Cara Ganti Email BPJS Kesehatan Lewat WA Terlengkap 2023

Cara Ganti Email BPJS Kesehatan Lewat WA – Sebagai peserta BPJS Kesehatan, tentu kalian akan diminta untuk mencantumkan Email, nomor HP dan beberapa data lainnya. Data-data itu menjadi syarat wajib mendaftar sebagai peserta BPJS.

Sementara itu, terkadang karena satu dan lain hal peserta BPJS Kesehatan perlu mengganti Email yang terdaftar. Kenapa proses ini perlu bahkan wajib dilakukan karena nantinya berkaitan dengan penggunaan fitur dan layanan BPJS Kesehatan.

Untuk ganti Email BPJS Kesehatan ada banyak cara yang bisa digunakan, salah satunya adalah lewat WA. Dengan cara ini, kalian tidak perlu repot-repot antri di Kantor BPJS Kesehatan setempat, melainkan cukup lewat perangkat smartphone.

Tapi untuk mengganti informasi Email BPJS Kesehatan lewat WhatsApp ada beberapa syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi. Baiklah, daripada penasaran langsung saja simak penjelasan soal syarat hingga prosedur ganti Email BPJS Kesehatan lewat WA berikut ini.

Citayam

Cara Ganti Email BPJS Kesehatan Lewat WA

Cara Ganti Email BPJS Kesehatan Lewat WA

Seperti kami sebutkan diatas bahwa setiap peserta BPJS Kesehatan kini wajib memiliki Email. Nantinya melalui Email yang tercantum, pihak BPJS Kesehatan bisa mengirimkan pemberitahuan mengenai berbagai informasi seperti rincian tagihan BPJS, keterangan ganti Faskes, kode OTP untuk keperluan update data peserta dan lain sebagainya.

Maka dari itu, Email peserta merupakan data penting yang harus diperhatikan. Apabila karena satu dan lain hal, Email yang terdaftar tidak bisa digunakan lagi, maka segera lakukan perubahan Email.

Sekarang peserta BPJS sudah bisa mengganti Email via JKN Mobile, tapi syarat nya harus sudah memiliki akun di aplikasi tersebut. Selain lewat JKN Mobile, kini proses perubahan Email BPJS Kesehatan juga bisa dilakukan lewat WhatsApp.

Sebelum kami jelaskan seperti apa cara merubah Email BPJS di WhatsApp, terlebih dahulu kalian perlu menyiapkan beberapa data persyaratan sebagai berikut :

  • eKTP
  • Nomor HP yang terisi pulsa minimal Rp. 5.000
  • Nomor WhatsApp menggunakan nomor HP yang terdaftar di data sistem BPJS Kesehatan
  • Koneksi internet
  • Alamat Email baru

Apabila semua syarat diatas sudah disiapkan, sekarang kalian bisa mengirimkan pesan ke nomor WhatsApp BPJS Kesehatan sesuai domisili tempat tinggal kalian. Berikut adalah daftar nomor WA BPJS Kesehatan di Indonesia :

Nomor Pandawa BPJS

Jika yang berada di luar wilayah diatas, maka silahkan gunakan nomor WA berikut : 08118750400

Setelah mengetahui nomor WA BPJS Kesehatan, sekarang mari kita lanjut ke tata cara ganti Email BPJS Kesehatan lewat WA berikut ini :

1. Buka Aplikasi WA

Buka Aplikasi WA

Pertama-tama silahkan buka aplikasi WhatsApp kemudian mulai Chat ke nomor WA BPJS sesuai domisili. Setelah itu ketikkan MENU pada kolom Chat

2. Pilih Layanan Pandawa

Pilih Layanan Pandawa

Setelah itu akan muncul beberapa pilihan menu. Disini langsung saja kalian pilih menu Layanan Pandawa dengan cara ketik angka 6 di kolom Chat

3. Ketuk Tautan WhatsApp

Ketuk Tautan WhatsApp

Jika sudah, kalian akan menerima balasan berisi link kontak WhatsApp BPJS Kesehatan. Silahkan klik tautan yang akan membawa kalian ke nomor WhatsApp tersebut.

4. Ketuk Tautan Formulir

Ketuk Tautan Formulir

Selanjutnya ketik MENU dan ketuk tautan menuju ke formulir layanan yang tertera pada balasan Chat tersebut.

5. Pilih Perubahan Data

Pilih Perubahan Data

Setelah klik tautan diatas, nantinya kalian akan beralih ke halaman Browser, disini kalian tinggal memilih menu Perubahan / Perbaikan Data PPU dan PBPU / Mandiri. Kemudian tentukan tujuan perubahan data, yaitu ganti Email BPJS Kesehatan.

6. Klik Next

Klik Next

Pada halaman berikutnya langsung saja klik tombol Next

7. Lengkapi Formulir

Lengkapi Formulir

Setelah itu kalian tinggal melengkapi formulir yang tersedia, masukkan data-data yang diminta dengan benar, terutama Email baru yang akan digunakan.

8. Lakukan Verifikasi Biometrik

Lakukan Verifikasi Biometrik

Selanjutnya lakukan verifikasi biometrik dengan cara mengunggah foto eKTP dan foto Selfie dengan eKTP. Dokumen tersebut bisa diambil dari Galeri / Browse dan bisa juga melakukan pengambilan gambar secara langsung dengan cara klik tombol Ambil dari Kamera

9. Klik Submit

Klik Submit

Jika sudah, baca dengan seksama informasi Syarat dan Ketentuan lalu centang kotak kecil di bagian bawah sebagai tanda kalian telah menyetujui semua ketentuan yang berlaku. Setelah itu klik tombol Submit

10. Ganti Email BPJS Lewat WA Berhasil

Ganti Email BPJS Lewat WA Berhasil

Sampai disini kalian sudah berhasil melakukan perubahan Email BPJS Kesehatan lewat WA.

Sementara itu, perlu kami informasikan juga bahwa proses ganti Email BPJS Kesehatan lewat cara diatas hanya bisa dilakukan antara pukul 08.00 sampai 15.00 WIB pada hari Senin sampai Jumat. Jadi, pastikan kalian melakukan proses ganti Email sesuai jam operasional yang berlaku.

KESIMPULAN

Demikianlah informasi dari Kodebpjs.com mengenai tata cara ganti Email BPJS lewat WA. Diatas kami juga menyebutkan informasi terkait nomor WhatsApp BPJS Kesehatan untuk wilayah Jabodetabek dan sekitarnya.

Dengan adanya cara diatas, sekarang untuk ganti Email BPJS Kesehatan kalian tidak perlu repot-repot antri di Kantor BPJS Kesehatan, cukup melalui smartphone. Tapi ingat, proses tersebut menerapkan ketentuan jam operasional.

sumber gambar :

  • Tim Kodebpjs.com
  • kompas.com
  • pontianak.tribunnews.com