9 Cara Ganti Faskes Dokter Gigi BPJS Kesehatan Dari Rumah

Cara Ganti Faskes Dokter Gigi BPJS Kesehatan – Sebagai peserta BPJS Kesehatan, tentunya pada saat pertama kali mendaftar kalian bakal diminta untuk memilih Faskes (Fasilitas Kesehatan). Kemudian ada juga pemilihan Faskes khususnya, salah satunya untuk layanan Dokter Gigi.

Layanan Dokter Gigi yang dipilih juga harus sudah tercantum pada daftar Faskes yang direkomendasikan. Bicara mengenai Faskes Dokter Gigi, terkadang karena satu dan lain hal kalian ingin berganti Faskes tersebut dengan Dokter Gigi lainnya yang jauh lebih kompeten.

Perlu diketahui bahwa sekarang untuk ganti Faskes Dokter Gigi BPJS Kesehatan kalian bisa melakukannya dari rumah. Jadi sudah tidak perlu lagi datang ke Kantor BPJS Kesehatan hanya untuk mengurus perpindahan Faskes Dokter Gigi.

Saat ini BPJS Kesehatan telah menyediakan aplikasi bernama JKN Mobile yang mendukung fitur ganti Faskes Dokter Gigi secara Online. Namun untuk melakukannya kalian perlu memenuhi beberapa syarat dan ketentuan yang berlaku. Penasaran apa saja syarat tersebut dan bagaimana cara ganti Faskes Dokter Gigi lewat JKN Mobile? Langsung saja simak penjelasan selengkapnya dibawah ini.

Citayam

Syarat Pindah Layanan Dokter Gigi BPJS Kesehatan

Seperti kami singgung diatas bahwa ada beberapa alasan yang membuat peserta BPJS Kesehatan ingin pindah layanan Dokter Gigi yang sebelumnya sudah terdaftar. Beberapa alasan tersebut diantaranya :

  • Pelayanan kurang memuaskan
  • Fasilitas yang disediakan kurang lengkap
  • Lokasi Faskes terlalu jauh dari alamat Peserta

Kemudian terlepas dari apapun alasan ingin pindah layanan Dokter Gigi BPJS Kesehatan, selanjutnya kalian juga perlu bahwa saat ini proses perpindahan Faskes Dokter Gigi sudah bisa dilakukan secara Online melalui aplikasi JKN Mobile. Namun tidak semua peserta BPJS Kesehatan bisa menggunakan cara tersebut, melainkan hanya para peserta BPJS Kesehatan yang sudah memenuhi beberapa syarat dan ketentuan sebagai berikut :

  • Sudah Memiliki aplikasi dan akun JKN Mobile
  • Layanan Dokter Gigi yang diinginkan sudah terdaftar sebagai Faskes BPJS Kesehatan
  • Memiliki koneksi internet pada smartphone yang digunakan

Cara Ganti Faskes Dokter Gigi BPJS Kesehatan

Cara Ganti Faskes Dokter Gigi BPJS Kesehatan

Setelah memenuhi semua persyaratan diatas, selanjutnya mari kita simak pembahasan inti dari artikel ini, yaitu mengenai tata cara ganti Faskes Dokter Gigi BPJS Kesehatan. Sebelum itu perlu diketahui bahwa cara ini sedikit berbeda dengan proses pindah Faskes BPJS Kesehatan pada umumnya.

Jika Faskes Umum merupakan tempat berupa Klinik, Puskesmas atau Rumah Sakit yang dipilih pada saat pendaftaran, sedangkan Faskes Dokter Gigi merupakan Dokter khusus yang dipercaya untuk menangani kendala kesehatan Gigi para peserta. Sekarang sudah ada banyak Dokter Gigi yang terdaftar sebagai salah satu Faskes BPJS Kesehatan.

Dengan cara memilih Dokter Gigi terbaik, tentunya penanganan masalah kesehatan Gigi jadi jauh lebih maksimal. Terlebih, ketika terdapat masalah serius pada Kesehatan Gigi dimana mengharuskan pasien menjalani operasi Gigi, maka seluruh biaya bakal ditanggung oleh BPJS Kesehatan.

Nah, bagi kalian para peserta BPJS Kesehatan yang berniat ganti Faskes Dokter Gigi bisa melakukannya lewat aplikasi JKN Mobile dengan tata cara sebagai berikut :

1. Login JKN Mobile

Login JKN Mobile 1

Langkah pertama silahkan Login JKN Mobile menggunakan akun yang dimiliki.

2. Klik Ubah Data Peserta

Klik Ubah Data Peserta

Lalu pada halaman utama silahkan pilih menu Ubah Data Peserta.

3. Pilih Faskes Gigi

Pilih Faskes Gigi

Selanjutnya scroll kebawah dan pilih Faskes Gigi.

4. Tentukan Provinsi

Tentukan Provinsi

Centang kotak kecil bertuliskan Perubahan Satu Keluarga jika ingin seluruh anggota keluarga menggunakan Faskes Dokter Gigi terbaru. Setelah itu klik Provinsi dan pilih Provinsi sesuai wilayah tempat tinggal kalian.

5. Tentukan Kota / Kabupaten

Tentukan Kode Kabupaten

Jika sudah, sekarang tentukan juga Kota / Kabupaten sesuai eKTP.

6. Klik Simpan

Klik Simpan

Selanjutnya klik Simpan untuk mencari Faskes Dokter Gigi yang tersedia.

7. Tentukan Dokter Gigi

Tentukan Faskes Dokter Gigi BPJS Kesehatan

Tidak lama kemudian di layar akan muncul Faskes Dokter Gigi BPJS Kesehatan yang direkomendasikan. Jika sudah yakin ganti Faskes Dokter Gigi dengan hasil yang direkomendasikan, silahkan klik Simpan.

8. Masukkan Kode Verifikasi

Masukkan Kode Verifikasi 1

Masukkan Kode Verifikasi

Setelah itu kalian akan menerima Email dari BPJS Kesehatan berisi kode verifikasi. Silahkan buka Email untuk mendapatkan kode tersebut. Jika sudah, masukkan kode verifikasi pada kolom yang tersedia lalu klik Verifikasi.

9. Pindah Faskes Dokter Gigi BPJS Kesehatan Berhasil

Ganti Faskes Dokter Gigi BPJS Kesehatan Berhasil

Apabila muncul tampilan seperti gambar diatas artinya kalian sudah berhasil ganti Faskes Dokter Gigi BPJS Kesehatan.

Demikianlah ulasan dari tim kodebpjs.com mengenai cara ganti Fasilitas Kesehatan Dokter Gigi BPJS Kesehatan melalui aplikasi JKN Mobile. Ingat, sebelum melakukan cara diatas pastikan kalian sudah memenuhi segala persyaratan yang berlaku.

Pada proses tersebut nantinya kalian bakal memperoleh rekomendasi Faskes Dokter Gigi terbaik yang berada tidak jauh dari lokasi. Seluruh Dokter Gigi yang direkomendasikan juga sudah mendukung layanan pasien BPJS Kesehatan, jadi sudah pasti ketika berobat di Faskes tersebut kalian bisa menggunakan layanan BPJS Kesehatan.