Gaji Perawat Tertinggi di Indonesia Per Bulan 2023

Gaji Perawat Tertinggi di Indonesia – Perawat jadi salah satu profesi atau pekerjaan yang diimpikan oleh banyak orang, mungkin termasuk Anda yang masih duduk dibangku sekolah. Karena bisa dikata menjadi seorang perawat cukup menjanjikan.

Menjanjikan di sini berupa karir yang terbilang memiliki peluang kerja cukup luas seperti bisa bekerja di rumah sakit, klinik, puskesmas dan lainnya. Tidak hanya itu, gaji perawat yang ditawarkan juga menjadi daya tarik tersendiri kenapa perawat banyak diminati.

Namun bagi Anda yang berminat menjadi perawat dengan gaji tertinggi, maka harus terlebih dahulu menjalani pendidikan keperawatan dengan lulus D3 atau S1. Jika berhasil lulus, maka angan-angan menjadi perawat dengan gaji tertinggi bisa terwujud.

Lantas apakah Anda sudah tahu gaji perawat tertinggi di Indonesia? Jika belum, maka pada pembahasan kali ini kami akan sampaikan informasi mengenai bayaran perawat tertinggi yang ada di Indonesia. Jadi silakan simak sampai akhir.

Citayam

Gaji Perawat Tertinggi di Indonesia

Gaji Perawat Tertinggi di Indonesia

Membahas mengenai gaji perawat tersebut, kami sudah rangkumkan secara lengkap berapa besaran gaji perawat tertinggi. Dengan begitu untuk lebih jelasnya, maka simak informasi bayaran perawat tertinggi berikut agar rasa penasaran Anda terjawabkan.

1. Perawat Rumah Sakit

Untuk perawat yang bekerja di rumah sakit adalah perawat yang sudah kantongi ijazah D3 atau S1. Akan tetapi perlu digaris bawahi, jika hal paling penting untuk menjadi perawat adalah memiliki Surat Tanda Registrasi (STR) dari pemerintah.

Saat Anda memiliki STR, maka bisa memilih RS mana yang akan dipilih untuk menjadi tempat bekerja baik itu rumah sakit milik pemerintah, swasta, BUMN, bahkan RS di luar negeri. Perawat RS memiliki STR umum diberi gaji kisaran Rp 4 – Rp 7 juta per bulan.

2. Perawat Puskesmas

Perawat puskesmas memiliki tugas memberikan pengobatan atau membuat surat rujukan untuk ke rumah sakit besar di mana puskesmas sudah tidak sanggup menangani. Perawat Puskesmas ini ada di bawah Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Untuk gaji perawat puskesmas di Indonesia berkisar Rp 2 jutaan berdasarkan kajian insentif tenaga kesehatan di puskesmas Kementerian Kesehatan dan self assesment Tim Nusantara Sehat. Namun, perawat puskesmas akan dapatkan tunjangan di luar gaji pokok (Jika ditotal bisa capai Rp 5,2 – Rp 5,8 jutaan).

3. Perawat Homecare

Perawat homecare lebih ditugaskan rawat bayi, anak kecil, lansia, atau pasien yang memiliki kebutuhan khusus. Hal ini menjadi keuntungan karena perawat homecare memiliki jam kerja yang terbilang lebih fleksibel dari jenis perawat lainnya.

Untuk syarat jadia perawat homecare umumnya adalah sudah menyelesaikan pendidikan D3 atau S 1 keperawatan, dan telah memiliki STR. Untuk gaji perawat homecare dengan sertifikat STR bisa dapatkan Rp 2,5 – Rp 7 juta per bulan.

4. Perawat Instalasi Gawat Darurat

Perawat instalasi gawat darurat (IGD) beda dengan perawat RS biasa, perawat IGD khusus ditempatkan di IGD yang menjadi garda terdepan dari sebuah rumah sakit. Di mana gawat satu ini dituntut bisa menangani pasien selama 24 jam mulai dari pasien dengan penyakit ringan sampai berat.

Adapun mengenai perawat IGD yang sudah berhasil mengantongi STR akan dapatkan gaji kisaran Rp 4,4 – Rp 7 jutaan per bulan. Tentu angka ini masuk menjadi yang tertinggi dibanding dengan beberapa perawat di atas.

5. Perawat ICU

Kerja perawat Intensive Care Unit (ICU) hampir sama dengan perawat IGD yaitu memiliki tuntutan yang tinggi. Tidak heran jika dua gaji perawat ini jadi salah satu yang tertinggi dibanding jenis perawat lain.

Gaji tinggi tersebut kembali lagi ke tugas yang cukup berat di mana harus dokumentasikan perkembangan para pasien dalam lembar observasi setiap hari. Nah untuk gaji perawat ICU dengan memiliki STR bisa capai angka Rp 4,5 – Rp 7 jutaan per bulan.

6. Perawat Klinik Kecantikan

Perawat klinik kecantikan yang memiliki peranan membantu dokter kecantikan untuk melakukan tindakan seperti laser, perawatan penundaan penuaan, pencerahan kulit atau lainnya. Sama dengan perawat lain, perawat kecantikan ini juga harus memiliki STR.

Untuk perawat klinik kecantikan di Indonesia pada umumnya akan memiliki gaji berkisar di Rp 2,5 – Rp 5 jutaan setiap bulan. Besaran tersebut akan terpengaruh pada tempat kerja atau klinik kecantikan. Karena setiap klinik memiliki ketentauan berbeda-beda.

7. Perawat Anestesi

Perawat anestesi adalah perawat yang memiliki tugas menyuntikkan cairan bius untuk pasien yang akan menjalani serangkaian operasi. Selain itu perawat anestesi juga bertugas mengontrol pasien dan melakukan perawatan lain yang dibutuhkan saat operasi.

Bisa dikatakan gaji perawat anestesi cukup besar di mana sekali melakukan tindakan bius operasi yaitu Rp 100 – Rp 600 ribu. Jika dalam satu bulan perawat anestesi bisa melakukan 15 kali maka bisa mendapatkan gaji Rp 1,5 – Rp 9 juta (Itu diluar tunjangan dan gaji pokok).

8. Perawat OK

Perawat pelaksana kamar operasi (OK) hampir sama halnya dengan perawat anestesi dari segi tugas. Hanya saja perawat OK harus senantiasa siap siaga jika ada panggilan CITO, yaitu operasi segera mungkin yang harus dilaksanakan saat itu juga.

Tidak hanya tugas, gaji juga tegolong hampir sama di mana akan dihitung per pasien. Di mana per pasien yang menjalani operasi perawat OK akan dibayar Rp 300 – Rp 500. Itu tandanya jika satu bulan bisa mengerjakan 15 kali maka bisa dapat Rp 4,5 – Rp 7,5 jutaan (Itu diluar tunjangan dan gaji pokok).

9. Perawat Rumah Sakit Jiwa

Perawat di rumah sakit jiwa dengan tugas memastikan pasien tidak putus mengkonsumsi obat selama pengobatan berlangsung juga terbilang memiliki gaji tinggi. Karena resiko perawat rumah sakit jiwa cukup tinggi pula (pukulan atau kekerasan dari pasien).

Untuk kisaran gaji perawat di rumah sakit jiwa yang sudah memiliki STR biasanya akan dapat Rp 4 – Rp 6 juta per bulan. Kembali lagi ini sebanding dengan resiko yang bisa didapat saat sedang memberi perawatan kepada pasien.

Dengan melihat gaji perawat tertinggi di Indonesia dari jenis yang ada di atas, bisa dikatakan gaji perawat anestesi menjadi yang tertinggi. Hal itu dikarenakan dihitung per pasein dan itu diluar gaji pokok dan tunjangannya.

Hanya saja dalam setiap bulan orang yang melakukan operasi tidak pasti sama, sehingga perawatan terhadap pasien akan sangat berpengaruh terhadap uang yang didapat. Semakin banyak merawat pasien yang akan operasi maka perawat anestesi bisa dapatkan lebih.

Kesimpulan

Demikian pembahasan gaji perawat tertinggi di Indonesia yang dapat kodebpjs.com sajikan. Semoga dengan adanya pembahasan gaji perawat tertinggi di atas bisa bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan dan penasaran akan gaji tertinggi didapat seorang dengan profesi perawat.

Sumber Gambar : kompas.com