar tidak telat bayar iuran BPJS Kesehatan.

Seperti sudah diketahui, bahwasanya jika sampai telat bayar BPJS, maka akan dikenakan denda keterlambatan dan DENDA RAWAT INAP TINGKAT LANJUT BPJS. Dalam hal ini solusi paling tepat untuk menghindari denda akibat telat membayar premi BPJS adalah dengan daftar autodebet BRI.

Nah, bagi Anda yang memiliki nomor rekening BRI, tentu saja daftar autodebet BRI untuk membayar premi menjadi lebih gampang. Bagi yang belum tahu cara daftar autodebet BPJS BRI, maka Anda bisa langsung mengikuti langkah-langkah mengaktifkan autodebet BPJS BRI di bawah ini.

Cara Daftar Autodebet BPJS BRI

Cara Daftar Autodebet BPJS BRI

Berbeda dengan CARA MENGHENTIKAN AUTODEBET BRI, cara mengaktifkan autodebet BPJS BRI ini bisa dilakukan secara online melalui aplikasi mobile JKN. Cara daftar autodebet juga mudah dan gampang banget.

Dimana Anda hanya perlu memasukkan daftar data rekening tabungan BRI saja. Adapun cara daftar autodebet BRI yaitu sebagai berikut ini.

1. Masuk Ke Aplikasi Mobile JKN

1. Masuk Ke Aplikasi Mobile JKN

Langkah pertama untuk daftar autodebet BRI yaitu dengan membuka aplikasi Mobile JKN di smartphone yang Anda gunakan.

2. Pilih Menu Daftar Autodebet

2. Pilih Menu Daftar Autodebet

Pada halaman utama aplikasi Mobile JKN, silahkan Anda pilih menu “Pendaftaran Autodebet“.

3. Pilih Bank BRI

3. Pilih Bank BRI

Langkah berikutnya, silahkan klik pada opsi Bank dan kemudian pilihlah “Bank BRI” untuk didaftarkan sebagai rekening autodebet.

4. Setujui Syarat dan Ketentuan

4. Setujui Syarat dan Ketentuan

Kemudian, syarat dan ketentuan autodebet akan ditampilkan dilayar. Baca serta setujui semua syarat dan ketentuan yang berlaku.

5. Isi Formulir Daftar Autodebet BRI

5. Isi Formulir Daftar Autodebet BRI

Langkah selanjutnya, silahkan isi formulir pendaftaran autodebet BPJS mulai dari nomor kartu BRI, nomor rekening dan nomor HP. Jika sudah, klik “Setuju“.

6. Masukkan Kode OTP

Berikutnya, tinggal masukkan kode OTP yang dikirim ke nomor HP Anda melalui SMS.

7. Cara Daftar Autodebet BRI Selesai

Maka secara otomatis pendaftaran autodebet BPJS BRI telah selesai  dan kini pembayaran premi akan secara otomatis memotong  saldo rekening tabungan BRI Anda.

Tanggal Autodebet BPJS

Tanggal Autodebet BPJS

Bagi Anda yang sudah daftar autodebet wajib menyediakan dana pada rekening BRI selambat-lambatnya 1 hari kerja sebelum tanggal 5 dan 20 setiap bulannya yang ditetapkan sebagai tanggal pendebitan.

Apabila saldo rekening BRI tidak mencukupi, maka pihak bank BRI tidak akan melakukan pendebitan rekening peserta BPJS Kesehatan dan pasalnya kewajiban pembayaran peserta sepenuhnya menjadi tanggung jawab peserta.

Bank BRI hanya melakukan pendebetan 2 kali dalam setiap bulan yakni setiap tanggal 5 dan 20 pada bulan berjalan atau tanggal lain bila ada  perubahan terkait peraturan dan kebijakan mekanisme pembayaran iuran BPJS Kesehatan. Apabila tanggal jatuh autodebet BRI jatuh pada hari libur maka pendebetan akan dilakukan di hari kerja selanjutnya.

Iuran BPJS Terbaru

Iuran BPJS Terbaru

Sementara untuk informasi terkait iuran BPJS terbaru masing-masing kelas mengacu pada Peraturan Presiden No. 64 Tahun 2020 tentang Jaminan Kesehatan. Jumlah iuran BPJS Kelas III ditetapkan sebesar Rp. 42.000 per bulan.

Namun, saat ini peserta kelas III mendapatkan subsidi sebesar Rp. 7.000 per orang per bulannya. Sehingga iuran BPJS Kelas III yaitu sebesar Rp. 35.000.

Lalu, untuk besaran iuran kelas II dan kelas I masih sama yaitu Rp. 100.000 untuk iuran BPJS Kelas II dan Rp. 150.000 untuk iuran BPJS Kesehatan Kelas I.

Nah, itulah beberapa cara daftar autodebet BPJS BRI yang dapat kodebpjs.com sajikan. Dengan mengikuti cara di atas, maka Anda tidak perlu khawatir karena  pembayaran premi sudah dilakukan secara otomatis secara autodebet sehingga bisa terhindar dari keterlambatan membayar iuran.

Meskipun demikian, namun pastikan juga bahwa pada tanggal pendebetan saldo rekening BRI Anda mencukupi agar pihak bank bisa melakukan pendebetan. Demikianlah informasi dari kami, semoga cara daftar autodebet BRI pada metode pembayaran BPJS Kesehatan di atas bermanfaat.