10 Cara Turun Kelas BPJS lewat Mobile JKN Terbaru 2020

Cara Turun Kelas BPJS lewat Mobile JKN – Mendengar kabar jika iuran BPJS nantinya akan naik, menjadikan banyak para peserta segara melakukan turun kelas. Hal tersebut terkadang karena peserta BPJS belum siap dengan adanya kenaikan biaya iuran tersebut.

Nah cara ampuh untuk menangani kenaikan iuran BPJS tersebut yaitu dengan melakukan penurunan kelas, sehingga biaya iuran akan tidak terlalu besar nantinya. Banyak juga peserta yang melakukan cara antisipasi seperti ini sehingga tidak terlalu besar saat membayarkan iurannya.

Nah untuk cara turun kelasnya sendiri terbilang cukup mudah untuk dilakukan, dimana anda bisa melakukannya dengan datang ke kantor BPJS atau melakukannya di aplikasi. Namun pada kesempatan kali ini kodebpjs.com akan sampaikan informasi mengenai cara turun kelas lewat aplikasi JKN Mobile.

JKN Mobile menjadi salah satu aplikasi penunjang berbagai kemudahan mengenai kepesertaan anda dalam program pemerintah bernama BPJS. Berbagai kemudahan dapat di rasakan jika menggunakan aplikasi JKN Mobile ini seperti bisa turun kelas, pembayaran iuran, dan masih banyak lainnya.

Cara Turun Kelas BPJS lewat Mobile JKN Terbaru

Cara Turun Kelas BPJS lewat Mobile JKN Terbaru

Nah bagi anda yang penasaran akan sebuah cara turun kelas lewat aplikasi JKN Mobile, berikut akan kodebpjs.com sampaikan untuk anda semua. Jadi simak terus ulasan berikut ini sampai akhir, agar anda mengetahui mengenai cara atau langkah melakukan turun kelas tersebut.

Cara Turun Kelas BPJS lewat JKN Mobile

Cara Turun Kelas BPJS lewat Mobile JKN

Untuk melakukan turun kelas sendiri caranya cukup mudah sekali, dimana anda saat ini hanya memerlukan sebuah sebuah aplikasi JKN Mobile saja sudah bisa untuk melakukan turun kelas. Tidak hanya untuk turun kelas saja, banyak juga yang bisa dilakukan dengan aplikasi JKN Mobile, seperti pembayaran iuran dan lainnya.

Nah untuk cara turun kelas melalui aplikasi JKN sendiri seperti berikut:

  • Langkah pertama yaitu anda hanya perlu siapkan HP saja.
  • Setelah itu pastikan di HP sudah terdapat aplikasi JKN Mobile dan sudah terdaftarnya.
  • Jika belum maka anda hanya perlu melakukan pendaftaran, untuk cara daftar JKN Mobile sendiri terbilang sangat mudah.
  • Setelah sudah terdaftar maka lanjut dengan klik menu strip tiga di pojok kiri atas, untuk mulai melakukan turun kelas tersebut.
  • Setelah itu anda akan di suguhi mengenai beberapa opsi menu.
  • Langsung saja pilih menu Ubah Data Peserta.
  • Kemudian pilih kelas pada kolom paling bawah.
  • Lanjut dengan mengubah kelas sebelumnya ke kelas yang baru.
  • Pastikan perubahan tersebut secara matang-matang.
  • Jika langkah diatas dilakukan secara benar maka turun kelas lewat JKN Mobile berhasil.

Syarat Turun Kelas di Aplikasi JKN Mobile

Syarat Turun Kelas di Aplikasi JKN Mobile

Tidak bisa dilakukan begitu saja mengenai cara turun kelas BPJS, ternyata ada persyaratan tertentu yang menjadi ketentuannya. Berikut beberapa persyaratan yang diperlukan jika anda ingin melakukan turun kelas lewat aplikasi JKN Mobile, seperti:

  • Peserta program BPJS harus terdaftar minimal satu tahun pada kelas iuran yang akan di turunkan tersebut.
  • Status BPJS-nya harus dalam kondisi aktif dan tidak ada tunggakan iuran bulannya.
  • Jika melakukan turun kelas pada bulan berjalan, maka perubahan baru akan berlaku pada bulan kedepan atau selanjutnya.
  • Perubahan status kelas nantinya akan berlaku untuk seluruh anggota keluarga yang terdaftar, jadi jika melakukan turun kelas berarti seluruh keluarga BPJS-nya juga akan turun kelas.

Jadi jika ingin melakukan turun kelas melalui aplikasi JKN maka ketahui persyaratan tersebut. Sehingga nantinya ketika melakukan turun kelas akan berjalan lancar. Adapun jika turun kelas tidak berhasil maka peserta hanya perlu datang ke kantor BPJS kesehatan untuk berkonsultasi.

Alasan Turun Kelas

Alasan Turun Kelas

Berbagai alasan para peserta program pemerintah bernama BPJS ini sendiri cukup beragam. Namun kebanyakan peserta BPJS yang melakukan penurunan kelas ini sendiri karena beberapa faktor seperti berikut.

1. Biaya Iuran Mahal

Seperti anda ketahui sendiri beberapa bulan belakangan pemerintah menaikkan besaran iuran setiap bulannya. Alasan ini juga menjadi salah satu alasan umum peserta yang melakukan turun kelas.

2. Kebutuhan Meningkat

Tidak hanya alasan itu saja, kebutuhan semakin meningkat juga bisa menjadi salah satu peserta BPJS menurunkan kelasnya. Hal tersebut banyak dari peserta BPJS yang beralasan pemasukan sedang menurun dan kebutuhan justru malah meningkat.

3. Lebih Menghemat Pengeluaran

Ada juga peserta BPJS yang memberikan alasan turun kelas karena lebih ingin berhemat. Biasanya faktor ini masih bersangkutan dengan alasan diatas tadi, dimana kebutuhan semakin meningkat.

Nah mungkin itu saja yang bisa kodebpjs.com sampaikan mengenai sebuah cara melakukan turun kelas lewat aplikasi JKN Mobile. Dimana dengan aplikasi JKN Mobile akan lebih memudahkan sekali beberapa urusan mengenai kepesertaan BPJS Kesehatan anda.