13 Syarat Menjadi Perawat 2021 : Rumah Sakit & Layanan Kesehatan

Syarat Menjadi Perawat – Perawat? Merupakan salah satu tenaga medis di salah satu layanan kesehatan seperti rumah sakit. Di mana perawat sendiri memiliki tugas untuk memberikan asuhan pada pasien.

Tidak hanya itu saja, tugas perawat juga memberikan pelayanan kepada keluarga pasien yang sedang di rawat. Seperti misalnya saat keluarga pasien membutuhkan informasi atas kesehatan dan lain-lainnya.

Kali ini kodebpjs.com bukan akan membahas tugas-tugas perawat itu apa saja. Karena perihal TUGAS PERAWAT sudah disampaikan di pembahasan sebelumnya, namun yang akan dibahas yaitu mengenai syarat-syarat menjadi perawat.

Mungkin banyak dari Anda bertanya apa saja syarat diperlukan saat ingin menjadi profesi mulia satu ini. Dengan adanya pertanyaan seperti itu, untuk bisa terjawabkan maka simak pembahasan kali ini sampai akhir.

Syarat Menjadi Perawat

Syarat Menjadi Perawat

Dan berbicara mengenai syarat menjadi perawat sendiri terbilang cukup banyak. Namun berikut beberapa syarat pokok atau umum yang harus dilengkapi atau sudah menjadi ketentuan saat ingin jadi perawat, seperti:

1. Dapat Bekerja Secara Shift

Dapat Bekerja Secara Shift

Syarat jadi perawat pertama yaitu dapat bekerja secara shift, terkhusus bagi perawat yang bekerja dalam suatu rumah sakit. Maka dituntut untuk selalu bersedia bekerja dalam sistem shift.

Dengan begitu perawat juga dituntut bisa menyesuaikan jadwal ditentukan meskipun dalam kenyataannya bisa berubah kapan saja. Sistem shift bagi perawat ini juga terkadang menjadi keuntungan dan kerugian.

2. Dapat Bekerja Sama

Dapat Bekerja Sama

Syarat jadi perawat kedua yaitu dapat bekerja sama. Di mana syarat ini memiliki artian jika seorang perawat dituntut bisa bekerja sama dengan perawat, dokter atau profesi lainnya saat menjalankan tugas-tugas keperawatannya.

3. Lulus Sekolah Perawat

Lulus Sekolah Perawat

Syarat selanjutnya yaitu harus menyelesaikan pendidikan perawat, di mana pendidikan perawat sendiri bisa D3 keperawatan maupun S1. Dan sampai saat ini di Indonesia sudah banyak sekali Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan yang membuka prodi keperawatan.

4. Lulus Ujian Perawat

Selain syarat lulus ujian perawat, lulus ujian perawat juga jadi salah satu syarat wajib/umum berikutnya. Dalam beberapa rumah sakit bahkan melakukan ujian tertulis saat rekruitmen karyawan baru (calon perawat).

Untuk beberapa mater yang diujikan sendiri seperti misalnya ada kemampuan dasar dalam bidang keperawatan semisal infuse, cara melakukan RJP, cara menghitung kebutuhan cairan seorang dan harus ikut ujian psikotes.

5. Memiliki Jiwa Empati

Memiliki Jiwa Empati

Syarat kelima jadi perawat yaitu memiliki jiwa empati yang harus ditanamkan sejak seorang perawat mulai duduk di bangku perkuliahan. Ini agar bisa membentuk karakter perawat, karena pembentukan karakter sendiri akan jauh lebih sulit dibandingkan melatih keterampilan.

Dengan memiliki karakter dan jiwa empati inilah seorang perawat nantinya dapat mengerti apa yang dibutuhkan pasien dan juga bisa memberikan tindakan apa nantinya perlu dilakukan oleh seorang pasien saat sedang di rawat.

6. Bersifat Sabar

Bersifat Sabar

Menjadi perawat juga harus memiliki sifat sabar dan kelembutan hati. Ini perlu ditanamkan sebelum mulai menjadi perawat, karena yang akan dihadapi oleh perawat nantinya orang-orang sakit dan memerlukan pertolongan dengan berbagai keluhan.

Dengan begitu, perawat harus memiliki kecerdasan secara intelektual serta kecerdasan mengontrol emosi. Seperti misalnya tidak mudah marah dalam menghadapi pasien dan keluarga komplain.

7. Memiliki STR

STR jadi syarat wajib bagi seorang perawat. Lalu apa sebenarnya STR? STR ialah Surat Tanda Registrasi. Di mana seorang mahasiswa perawat harus telah menyelesaikan kuliahnya serta ikut ujian kompetensi sehingga bisa mendapatkan STR.

8. Siap & Mampu Menyesuaikan Diri Adanya Perkembangan IPTEK

Syarat berikut untuk bisa jadi perawat yaitu siap serta mampu menyesuaikan diri dengan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) yang selalu berkembang. Apalagi ilmu kesehatan, dengan begitu menjadi perawat harus mampu untuk menyesuaikan diri atas perkembangan tersebut.

9. Tidak Buta Warna

Tidak Buta Warna

Syarat jadi perawat sendiri harus tidak buta warna, ini sudah jadi syarat mutlak. Karena perawat yang memiliki gangguan pada mata nantinya bisa saja kesulitan dalam membedakan warna obat, jenis cairan infuse, serta saat mengidentifikasi cairan/eksudat seperti darah, nanah, cairan pleura di mana keluar dari seorang pasien.

10. Tidak Memiliki Riwayat Penyakit Menular

Syarat umum jadi perawat berikut yaitu tidak memiliki riwayat penyakit menular. Dengan begitu saat penerimaan calon perawat baru di rumah sakit atau layanan kesehatan mengharuskan seorang perawat harus menjalani beberapa pemeriksaan untuk bisa menemukan hasil sehat secara jasmani.

11. Harus Profesional

Harus Profesional

Menjadi perawat nantinya akan dituntut bisa bekerja secara profesional. Seperti misalnya perawat harus bisa memberikan layanan terbaik pada pasien saat menangani kondisinya.

Sebagai contoh saat ada pasien dengan kondisi kurang baik, seperti sesaat setelah kecelakaan dengan banyak luka, pasien dengan riwayat penyakit kanker maupun luka kurang sedap maka harus ditangani secara profesional.

12. Tinggi Badan

Syarat umum berikutnya untuk bisa menjadi seorang tenaga medis mulia satu ini yaitu mengenai tinggi badan. Ada ketentuan biasanya diberikan oleh pihak rumah sakit atau layanan kesehatan lain atas tinggi badan ini.

Di mana calon perawat harus memiliki tinggi badan ideal, dan tinggi badan menjadi perawat sendiri antara pria maupun perempuan berbeda. Untuk pria biasanya minimal 155 cm dan perempuan 150 cm.

13. Syarat Lain

Untuk syarat  terakhir mungkin akan tergantung dari kebijakan rumah sakit atau layanan kesehatan. Jadi saat sebelum daftar menjadi perawat alangkah baiknya untuk cari tahu syarat apa saja perlu dibutuhkan saat pendaftaran jadi perawat.

Demikian informasi bisa kodebpjs.com sampaikan mengenai apa saja syarat umum untuk bisa menjadi seorang perawat di rumah sakit atau layanan kesehatan. Semoga dengan adanya pembahasan di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi semua.