Kartu KIS Salah Nama, Berikut 4 Cara Memperbaikinya !

Advertisements

Kartu KIS Salah Nama – Permasalahan paling sering dialami oleh peserta BPJS, baik itu pemegang kartu KIS maupun BPJS Kesehatan ialah adanya kesalahan data yang tercantum di kartu kepesertaan dengan pada KTP maupun Kartu Keluarga (KK), contohnya nama peserta JKN-KIS.

Salah nama dalam kartu kepesertaan banyak dialami peserta dan harus segera dilakukan perubahan data. Pasalnya jika hal ini dibiarkan terus menerus, maka sewaktu-waktu ini akan menyulitkan Anda pada saat membutuhkan pelayanan kesehatan secara gratis dari BPJS Kesehatan.

Jika memang Anda mengalami permasalahan kartu KIS salah nama, maka Anda tidak perlu panik karena cara memperbaiki nama peserta pada kartu KIS terbilang sangat gampang. Meskipun cara memperbaikinya sangatlah mudah, namun perbaikan ini harus segera Anda lakukan.

Advertisements

Mengingat permasalahan kartu KIS salah nama banyak dialami peserta, maka pada artikel ini kodebpjs.com akan menyajikan penjelasan dan cara memperbaikinya. Oleh sebab itu, bagi Anda yang mengalami kesalahan nama pada KIS, sebaiknya menyimak artikel dari kami ini hingga akhir penutupan.

Kartu KIS Salah Nama, Apakah Masih Bisa Digunakan?

Kartu KIS Salah Nama Apakah Masih Bisa Digunakan

Advertisements

Sebelum lanjut ke pembahasan lebih dalam, ada baiknya Anda memahami penjelasan terkait kesalahan nama ini. Dimana banyak peserta yang mengalaminya bertanya-tanya, apakah kartu KIS salah nama masih bisa digunakan untuk berobat di puskesmas ataupun rumah sakit ?.

Perlu Anda ketahui, bahwasanya KIS bisa digunakan apabila data yang tertera pada  kartu sama dengan data yang tertera pada  KTP ataupun KK. Adapun jika Anda tetap menggunakan kartu KIS untuk berobat, maka Anda akan dimintai untuk melakukan perubahan data terlebih dahulu.

Maka dari itu, terkait KIS salah nama, sebaiknya lakukan perubahan data peserta terlebih dahulu sebelum digunakan untuk berobat. Hal ini juga berlaku untuk KARTU KIS SALAH ALAMAT, tanggal lahir ataupun kesalahan data lainnya yang berbeda dengan KTP maupun Kartu Keluarga (KK).

Dengan kata lain, jika kartu KIS salah data, maka proses verifikasi data ketika menggunakan KIS untuk berobat akan tersendat sampai data pada kartu KIS sesuai dengan data pada KTP atau KK.

Syarat Merubah Nama Kartu KIS Offline

Syarat Merubah Nama Kartu KIS Offline

Merubah nama pada kartu KIS bisa dilakukan di kantor cabang BPJS tempat Anda terdaftar seperti saat memperbaiki KIS SALAH NIK, karena perlu mencocokkan dengan kartu identitas lainnya. Untuk cara melakukan perubahan data secara offline, maka Anda perlu mempersiapkan sejumlah persyaratan seperti berikut ini.

  • Membawa kartu KIS yang salah nama.
  • Kartu Keluarga asli dan fotokopi.
  • KTP asli dan fotokopi.
  • Mengisi formulir perubahan data.

Untuk cara melakukan perbaikan nama, Anda hanya perlu mendatangi kantor cabang BPJS, layanan mobile customer service (mobil keliling BPJS) atau mall pelayanan publik. Kemudian, tinggal sampaikan tujuan Anda ingin melakukan perubahan nama kartu KIS karena berbeda dengan KTP atau KK.

Setelah itu, tinggal serahkan semua dokumen persyaratan dan lanjutkan dengan MENGISI FORMULIR PERUBAHAN DATA KIS. Nah, jika sudah nantinya Anda hanya perlu menunggu pencetakan kartu baru.

Cara Memperbaiki KIS Salah Nama Online

Cara Memperbaiki KIS Salah Nama Online

Selain cara offline langsung di kantor cabang BPJS, peserta juga bisa memperbaiki kartu KIS salah nama secara online melalui aplikasi mobile JKN Mobile, call center dan melalui layanan Pandawa. Adapun cara memperbaikinya, langsung saja simak ulasan mendalam di bawah ini.

1. Aplikasi Mobile JKN

1. Aplikasi Mobile JKN

Cara online pertama untuk memperbaiki kartu JKN-KIS salah nama ialah melalui aplikasi mobile JKN. Cara ini memungkinkan peserta untuk merubah nama pada kartu KIS tanpa harus ke kantor cabang.

Cukup download aplikasi mobile JKN di google playstore atau App Store. Lalu, buat akun dan login ke aplikasi. Setelah itu, pilihlah menu “Ubah Data” dan masukkan nama Anda sesuai di KTP atau KK. Lalu, klik Simpan.

2. Call Center BPJS Kesehatan

2. Call Center BPJS Kesehatan

Jika Anda tidak memiliki akun mobile JKN, maka Anda bisa menghubungi CALL CENTER BPJS KESEHATAN untuk melakukan perubahan nama kartu KIS. Nantinya, cukup sampaikan kepada petugas bahwa Anda ingin mengubah nama. Setelah itu, tinggal ikuti petunjuk dari petugas BPJS.

3. Melalui WhatsApp Pandawa

3. Melalui WhatsApp Pandawa

Selain call center, peserta juga bisa memperbaiki kartu KIS salah nama melalui layanan WhatsApp bernama PANDAWA BPJS. Dimana layanan ini bisa dimanfaatkan untuk melakukan perubahan data, termasuk untuk memperbaiki kartu JKN-KIS salah nama.

Cara penggunaannya, cukup cari nomor Pandawa  kantor cabang wilayah di domisili Anda. Peserta juga bisa  mencari nomor Pandawa di akun instagram resmi BPJS Kesehatan atau melalui layanan CHIKA dengan nomor WhatsApp 08118750400.

Nah, itulah penjelasan lengkap dari kodebpjs.com terkait kartu KIS salah nama lengkap beserta cara memperbaikinya. Sekiranya cukup sekian informasi dari kami, semoga artikel di atas membantu Anda.

Advertisements