10 Cara Mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat 2021 : Online & Offline

Cara Mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat – Kartu Indonesia Sehat atau dikenal juga dengan KIS, tentu sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia. Banyak manfaat Kartu Indonesia Sehat didapat oleh pesertanya.

Seperti misalnya peserta mengalami sakit dan memerlukan perawatan secara berulang-ulang. Dengan adanya Kartu Indonesia Sehat ini peserta tidak perlu terbebani dalam membayar obat atau pelayanan dokter serta fasilitas rumah sakitnya.

Namun pada pembahasan kali ini kodebpjs.com bukan akan membahas mengenai cara daftar kepesertaan KIS nya. Melainkan akan membahas bagaimana cara mengaktifkan kembali Kartu Indonesia Sehat yang sudah di non aktifkan.

Sebelumnya Anda perlu memastikan terlebih dahulu dengan CEK KARTU INDONESIA SEHAT apakah masih aktif maupun tidak. Jika benar sudah di non aktifkan atau tidak aktif, maka Anda bisa untuk mengaktifkannya kembali.

Cara Mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat

Lalu bagaimana dengan cara aktifkan Kartu Indonesia Sehat? Banyak peserta yang masih terkadang bertanya seperti itu. Nah, untuk lebih jelas mengenai cara atau langkah aktifkan kembali Kartu Indonesia Sehat tersebut, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah ini.

Penyebab Kartu Indonesia Sehat Tidak Aktif

Penyebab Kartu Indonesia Sehat Tidak Aktif

Sebelum berlanjut ke pembahasan mengenai cara mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat nya, terlebih dahulu Anda harus tahu apa saja faktor penyebab menjadikan Kartu Indonesia Sehat tidak aktif. Ada beberapa faktor yang menjadikan Kartu Indonesia Sehat tidak aktif, seperti:

  • Peserta PBI jaminan kesehatan berubah status menjadi mampu.
  • Peserta PBI jaminan kesehatan berubah status menjadi pekerja penerima upah.
  • Peserta PBI jaminan kesehatan telah atau berstatus meninggal dunia.
  • Peserta PBI jaminan kesehatan ganda.
  • Peserta terdaftar lebih dari 1 kali berdasarkan variable : Nama, NIK, tanggal lahir, alamat serta jenis kelamin.
  • Peserta sudah terdaftar di luar PBI jaminan kesehatan.
  • Peserta Kartu Indonesia Sehat tidak aktif bisa terjadi karena tunggakan dari KIS tidak dibayarkan.
  • Sistem Kartu Indonesia Sehat/KIS error.
  • Adanya perubahan Kartu Keluarga (KK).

Dari beberapa penyebab itu di atas, faktor penyebab yang kerap dan sering terjadi yaitu akibat peserta KIS tunggakan tidak dibayarkan atau pihak pemerintah melakukan penonaktifan.

Cara Mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat

Setelah mengetahui faktor penyebabnya, Anda hanya perlu tahu bagaimana cara untuk bisa mengaktifkan kembali Kartu Indonesia Sehat yang sudah tidak aktif tersebut. Ada dua pilihan cara mengaktifkan kembali KIS sudah tidak aktif yaitu secara online maupun offline:

Mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat Online

Aktifkan Kartu Indonesia Sehat Online

Cara pertama bisa dilakukan untuk mengaktifkan KIS kembali yaitu secara online. Dengan catatan Kartu Indonesia Sehat yang non aktif kurang dari 6 bulan bisa diaktifkan secara langsung dengan membayar tunggakan.

Pembayaran online tersebut bisa dilakukan lewat layanan aplikasi Mobile JKN atau hubungi ke Care Center 1500400. Jika belum daftar Mobile JKN, maka DAFTAR MOBILE JKN terlebih dahulu, kemudian setelah terdaftar Anda sudah bisa login untuk mulai pembayaran.

Tidak hanya itu saja, tunggakan kurang dari 6 bulan juga bisa di bayarkan secara manual di kantor pos, Indomaret maupun Alfamart. Mungkin ini bisa dimanfaatkan jika Anda belum daftar Mobile JKN dan kebetulan lokasi dekat dengan minimarket atau pos.

Mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat Offline

Mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat Offline

Cara mengaktifkan kedua Kartu Indonesia Sehat sudah tidak aktif yaitu dengan mengaktifkan secara offline di kantor BPJS secara langsung. Mungkin ini bisa dilakukan bagi Anda yang mengalami tunggakan lebih dari 6 bulan.

Selain itu, cara aktifkan ini juga bisa dilakukan bagi peserta KIS yang kartu Indonesia Sehat nya mengalami atau ada perubahan anggota keluarga. Dengan catatan, lakukan dengan langkah-langkah yang sudah menjadi ketentuannya.

Di mana peserta KIS perlu menyiapkan syarat dokumen seperti Kartu Tanda Penduduk, Kartu Keluarga dan Kartu Indonesia Sehat. Jika telah melaporkan pembaruan data, maka status kepesertaannya akan diaktifkan kembali dalam waktu maksimal 1 x 24 jam dari tanggal pengaktifan.

Dengan begitu, bagi Anda yang menggunakan Kartu Indonesia Sehat berbayar secara mandiri, bisa untuk pasang pengingat untuk membayar iuran. Tujuannya yaitu agar tidak menunggak iuran dan menyebabkan Kartu Indonesia Sehat menjadi non aktif.

Itulah informasi mengenai cara mengaktifkan Kartu Indonesia Sehat yang bisa kodebpjs.com sampaikan untuk Anda semua. Semoga adanya cara aktifkan Kartu Indonesia Sehat di atas bisa bermanfaat dan berguna bagi semua yang membutuhkan.