15 Cara Mendaftar BPJS Lewat JKN Mobile Langsung Aktif !!

Cara Mendaftar BPJS Lewat JKN Mobile – Hadirnya program BPJS Kesehatan memang sangat membantu masyarakat kurang mampu dalam memperoleh pelayanan medis yang layak tanpa harus keluar biaya besar. Tapi, jika ingin menikmati fasilitas tersebut setiap orang wajib mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS.

Sekarang untuk mendaftar BPJS tidak perlu lagi repot-repot antri, melainkan cukup duduk manis di rumah. Jadi saat ini telah tersedia aplikasi bernama JKN Mobile yang bakal membantu memudahkan jalannya proses registrasi peserta baru BPJS Kesehatan.

JKN Mobile sendiri bisa kalian download secara gratis di Google Play Store dan App Store. Di dalam aplikasi tersebut ada banyak fitur terkait layanan BPJS Kesehatan, termasuk untuk mendaftar BPJS Kesehatan langsung aktif.

Nah, bagi kalian yang mungkin baru akan mendaftar BPJS, silahkan pakai cara ini supaya proses registrasi jadi lebih mudah. Untuk syarat hingga tata cara selengkapnya mengenai pendaftaran BPJS baru lewat JKN Mobile bisa kalian simak dibawah ini.

Citayam

Syarat Daftar BPJS Kesehatan via JKN Mobile

Sebelum masuk ke inti pembahasan, terlebih dahulu kami ingin memberitahukan bahwa untuk mendaftar BPJS lewat JKN Mobile sama seperti proses registrasi BPJS di Kantor maupun lewat situs resmi, yaitu menerapkan beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi.

Jadi, untuk mendaftar BPJS lewat JKN Mobile kalian wajib memenuhi beberapa persyaratan sebagai berikut :

  • Menginstall aplikasi JKN Mobile
  • NIK sudah terdaftar Online di Dindukcapil
    Email dan Nomor HP aktif
  • Memiliki Rekening Bank aktif
  • HP Android / iOS yang sudah terhubung ke internet

Cara Mendaftar BPJS Lewat JKN Mobile

Cara Mendaftar BPJS Lewat JKN Mobile

Apabila semua syarat diatas sudah dipenuhi, sekarang mari kita lanjut ke tata cara bagaimana mendaftar BPJS lewat JKN Mobile. Sekali lagi kami ingatkan bahwa cara ini sangatlah praktis, sebab kalian bisa melakukannya tanpa harus antri di Kantor BPJS  Kesehatan setempat.

Selain itu, cara ini juga tidak meminta biaya layanan sepeserpun alias gratis. Baiklah, daripada penasaran langsung saja simak penjelasan selengkapnya mengenai langkah-langkah daftar BPJS lewat JKN Mobile dibawah ini :

1. Buka Aplikasi JKN Mobile

Buka Aplikasi JKN Mobile

Pertama-tama silahkan buka aplikasi JKN Mobile lalu pilih menu Daftar dibagian bawah.

2. Masukkan NIK

Masukkan NIK

Selanjutnya masukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) yang tertera di eKTP. Jangan lupa juga untuk memasukkan kode Captcha pada kolom yang tersedia. Setelah itu klik Cari.

3. Muncul Data Calon Peserta

Muncul Data Calon Peserta

Kemudian di layar akan tertera data pemilik NIK yang menjadi calon peserta BPJS Kesehatan. Bagi yang sudah Menikah, nantinya akan muncul juga data pasangan yang tergabung di dalam satu KK.

Silahkan tap nama pengguna untuk melakukan tahap  selanjutnya.

4. Lengkapi Informasi Alamat

Lengkapi Informasi Alamat

Lengkapi informasi alamat dan Kode Pos sesuai wilayah tempat tinggal.

5. Tentukan Fasilitas Kesehatan

Tentukan Fasilitas Kesehatan

Selanjutnya tentukan Fasilitas Kesehatan dan Dokter Gigi yang bakal dipakai, Jika sudah, klik Simpan.

6. Klik Selanjutnya

Klik Selanjutnya

Kemudian periksa data-data yang sudah dimasukkan, jika semuanya sudah benar silahkan tap Selanjutnya.

7. Pilih Kelas BPJS

Pilih Kelas BPJS

Sekarang tentukan Kelas BPJS yang diinginkan. Masing-masing Kelas menerapkan biaya iuran bulanan atau Premi yang berbeda-beda. Jadi pastikan kalian memilihnya dengan bijak.

8. Masukkan Email

Masukkan Email

Setelah itu masukkan Alamat Email yang masih aktif untuk melengkapi data akun calon peserta BPJS.

9. Input Kode Verifikasi

Input Kode Verifikasi

Lalu input kode verifikasi yang sudah dikirimkan melalui Email sebelumnya.

10. Masukkan Nomor HP

Masukkan Nomor HP

Dari pihak BPJS juga bakal meminta nomor HP kalian. Ingat, pastikan nomor HP tersebut aktif dan bisa dihubungi.

11. Tentukan Metode Pembayaran

Tentukan Metode Pembayarn

Setelah itu tentukan metode pembayaran, lewat rekening Bank maupun Mobile Cash. Untuk memudahkan kedepannya, disini kami sarankan untuk memilih metode pembayaran via rekening Bank.

12. Daftar Auto Debit

Daftar Auto Debit

Kemudian klik Daftar Auto Debit di halaman selanjutnya.

13. Lengkapi Data Rekening Bank

Lengkapi Data Rekening Bank

Sekarang lengkapi data rekening Bank yang dimiliki, mulai dari nomor kartu, nama pemilik, Bank, nomor rekening, nama rekening dan nomor HP. Jika sudah, klik lagi Daftar Auto Debit.

14. Masukkan Kode OTP

Masukkan Kode OTP

Kemudian masukkan kode OTP yang telah dikirimkan lewat SMS.

15. Daftar BPJS Lewat JKN Mobile Berhasil

Daftar BPJS Lewat JKN Mobile Berhasil

Daftar BPJS Lewat JKN Mobile Berhasil 2

Jika muncul tampilan seperti gambar artinya proses mendaftar BPJS Kesehatan lewat JKN Mobile telah berhasil. Selanjutnya kalian tinggal cek Email untuk mengetahui Nomor Virtual Account BPJS Kesehatan.

Pembayaran Pertama Peserta BPJS Kesehatan

Sampai disini kalian sudah paham mengenai tutorial mendaftar BPJS melalui aplikasi JKN Mobile. Jadi intinya, pendaftaran bisa dikatakan berhasil ketika kalian sudah menerima Email Nomor Virtual Account dari BPJS Kesehatan.

Nantinya pada Email tersebut juga dijelaskan fungsi dari Nomor Virtual Account itu sendiri, yaitu sebagai biaya pertama sebagai peserta BPJS baru. Pembayaran dilakukan paling cepat 14 hari dan paling lama 30 hari setelah Email diterima.

Pembayaran pertama bisa dilakukan melalui rekening Bank BTN, BNI, Mandiri dan Bank BRI. Atau juga sebelumnya kalian sudah mengaktifkan Auto Debit pada salah satu rekening tersebut, maka pembayaran akan langsung memotong saldo di dalam rekening, sehingga lebih praktis.

Itulah penjelasan dari tim kodebpjs.com mengenai cara mendaftar BPJS lewat JKN Mobile. Diatas kami juga menyebutkan beberapa syarat hingga ketentuan tentang biaya pertama setelah terdaftar sebagai peserta BPJS. Semoga dengan adanya informasi kali ini bisa membantu kalian semua yang mungkin baru ingin mendaftarkan diri sebagai peserta BPJS Kesehatan.