8 Cara Daftar KTA IBI Online 2020 : Syarat & Dokumen

Cara Daftar KTA IBI Online -Melahirkan mungkin memerlukan sebuah bantuan tenaga medis atau biasa di sebut dengan bidan. Dimana dengan adanya bidan membuat para ibu dimana akan melahirkan nantinya bisa berjalan lancar.

Bidan merupakan seseorang yang telah mengikuti sebuah program pendidikan dimana sudah diakui oleh negara dan telah lulus pendidikannya. Selain itu juga sudah memenuhi kualifikasi untuk didaftarkan atau memiliki lisensi yang sah berupa Kartu Tanda Anggota (KTA).

Nah jika anda merupakan bidan dan belum memiliki kartu tanda anggota Ikatan Bidan Indonesia (IBI), maka hal tersebut harus segera daftarkan. Dalam pendaftarnnya sendiri terbilang cukup mudah dimana para bidan bisa daftar KTA IBI dengan daftar secara online.

Apalagi saat ini mengharuskan para bidan memiliki KTA IBI baru dimana memiliki kartu berwarna merah, beda dengan jaman dulu dimana berwarna biru. Dengan begitu bagi bidan yang KTA-nya masih biru juga harus daftarkan atau membuat dengan yang baru.

Cara Daftar KTA IBI Online Terlengkap & Terbaru

Cara Daftar KTA IBI Online

Dalam surat Edaran Nomor 1853/E/PPIBI/2020 jika telah diberlakukan Nomor Anggota dan KTA IBI baru yang dihasilkan dari Sistem Data Base KTA IBI Online. Dengan begitu bagi para bidan baru atau bidan lama dimana masih memiliki KTA IBI lama juga perlu update KTA dengan KTA IBI baru.

Syarat & Dokumen

Syarat Dokumen

Sebelum daftarkan KTA IBI secara online anda juga perlu menyiapkan syarat & dokumen diperlukan. Untuk syarat dan daftarnya sendiri terbilang cukup mudah dan tidak ribet, dimana anda hanya perlu menyiapkan data seperti:

  • Ijazah kebidanan.
  • Sertifikat Kompetensi (SERKOM)
  • Surat Tanda Registrasi (STR)
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Cara Daftar KTA IBI Online

Setelah syarat dokumen atau ketentuan sudah dilengkapi semua, maka anda sudah bisa mulai daftarkan KTA IBI tersebut secara online. Dalam daftarnya sendiri anda tidak perlu bingung, karena caranya sangat mudah sekali namun bagi yang masih bingung berikut cara daftarnya.

1. Pertama siapkan HP, laptop, komputer, tablet dan lainnya sebagai perangkat daftarnya.

2. Setelah itu buka web dan masuk ke alamat http://ibi.data-online.id/member-area/

3. Jika sudah nantinya pendaftar akan di bawa ke tampilan menu utama.

4. Langsung saja pilih dan klik pada menu Buat Akun.

Klik Buat Akun

5. Kemudian lanjut isi data pada kolom yang tertera seperti Nama Anggota, No Identitas (KTP), Tanggal lahir. Lalu klik Proses.

klik Proses

6. Nantinya akan muncul sebuah layar tampilan baru berupa data yang harus dilengkapi lagi dan klik pada tombol menu Biru setelah selesai mengisinya. Jika keanggotaannya sudah aktif maka tinggal lanjut saja.

7. Selanjutnya hanya perlu kembali ke menu awal. Kemudian isi ID PENGGUNA & KATA SANDI. Lalu klik Login.

Klik Login

  • ID Pengguna adalah nama email digunakan.
  • KATA SANDI adalah tanggal, bulan, dan tanggal lahir.

8. Kemudian KTA IBI akan muncul di layar tampilan, itu menandakan jika cara daftar KTA sudah berhasil.

Setelah itu bidan pendaftar bisa cetak atau print KTA IBI tersebut, sayangnya jika di print bentuknya masih kertas dan mudah terlipat ataupun sobek tentunya. Namun jika ingin membuat dalam bentuk kartu maka hasil daftar KTA IBI tadi di tunjukkan kepada pengurus IBI setempat untuk dibuatkan kartunya.

Demikianlah cara mudah daftar KTA IBI secara online yang bisa kodebpjs.com sampaikan untuk semua. Dimana caranya sangatlah mudah seperti CARA DAFTAR JKN MOBILE karena hanya butuh HP saja. Nah jika pendaftaran KTA IBI tersebut terjadi kendala anda bisa meminta bantuan kepada pengurus IBI cabang setempat dengan menghubungi atau datang langsung ke kantornya.