JMO Tidak Bisa Digunakan ? Berikut Penyebab & Solusinya

JMO Tidak Bisa Digunakan – Dengan hadirnya layanan online, para peserta BPJS Ketenagakerjaan akan lebih mudah dalam mengurus kepesertaan. Nah untuk layanan online BPJS Ketenagakerjaan sendiri ialah Jamsostek Mobile atau dikenal JMO. Di mana aplikasi JMO merupakan pengganti aplikasi BPJSTKU.

Nantinya setelah daftar JMO, Anda bisa menggunakan JMO untuk melakukan beberapa hal seperti misalnya pengkinian data, cek saldo kepesertaan, klaim saldo, cetak kartu dan urusan BPJS Ketenagakerjaan lain. Semua itu dapat dinikmati dalam genggaman tangan di perangkat yang Anda gunakan.

Namun dalam proses penggunaan aplikasi JMO tersebut, ada saatnya kendala muncul yang menyebabkan JMO tidak bisa digunakan seperti biasanya untuk akses kepesertaan. Dengan begitu urusan Anda atas kepesertaan sedikit tertunda sampai mengetahui kenapa penyebab dan cara mengatasi JMO agar kembali bisa digunakan.

Mungkin bagi sebagian pengguna aplikasi JMO baru akan bingung dan bertanya-tanya mengenai permasalahan mengapa JMO tidak bisa digunakan atau diakses ini. Tidak perlu khawatir akan hal itu, karena kodebpjs.com akan sajikan informasi lengkap apa penyebab dan cara mengatasi fitur-fitur di aplikasi JMO tidak bisa digunakan.

Citayam

JMO Tidak Bisa Digunakan

JMO Tidak Bisa Digunakan

Jadi bagi Anda yang alami hal serupa, terus untuk simak dan ikuti pembahasan terkait Jamsostek Mobile tidak dapat digunakan di bawah ini. Sehingga nantinya bisa menyelesaikan gangguan pada JMO sendiri dan bisa menggunakannya kembali.

Penyebab JMO Tidak Bisa Digunakan

Penyebab JMO Tidak Bisa Digunakan

Berbicara mengenai penyebab sendiri, ada beberapa faktor penyebab yang menjadikan Jamsostek Mobile tidak dapat digunakan. Namun secara umum penyebab tersebut datang layaknya permasalahan yang datang pada aplikasi-aplikasi online lainnya. Di mana tidak bisa digunakan karena beberapa hal ini:

1. Koneksi Terhubung Buruk

Penyebab pertama Jamsostek Mobile tidak bisa digunakan diakibatkan oleh koneksi internet buruk. Karena ini merupakan aplikasi online yang mengharuskan terhubung dengan koneksi lancar guna mengakses dan menjalankan fitur-fitur didalamnya.

2. Aplikasi JMO Maintenance

Penyebab kedua JMO tidak mau digunakan juga bisa terjadi karena aplikasi JMO sedang alami maintenance maupun pemeliharaan. Ini umum dilakukan oleh developer aplikasi guna memerhatikan dan memberikan layanan di dalam JMO yang lebih bagus lagi.

3. Cache Aplikasi Menumpuk

Penyebab ketiga mengapa aplikasi Jamsostek Mobile tidak bisa digunakan juga terjadi akibat cache aplikasi dan perangkat menumpuk. Sehingga kinerja dari aplikasi Jamsostek Mobile menjadi lemot bahkan sampai tidak dapat digunakan seperti masalah yang sedang terjadi ini.

4. Sistem JMO Error

Penyebab keempat JMO tidak dapat digunakan juga terjadi saat sistem JMO sedang error atau mengalami gangguan. Hal ini memang tidak diinginkan oleh siapapun, namun aplikasi online tentu akan mengalaminya. Hanya saja pengguna tidak tahu kapan terjadinya.

5. Memori Ponsel Penuh

Penyebab terakhir JMO gagal digunakan atau diakses juga terjadi saat memori perangkat smartphone atau ponsel penuh. Biasanya atas penuhnya ruang penyimpanan akan membuat aplikasi alami penolakan saat dicoba untuk masuk maupun digunakan.

Cara Mengatasi JMO Tidak Bisa Digunakan

Cara Mengatasi JMO Tidak Bisa Digunakan

Jika sudah tahu apa saja penyebab yang menjadikan fitur-fitur di dalam aplikasi JMO tidak bisa digunakan di atas, selanjutnya Anda tinggal mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Cara mengatasi tinggal menyesuaikan dengan penyebab apa yang menjadikan tidak bisa digunakan.

1. Gunakan Koneksi Lain

Saat JMO tidak bisa digunakan karena koneksi internet sedang buruk atau tidak stabil, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memastikan terlebih dahulu koneksinya. Silakan cek apakah benar kondisi internet yang digunakan sedang tidak lancar atau tidak.

Jika benar internet sedang buruk, mak solusi paling tepat adalah mencoba mengganti dengan koneksi internet lain. Anda bisa gunakan paket data, Wi-Fi rumah atau hotspot teman, saudara maupun keluarga guna mengakses aplikasi JMO tersebut.

2. Tunggu Maintenance Berakhir

Untuk mengatasi JMO gagal digunakan akibat ada maintenance atau pemeliharaan, tidak ada cara lain selain menunggu sampai proses maintenance berakhir. Untuk masalah lama tidaknya maintenance tidak bisa ditentukan, namun secara umum dalam kurun waktu 1 x 24 jam JMO sudah bisa digunakan kembali.

Namun guna memastikan apakah JMO sudah bisa kembali digunakan, Anda bisa lakukan pengecekan secara berkala dengan mencoba login dan mengakses fitur-fitur di dalamnya. Jika berhasil maka proses maintenance sudah berakhir.

3. Hapus Cache Aplikasi

Selain dua cara di atas, Anda juga bisa mengatasi aplikasi JMO yang gagal digunakan dengan melakukan hapus cache aplikasi. Tidak sedikit pengguna yang menganggap sepele cara ini, namun siapa sangka cara ini ampuh untuk mengatasinya. Untuk langkah hapus cache seperti berikut.

  • Silakan buk menu Setelan / Pengaturan.
  • Lalu pilih menu Apl.
  • Di lanjut dengan pilih Kelola Aplikasi.
  • Kemudian cari aplikasi JMO.
  • Terakhir klik Hapus Data -> Bersihkan Cache.
  • Proses hapus cache aplikasi JMO berhasil.

4. Kosongkan Ruang Penyimpanan

Sedangkan untuk permasalahan Jamsostek Mobile tidak dapat digunakan karena ruang penyimpanan penuh, solusinya adalah dengan melakukan penghapusan atau mengkosongkan ruang penyimpanan yang dianggap tidak penting. Cara ini juga kerap dilakukan saat JMO tidak bisa login.

Setelah berhasil melakukan penghapusan atau pengosongan ruang penyimpanan, selanjutnya Anda tinggal mencoba kembali login dan akses fitur di aplikasi Jamsostek Mobile. Secara umum dengan mengatasi cara ini aplikasi normal kembali bisa digunakan.

5. Hubungi Call Center BPJS Ketenagakerjaan

Jika cara di atas tetap saja tidak berhasil guna mengatasi JMO yang tidak bisa digunakan, solusi terakhir bisa dilakukan adalah dengan menghubungi call center BPJS Ketenagakerjaan dan meminta bantuan atau solusi penanganan yang tepat. Untuk call center BPJS itu sendiri di 175 dan bisa diakses masyarakat atau peserta mulai pukul 06.00 – 22.00 WIB. Selain itu Anda juga bisa menghubungi lewat:

  • WhatsApp : +62 811 9115910
  • Email : care@bpjsketenagakerjaan.go.id.

Demikian kiranya pembahasan terkait Jamsostek Mobile atau dikenal JMO tidak bisa digunakan yang dapat kodebpjs.com sajikan lengkap dengan informasi penyebab dan cara mengatasinya. Semoga adanya pembahasan di atas, bagi pengguna JMO yang alami masalah serupa bisa mengatasinya.