7 Cara Ganti Alamat BPJS Kesehatan via JKN Mobile Hanya 3 Menit!!

Cara Ganti Alamat BPJS Kesehatan via JKN Mobile РSebagai peserta BPJS Kesehatan, tentu saja data dari masing-masing peserta bersifat sangat penting. Jika ada beberapa data yang tidak sesuai maka bakal mengganggu proses penggunaan layanan BPJS Kesehatan.

Bicara mengenai data peserta BPJS Kesehatan, apakah kalian pernah mengalami ketidakcocokan alamat antara data di kartu dan sistem BPJS Kesehatan? Jika demikian, maka mau tidak mau kalian harus segera ganti alamat yang sesuai.

Nah, untuk saat ini proses ganti alamat BPJS Kesehatan tidak perlu lagi datang ke Kantor, melainkan cukup via aplikasi JKN Mobile.  Bagi yang belum punya aplikasinya, silahkan download di Google Play Store atau App Store. Setelah itu ikuti instruksi untuk daftar JKN Mobile.

Sementara itu, untuk melakukan cara ini juga berlaku beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Baiklah, supaya lebih jelas langsung saja simak pembahasan selengkapnya dibawah ini mengenai syarat hingga cara ganti alamat BPJS Kesehatan via JKN Mobile.

Citayam

Syarat Ganti Alamat BPJS di JKN Mobile

Sebelum kami jelaskan lebih lanjut bagaimana cara ganti alamat BPJS Kesehatan melalui JKN Mobile, terlebih kalian perlu tahu persyaratan apa saja yang berlaku. Jadi untuk menggunakan JKN Mobile sebagai media ganti alamat atau perubahan data lainnya kalian wajib memenuhi syarat sebagai berikut :

1. Memiliki Akun JKN Mobile

Syarat pertama adalah sudah mempunyai akun JKN Mobile. Diatas kami sempat menyebutkan bahwa bagi peserta yang belum punya aplikasi JKN Mobile bisa download di Play Store. Setelah itu daftar akun JKN Mobile dengan cara mengisi formulir registrasi.

2. Memiliki Koneksi Internet

Syarat kedua adalah memiliki koneksi internet di perangkat yang digunakan untuk membuka aplikasi JKN Mobile. Jadi segala aktivitas yang dilakukan via JKN Mobile, termasuk ganti alamat peserta hanya bisa diproses secara Online. Dengan begitu, jika perangkat tidak memiliki koneksi internet maka proses perubahan data peserta juga tidak bisa diproses.

3. Memasukkan Data Sesuai

Syarat terakhir, kalian juga perlu memasukkan data yang sesuai dengan sistem BPJS Kesehatan. Jika tidak, maka perubahan data tetap tidak bisa mengatasi kendala dalam menggunakan layanan BPJS Kesehatan yang disebabkan oleh informasi data peserta tidak sesuai.

Cara Ganti Alamat BPJS Kesehatan via JKN Mobile

Cara Ganti Alamat BPJS Kesehatan via JKN Mobile

Setelah menyimak beberapa syarat diatas, sekarang mari kita lanjut ke cara ganti alamat BPJS Kesehatan via JKN Mobile. Dengan adanya aplikasi ini kalian tidak perlu lagi repot-repot antri di Kantor BPJS Kesehatan hanya untuk ganti informasi alamat.

Bahkan melalui JKN Mobile kalian juga bisa ganti Email, ganti nomor HP dan beberapa data peserta lainnya. Sedangkan untuk ganti alamat BPJS Kesehatan di JKN Mobile kalian tinggal mengikuti tata cara sebagai berikut :

1. Login JKN Mobile

Login JKN Mobile 1

Langkah pertama silahkan buka aplikasi JKN Mobile lalu Login dengan cara memasukkan nomor kartu, password dan kode Captcha.

2. Pilih Ubah Data Peserta

Pilih Ubah Data Peserta

Kemudian pada halaman Beranda kalian langsung saja pilih menu Ubah Data Peserta.

3. Edit Alamat Surat

Edit Alamat Surat

Setelah itu akan muncul informasi data peserta. Disini silahkan ketuk Alamat Surat untuk mengubah data tersebut.

4. Masukkan Informasi Alamat Sebenarnya

Masukkan Informasi Alamat Sebenarnya

Selanjutnya masukkan informasi alamat yang sesuai mulai dari RT, RW, Kode Pos, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan dan Kelurahan. Jika sudah klik Simpan.

5. Klik Selanjutnya

Klik Selanjutnya

Setelah itu akan muncul pop-up berisi syarat dan ketentuan perubahan data peserta BPJS Kesehatan. Disini silahkan scroll kebawah lalu centang kotak kecil bertuliskan Saya Setuju lalu tekan tombol Selanjutnya.

6. Masukkan Kode Verifikasi

Masukkan Kode Verifikasi

Tidak lama kemudian kalian akan menerima SMS dari BPJS Kesehatan berisi kode verifikasi untuk menyelesaikan proses ganti alamat. Setelah menerimanya, kalian masukkan kode verifikasi pada kolom yang tersedia (lihat gambar diatas).

7. Berhasil Ganti Alamat BPJS

Berhasil Ganti Alamat BPJS Kesehatan via JKN Mobile

Sampai disini kalian sudah berhasil ganti informasi alamat peserta BPJS Kesehatan. Selesai.

Demikianlah informasi dari kodebpjs.com mengenai cara ganti alamat BPJS Kesehatan di JKN Mobile. Selain lebih praktis karena tidak perlu datang ke Kantor BPJS Kesehatan, cara diatas juga hanya memerlukan waktu kurang lebih 3 menit.

Oleh karena itu, bagi peserta BPJS Kesehatan yang belum punya akun JKN Mobile, kami sarankan untuk segera membuat akun tersebut. Sebab, di JKN Mobile ada beragam fitur yang bakal memudahkan kalian dalam mengakses layanan BPJS Kesehatan.