√ Gaji Perawat di Indonesia 2021 : Rumah Sakit, Puskesmas & Homecare

Gaji Perawat – Menjadi perawat di rumah sakit, Puskesmas maupun layanan kesehatan lain mungkin menjadi salah satu cita-cita yang banyak orang inginkan. Karena menjadi perawat merupakan salah satu profesi yang mulia.

Tidak hanya profesi yang mulia saja, melainkan gaji di tawarkan saat menjadi perawat juga cukup menggiurkan. Atau bisa dikatakan gaji per bulannya terbilang cukup tinggi atau besar.

Nah sebagian dari Anda tentunya banyak yang bertanya mengenai besaran penghasilan perawat itu sendiri berapa per bulannya. Dengan begitu, pada pembahasan kali ini kodebpjs.com akan sampaikan secara lengkap besaran gajinya.

Apalagi bagi Anda yang ingin mendaftarkan diri menjadi seorang perawat. Tentunya perhitungan gaji sangat perlu diperhatikan sekali. Dan untuk lebih jelas mengenai besaran nominal gaji tersebut, simak ulasan ini sampai akhir.

Gaji Perawat

Gaji Perawat

Berbicara gaji sendiri setiap perawat akan mendapatkan gaji yang berbeda satu sama lain. Di mana nantinya akan melihat perawat tersebut bekerja di mana, seperti misalnya perawat rumah sakit akan berbeda dengan perawat Puskesmas akan mendapatkan gaji berbeda.

1. Perawat di Rumah Sakit

Perawat di Rumah Sakit

Untuk penghasilan sebagai perawat di rumah sakit sendiri bisa dijalani dengan sertifikat lulusan S1 atau D3. Di mana yang paling penting, harus memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) atau surat kompetensi resmi dari pemerintah.

Karena STR MENJADI SYARAT wajib untuk seorang bisa jadi perawat di rumah sakit atau layanan kesehatan. Ada kabar baik jika sebuah pembuatan STR sekarang dapat dilakukan secara online dengan menyiapkan ijazah kelulusan dan mengunjungi situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemkes).

Sedangkan untuk gaji per bulannya sendiri perawat cukup beragam tergantung dengan rumah sakitnya apakah rumah sakit pelat merah, swasta maupun negeri. Namun gaji maupun penghasilan itu sendiri bisa mencapai Rp 4 – Rp 7 juta per bulan dengan STR.

2. Perawat di Puskesmas

Perawat di Puskesmas

Sedangkan untuk gaji perawat di Indonesia yang bekerja di Puskesmas sendiri bisa mendapatkan gaji pokok sebesar Rp 2,25 juta per bulannya. Di mana itu hanya gaji pokoknya saja belum ditambah dengan tunjangan-tunjangan seperti:

  • Biaya Operasional Kesehatan (BOK)
  • Biaya transportasi
  • Insentif khusus (Tenaga Kesehatan)
  • Kapten
  • Perjalanan dinas/transportasi lokal
  • Tunjangan daerah
  • Uang makan

Jadi, kisaran gaji perawat Puskesmas bisa mencapai Rp 5 – Rp 5,8 juta perbulan jika gaji pokok, tunjangan dan lainnya di gabungkan jadi satu.

3. Perawat Perawatan Rumah

Perawat perawatan rumah

Tidak hanya bekerja di rumah sakit maupun Puskesmas saja, perawat juga bisa bekerja menjadi perawat homecare. Di mana gaji perawat homecare nantinya akan menjalankan tugas seperti merawat bayi, anak kecil, lansia maupun pasien dengan berkebutuhan khusus.

Dengan begitu gaji yang diberikan juga tentunya akan berbeda dengan yang bekerja di rumah sakit maupun puskesmas. Karena nantinya gaji yang diterima harus disesuaikan dengan kondisi pasien yang dirawat.

Itu artinya jika semakin banyak alat medis yang digunakan oleh pasien, maka gaji perawat juga akan semakin tinggi. Dan di Indonesia sendiri perawat homecare bisa mendapatkan gaji berkisar Rp 2,5 – Rp 7 juta per bulannya dengan catatan memiliki STR.

4. Perawat Gawat Darurat

Perawat Gawat Darurat

Ada juga perawat yang bekerja di praktik keperawatan gawat darurat. Di mana nantinya akan memberikan penanganan medis secara cepat dan tepat kepada pasien yang sedang mengalami kondisi gawat darurat.

Besaran gaji perawat ini sendiri terbilang cukup gaji menggiurkan, karena perawat gawat darurat dengan STR bisa mendapatkan bayaran Rp 4,4 – Rp 7 juta per bulannya, namun itu sebanding dengan kinerjanya.

Karena sesuai dengan namanya saja, perawat di sini akan ditempatkan pada Unit Gawat Darurat (UGD) di sebuah rumah sakit maupun layanan kesehatan. Dengan ditempatkannya dalam UGD tentu perawat dapat dipercaya untuk menangani dan mengambil keputusan genting yang perlu perhitungan matang.

5. Perawat Klinik Kecantikan

Perawat Klinik Kecantikan

Selain menjadi perawat-perawat di atas, ada juga perawat klinik kecantikan, dengan begitu tentu saja penghasilan yang didapatkan juga akan berbeda. Seperti misalnya, gaji perawat klinik kecantikan dengan STR bisa mendapatkan gaji di angka Rp 2,5 – Rp 5 juta per bulannya.

Nah angka tersebut tentunya cukup tinggi dan cukup menggiurkan, jadi perawat di klinik kecantikan juga bisa menjadi pilihan tepat. Ini sangat cocok untuk Anda yang ingin merintis karier sebagai perawat klinik kecantikan.

Untuk tugasnya sendiri seorang perawat kecantikan harus mengerjakan atau membantu dokter dalam melakukan tindakan medis yang berkaitan dengan perawatan kosmetik. Seperti misalnya saat perawatan menghambat penuaan, pencerahan kulit, maupun lainnya.

Mungkin itulah informasi dapat kodebpjs.com sampaikan untuk Anda semua mengenai gaji-gaji yang didapatkan oleh seorang perawat di Indonesia per bulannya. Semoga dengan adanya pembahasan mengenai penghasilan maupun bayaran perawat di atas dapat bermanfaat bagi yang membutuhkan.