7 Cara Mengisi Formulir Perubahan Data JKN-KIS 2021

Cara Mengisi Formulir Perubahan Data JKN-KIS – Bagaimanapun manusia pastinya tidak pernah luput dari kesalahan. Itu yang sering terjadi pada saat menginput data kepesertaan JKN-KIS ataupun BPJS Kesehatan PBI.

Hal ini terbilang wajar, mengingat ada banyak masyarakat Indonesia terdaftar sebagai peserta JKN-KIS. Dengan banyaknya data dari peserta yang terdaftar, seringkali membuat petugas BPJS salah dalam menginput data peserta.

Jika hal itu dialami oleh Anda, maka tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut. Pasalnya Anda masih bisa melakukan perubahan data kepesertaan JKN-KIS atau BPJS Kesehatan langsung di kantor cabang BPJS Kesehatan.

Nah, untuk melakukan perubahan data di kantor cabang, nantinya kalian akan dimintai untuk mengisi formulir perubahan data JKN-KIS. Lantas, bagaimana cara mengisi formulir tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

Penyebab Data JKN-KIS Salah

Penyebab Data JKN KIS Salah

Kesalahan pada kartu kepesertaan JKN-KIS bisa disebabkan oleh banyak hal, baik itu dari faktor pengimputan data ataupun kesalahan pada berkas persyaratan ketika MEMBUAT KIS. Jadi penyebab data kepesertaan JKN-KIS salah bukanlah karena faktor yang disengaja dibuat salah.

Apa Yang Terjadi Jika JKN-KIS Salah Data ?

Apa Yang Terjadi Jika JKN KIS Salah Data

Nah, data pada kartu JKN-KIS ada yang salah, maka Anda Anda harus segera melakukan perbaikan. Pasalnya jika tidak segera dilakukan perbaikan, nantinya KIS tidak bisa digunakan untuk berobat di fasilitas kesehatan.

Ketika kartu JKN-KIS salah data digunakan untuk berobat maupun operasi di puskesmas ataupun rumah sakit. Maka nantinya Anda akan dimintai untuk memperbaiki data yang salah terlebih dahulu, agar bisa digunakan.

Maka dari itu, sebelum digunakan untuk berobat, maka pastikan data JKN-KIS sesuai dengan dokumen identitas diri seperti KTP atau KK. Jika ada kesalahan, maka segeralah untuk mengurus perubahan data JKN-KIS.

Kegunaan Formulir Perubahan Data JKN-KIS

Kegunaan Formulir Perubahan Data JKN KIS

Kegunaan formulir perubahan data JKN-KIS sudah jelas untuk mengubah data kepesertaan. Namun apa saja yang bisa diubah dalam formulir perubahan data kepesertaan JKN-KIS? Tentunya semua data yang salah.

Anda bisa memperbaiki kesalahan seperti KIS SALAH NIK, JKN-KIS salah alamat, kesalahan data pekerjaan, dan lain sebagainya. Intinya data yang salah pada JKN-KIS bisa diganti dengan mengisi formulir sesuai data yang salah.

Cara Mengisi Formulir Perubahan Data JKN-KIS

Cara Mengisi Formulir Perubahan Data JKN KIS

Meskipun cara mengubah data JKN-KIS sangat mudah, namun banyak peserta yang kebingungan dalam mengisi formulir perubahan data. Sebenarnya cara mengisi formulir perubahan data adalah hal cukup mudah.

Selain itu, biasanya pada saat diminta untuk mengisi formulir oleh petugas BPJS Kesehatan, Anda akan dijelaskan dan dipandu cara mengisi formulir oleh petugas. Nah, agar tidak bingung, langsung saja ikuti cara mengisi formulir perubahan data kartu JKN-KIS dari kodebpjs.com di bawah ini.

Formulir Perubahan Data JKN KIS

  1. Langkah pertama, silahkan masukkan data peserta seperti nama dan nomor register sesuai yang tercantum pada kartu JKN-KIS atau BPJS Kesehatan.
  2. Kemudian, di bagian perubahan faskes primer, silahkan isi dengan nama puskesmas atau dokter sesuai kehendak.
  3. Lalu, masukkan alamat tinggal saat ini sesuai KTP.
  4. Masukkan data pekerjaan, mulai dari nama perusahaan sebelumnya dan sekarang serta nomor virtual perusahaan.
  5. Sedangkan, untuk perubahan data susunan keluarga maka silahkan Anda isi sesuai dengan KTP dan KK.
  6. Setelah itu, centang persetujuan peserta melakukan perubahan data dan jangan lupa untuk melakukan tanda tangan.
  7. Setelah itu periksa kembali semua data, pastikan semuanya sudah benar dan sesuai. Jika sudah, maka pengisian formulir sudah selesai.

Nah, sedangkan untuk data yang sudah benar, maka Anda bisa mengisi dengan data sebelumnya ataupun bisa dikosongkan saja. Namun, tak menutup kemungkinan petugas meminta formulir untuk diisi semua.

Cara melakukan perubahan data bisa dilakukan langsung di kantor cabang, dengan membawa KTP, kartu JKN-KIS, dan KK untuk berjaga-jaga. Nantinya jika perubahan data sudah selesai, maka Anda akan dapat kartu baru.

Nah, itulah beberapa cara mengisi formulir perubahan data JKN-KIS yang dapat kodebpjs.com sajikan. Dengan cara mengisi formulir di atas, maka Anda bisa segera memperbaiki kesalahan data KIS dengan cepat dan mudah.

Mungkin hanya itu saja informasi dari kami, semoga artikel terkait cara mengisi form untuk mengubah data kepesertaan di atas bermanfaat.