Pengkinian Data JMO Gagal Terus 2021 : 10 Penyebab & Cara Mengatasi

Pengkinian Data JMO Gagal TerusĀ – Belum lama ini, para peserta BPJS Ketenagakerjaan harus beralih ke aplikasi JMO (Jamsostek Mobile) untuk mengakses beberapa layanan terkait peserta. Sebelumnya, aplikasi untuk melayani peserta BPJS Ketenagakerjaan adalah BPJSTKU. Melalui aplikasi tersebut, para peserta bisa menikmati berbagai macam aktivitas, mulai dari cek saldo hingga pengajuan klaim JHT.

Berbicara soal JMO, mungkin beberapa dari kalian ada yang belum mempunyai akun di aplikasi tersebut. Jika demikian, kalian harus mengunduh aplikasinya di Google Play Store atau App Store. Setelah itu ikuti instruksi untuk melakukan pendaftaran akun atau registrasi.

Kemudian, setelah berhasil membuat akun Jamsostek Mobile kalian masih harus melakukan pengkinian data atau update data. Nah, pada proses ini banyak peserta yang mengaku gagal terus saat melakukan pengkinian data. Jika kalian juga mengalami masalah serupa, silahkan simak terus artikel ini sampai akhir untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Jadi pada pembahasan kali ini kami telah menyiapkan penjelasan seputar penyebab dan juga cara mengatasi pengkinian data JMO gagal terus. Baiklah, tanpa perlu berlama-lama lagi langsung saja kita simak informasi selengkapnya dibawah ini.

Pengkinian Data JMO Gagal Terus

Pengkinian Data JMO Gagal Terus

Sebelum masuk ke inti pembahasan, terlebih dahulu perlu diketahui apa manfaat dilakukannya pengkinian data bagi para pengguna JMO BPJS Ketenagakerjaan. Jadi, proses update data tersebut dilakukan agar peserta bisa menggunakan semua fasilitas yang ada di aplikasi JMO. Selain itu, pengkinian data juga berguna sebagai verifikasi keaslian data peserta atau pengguna.

Namun seperti kami singgung diatas bahwa beberapa peserta mengaku gagal terus saat melakukan pengkinian data. Jika terjadi demikian, artinya ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan di aplikasi JMO, terutama fitur klaim Jaminan Hari Tua (JHT). Lalu apa sih penyebab masalah pengkinian data JMO bisa gagal terus?

Satu penyebab pasti dari masalah tersebut adalah peserta sedang melakukan klaim JHT melalui aplikasi atau website dimana proses tersebut belum selesai. Dengan demikian, saat mengajukan pengkinian data akan muncul notifikasi seperti gambar diatas.

Penyebab Update Data JMO Gagal Terus

Penyebab Update Data JMO Gagal Terus

Sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan yang sudah mendaftar akun JMO tentunya kalian akan diminta melakukan pengkinian data. Pada proses tersebut ada beberapa data penting yang harus dilengkapi, antara lain nomor KPJ, NIK hingga melakukan verifikasi wajah peserta.

Sebenarnya tata cara pengkinian data bisa lolos verifikasi dengan mudah asalkan semua syarat dan ketentuan sudah terpenuhi. Lalu apabila pengajuan update data JMO gagal terus, artinya ada beberapa faktor yang mungkin menjadi penyebab, antara lain sebagai berikut :

1. Salah Memasukkan Nomor KPJ

Penyebab pertama mungkin berasal dari nomor KPJ yang kalian masukkan salah. Penting diketahui, bahwa nomor KPJ merupakan syarat paling penting supaya bisa lolos verifikasi saat melakukan pengkinian data di Jamsostek Mobile. Apabila kalian terus memasukkan nomor KPJ yang salah sebanyak 3 kali berturut-turut maka akun JMO akan diblokir secara otomatis.

Selain salah memasukkan nomor KPJ, pengkinian data juga bisa gagal terus apabila kalian mempunyai lebih dari satu nomor KPJ. Jika demikian proses pengkinian data akan muncul notifikasi yang menyatakan adanya nomor KPJ lain yang terdeteksi.

2. Data Peserta Tidak Sesuai

Penyebab kedua adalah data yang dimasukkan saat pengkinian data tidak sesuai dengan data yang terekam di sistem BPJS Ketenagakerjaan. Untuk data yang seringkali tidak sesuai adalah NIK, Nama Ibu Kandung dan informasi Tanggal Lahir. Jika terjadi demikian, maka proses pengkinian data JMO akan gagal terus alias tidak lolos verifikasi.

3. Gagal Melakukan Verifikasi Biometrik

Penyebab ketiga dari pengkinian data JMO gagal terus mungkin terjadi karena proses verifikasi biometrik tidak lolos sistem. Jadi, pada saat melakukan verifikasi wajah tentu kalian akan menjumpai adanya lingkaran yang menjadi instruksi saat melakukan proses verifikasi biometrik. Apabila wajah tidak masuk ke dalamnya, maka verifikasi biometrik akan gagal terus dimana hal tersebut juga menyebabkan pengkinian data tidak lolos verifikasi.

4. Koneksi Internet Buruk

Penyebab keempat adalah koneksi internet di smartphone kalian buruk atau tidak stabil. Ingat, koneksi internet yang stabil juga diperlukan agar proses pengkinian data JMO bisa berjalan lancar dan tidak gagal terus.

5. File Cache Menumpuk

Penyebab kelima adalah file Cache dari aplikasi JMO sudah menumpuk sehingga menyebabkan Bug atau masalah pada saat menggunakan JMO, termasuk saat pengkinian data.

Cara Mengatasi Pengkinian Data JMO Gagal Terus

Cara Mengatasi Pengkinian Data JMO Gagal Terus

Setelah menyimak beberapa penyebab diatas, sekarang mari kita lanjut ke tata cara mengatasi pengkinian data JMO gagal terus. Dibawah ini telah kami siapkan beberapa cara yang bisa kalian terapkan sebagai solusi pengkinian data JMO gagal terus sesuai dengan penyebabnya, antara lain :

1. Periksa Informasi Nomor KPJ

Cara pertama untuk mengatasi pengkinian data gagal terus adalah memeriksa informasi nomor KPJ. Kalian bisa melakukan cek nomor KPJ melalui situs resmi BPJS Ketenagakerjaan, Call Center atau datang langsung ke Kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Setelah mendapatkan nomor KPJ yang sesuai kalian bisa mengulang tahap pengkinian data di aplikasi JMO dan pastikan semua data sudah benar sehingga proses update tidak akan gagal terus.

2. Konfirmasi ke Pihak Perusahaan

Cara kedua adalah melakukan konfirmasi ke pihak perusahaan tempat kalian bekerja apabila terdapat data yang tidak sesuai. Sesampainya disana kalian bisa meminta bantuan pada pihak Personalia atau HRD untuk memperbaiki data yang tidak sesuai dengan cara menyerahkan beberapa berkas sebagai berikut :

  • Fotokopi eKTP
  • Fotokopi Kartu Keluarga
  • Nomor KPJ
  • Nama Ibu Kandung

Setelah data pada sistem diperbarui, selanjutnya silahkan ulangi proses pengkinian data di aplikasi JMO.

3. Ulangi Proses Verifikasi Biometrik

Cara ketiga adalah mengulangi proses verifikasi biometrik dan pastikan kalian mengikuti instruksi yang tertera di layar. Namun perlu di ingat bahwa setiap peserta hanya mempunyai 3 kali kesempatan verifikasi wajah, jika terus mengulang sebanyak 3 kali semuanya gagal terus, maka akun JMO akan diblokir. Jadi ketika sudah gagal sebanyak 2 kali, sebaiknya keluar dari aplikasi lalu lakukan pengkinian data dari tahap awal.

4. Ganti Koneksi Internet

Cara keempat adalah mengganti koneksi internet dengan Wifi atau jaringan 4G Lte. Dengan koneksi internet lancar dan stabil, nantinya proses update data di aplikasi JMO bisa berjalan lancar, namun tetap dengan catatan semua syarat dan ketentuan sudah terpenuhi.

5. Bersihkan Cache

Cara terakhir untuk mengatasi pengkinian data JMO gagal terus adalah membersihkan file Cache dari aplikasi Jamsostek Mobile di smartphone. Untuk melakukannya kalian bisa simak tutorial dibawah ini :

  • Masuk ke menu Setelan
  • Pilih Apl
  • Pilih Kelola Aplikasi
  • Cari aplikasi JMO
  • Tap Hapus Data -> Bersihkan Cache
  • Selesai

Ketika file Cache sudah bersih, biasanya pengajuan update data JMO yang tadinya gagal terus sekarang bisa langsung berhasil alias lolos verifikasi.

[penutup]

Demikianlah informasi dari kodebpjs.com mengenai penyebab dan juga cara mengatasi update data Jamsostek Mobile gagal terus. Semoga dengan adanya informasi diatas, kalian para peserta BPJS Ketenagakerjaan sekaligus pengguna JMO yang mengalami gagal terus saat pengkinian data bisa sedikit terbantu untuk mengatasi masalah tersebut.