√ Kode BPJS Paronychia 2021: Penyebab, Gejala, Pengobatan

Kode BPJS Paronychia – Kode BPJS atau kode ICD 10 tentunya menjadi salah satu kemudahan bagi setiap orang atau tenaga medis. Karena dengan adanya KODE DIAGNOSA BPJS inilah membuat Anda bisa mengetahui kode dari setiap penyakit.

Di mana setiap jenis penyakit yang ada sudah Anda ketahui sendiri jika kode-nya berbeda satu sama lain. Dengan begitu, saat Anda ingin mengetahui tentang kode salah satu penyakit maka tahu terlebih dahulu untuk mencarinya.

Nah pada pembahasan kali ini sendiri kodebpjs.com akan menyampaikan salah satu informasi kode BPJS dari salah satu penyakit yang ada. Dimana yang akan dibahas yaitu mengenai kode BPJS paronychia.

Pastinya banyak dari Anda yang bertanya apa itu sendiri penyakit paronychia. Dan penyakit paronychia ialah merupakan salah satu infeksi yang menyerang kulit pada area tertentu tubuh manusia.

Kode BPJS Paronychia Lengkap Beserta Penyebab, Gejala & Pengobatannya

Kode BPJS Paronychia Lengkap Beserta Penyebab Gejala Pengobatannya

Bagi Anda yang penasaran akan kode BPJS dari salah satu infeksi kulit ini, berikut akan disampaikan secara lengkap. Jadi terus untuk simak ulasan ini sampai akhir agar nantinya rasa penasaran Anda terjawabkan.

Apa Itu Paronychia?

Apa Itu Paronychia

Paronychia (paronikia) merupakan salah satu jenis infeksi kulit yang sering terjadi di sekitar kuku tangan maupun kaki. Secara umum infeksi satu ini disebabkan oleh bakteri atau bisa juga diakibatkan oleh jamur.

Nantinya paronychia akan muncul secara tiba-tiba dan berlangsung dalam jangan pendek (akut) lalu bertahap dan berlangsung dalam jangka panjang (kronis). Untuk paronychia bisa umumnya akan menyerang kaki saja, jika sudah parah maka bisa menyerang kuku tangan.

Kode BPJS Paronychia

Kode BPJS Paronychia

Nah di dalam dunia kesehatan paronychia memiliki kode sama seperti kebanyakan penyakit lainnya. Di mana kode ini tercantum pada kode BPJS atau kode ICD 10. Lantas berapa kode BPJS paronychia itu sendiri?

Untuk kode BPJS infeksi ini sendiri yaitu B37.2, yang mana jelas berbeda dengan kode jenis infeksi lainnya seperti INFEKSI SALURAN KEMIH (ISK) atau penyakit lainnya. Jadi perlu untuk Anda ketahui kode tersebut.

Penyebab Paronychia

Penyebab Paronychia

Setelah mengetahui kode BPJS-nya berikut Anda juga perlu mengetahui mengenai penyebab paronychia itu sendiri kenapa menyerang. Penyebab paronychia akut dikarenakan adanya bakteri masuk ke kulit kuku yang rusak.

Untuk contohnya sendiri seperti kebiasaan menggigit kuku, sehingga menyebabkan infeksi pada lipatan kuku. Lalu bakteri tersebut masuk dan mulai menyerang dan menimbulkan infeksi atau efek sampingnya.

Sedangkan untuk paronychia kronis, lebih disebabkan oleh infeksi jamur Candida walaupun bisa juga disebabkan dari bakteri. Untuk infeksi paronychia sendiri pada dasarnya bisa menyerang siapa saja, namun ada beberapa orang yang dapat dengan mudah terkena, seperti:

  • Memiliki pekerjaan yang terkena air terus menerus seperti nelayan, tukang cuci dan lainnya.
  • Memiliki kondisi kuku lembab.
  • Menderita diabetes serta gangguan sistem imun.
  • Mengalami luka terbuka di sekitar area kuku.
  • Mengalami tumbuhnya salah satu sisi kuku pada ujung kuku ke dalam daging di sekitaran kuku (cantengan).

Gejala Paronychia

Gejala Paronychia

Untuk gejalanya sendiri paronychia akut atau kronis hampir mengalami keluhan sama, seperti misalnya:

  • Terasa nyeri saat disentuh pada area kuku atau kulit terinfeksi.
  • Bengkak.
  • Memerah.
  • terasa hangat di bagian terinfeksi.
  • Bahkan jika sudah termasuk parah/kronis sampai muncul nanah pada kulit di bawah kuku yang terinfeksi.

Pengobatan Paronychia

Pengobatan Paronychia

Jika sudah terkena infeksi paronychia maka Anda juga perlu mengetahui mengenai cara pengobatannya. Untuk paronychia akut dan belum termasuk parah sekali bisa dilakukan secara mandiri dengan selalu membersihkan area terinfeksi dengan anti biotik.

Jika sudah terlalu parah atau bahkan memunculkan gumpalan nanah maka langsung saja bawa ke dokter. Bahkan ada para penderita paronychia yang sampai melakukan operasi akibat infeksinya sudah sangat serius.

Pencegahan Paronychia

Pencegahan Paronychia

Tentunya dari Anda tidak berkeinginan terinfeksi paronychia, dengan begitu melakukan pencegahan merupakan hal terbaik. Lantas apa saja yang bisa dilakukan untuk terhindar dari infeksi paronychia?

  • Bersihkan kaki dan tangan dengan air serta sabun anti bakteri.
  • Rendam kaki atau tangan dengan air hangat kurang lebih 15 sampai 20 menit.
  • Jaga kaki agar tidak lembab.
  • Pilih alas kaki terbuka dan terasa nyaman saat digunakan.

Mungkin itulah informasi dapat kodebpjs.com sampaikan mengenai kode BPJS atau kode ICD 10 paronychia beserta penyebab, gejala, pengobatan dan pencegahannya. Semoga dengan adanya kode BPJS diatas bisa menjawab rasa penasaran Anda.