√ Kode BPJS Konjungtivitis 2021 : Penyebab, Gejala & Pengobatan

Kode BPJS Konjungtivitis – Kode BPJS atau yang lebih di kenal kode ICD 10 tentunya bagi sebagian orang tidak asing lagi, karena kode BPJS ini sendiri merupakan kode dari masalah penyakit yang ada. Namun setiap kode penyakit jelas akan berbeda-beda.

Apalagi seperti yang sudah Anda ketahui sendiri, jika penyakit tidak hanya satu jenis penyakit saja melainkan sangat banyak. Bahkan dalam satu jenis penyakit, posisi atau tempatnya berbeda, nantinya juga akan memiliki kode BPJS yang berbeda pula.

Nah pada kesempatan kali ini kodebpjs.com akan sampaikan informasi kode BPJS dari salah satu penyakit yang ada. Di mana yang akan disampaikan tersebut yaitu mengenai kode BPJS Penyakit konjungtivitis .

Lalu apa kode tersebut? Untuk lebih jelas mengenai kode BPJS penyakit ini, berikut akan disampaikan secara lengkap di bawah. Jadi untuk terus simak ulasan ini sampai akhir, agar nantinya kode BPJS konjungtivitis bisa terjawabkan.

Kode BPJS Konjungtivitis

Apa Itu Konjungtivitis?

Konjungtivitis sendiri ialah merupakan kondisi mata merah akibat peradangan yang terjadi pada selaput yang melapisi permukaan bola mata dan kelopak mata bagian dalam (konjungtiva mata). Tidak hanya mata merah, konjungtivitis juga dapat disertai dengan adanya rasa gatal pada mata serta mata berair.

Di mana pada konjungtiva mengandung pembuluh darah yang akan melebar saat terjadi konjungtivitis, pelebaran pembuluh darah tersebut yang nantinya menyebabkan gejala mata merah. Dan konjungtivitis sendiri sering menyebabkan mata merah pada bayi, sakit mata pada anak-anak bahkan orang dewasa.

Kode BPJS atau ICD 10 Konjungtivitis

Kode BPJS atau ICD 10 Konjungtivitis

Untuk kode BPJS Kesehatan atau kode diagnosa BPJS konjungtivitis dan gangguan lain konjungtiva yaitu H 10 – H 13. Mungkin kode-kode tersebut saat berada di puskesmas atau rumah sakit. Karena penyakit ini menjadi salah satu PENYAKIT YANG DITANGGUNG BPJS.

Penyebab BPJS Konjungtivitis

Penyebab BPJS Konjungtivitis

Sedangkan untuk penyebab terjadinya konjungtivitis sendiri sering kali disebabkan oleh infeksi virus (konjungtivitis virus). Selain konjungtivitis virus, ada juga konjungtivitis bakteri yang disebabkan adanya infeksi bakteri dan konjungtivitis alergi yang disebabkan oleh reaksi alergi.

Selain itu ada beberapa hal yang dapat menjadi pencetus reaksi alergi, di antaranya debu, tungau, maupun lem pada prosedur eyelash extension. Penyakit konjungtivitis yang diakibatkan oleh infeksi, terutama virus, nantinya sangat mudah menular.

Penularan tersebut dapat melalui kontak langsung maupun kontak dengan barang/benda yang terkontaminasi. Dengan begitu alangkah baiknya untuk rajin-rajin mencuci tangan merupakan salah satu langkah pencegahan terjadinya masalah penyakit konjungtivitis.

Gejala Konjungtivitis

Sedangkan gejala dari penyakit konjungtivitis sendiri akan menimbulkan keluhan mata merah, berair, serta belekan, namun penderita konjungtivitis tidak sampai mengalami gangguan penglihatan. Biasanya kondisi seperti ini akan diketahui saat Anda memeriksakan diri ke dokter.

Pengobatan dan Pencegahan Konjungtivitis

Pengobatan dan Pencegahan Konjungtivitis

Sedangkan untuk pengobatan konjungtivitis akan berbeda-beda tergantung dari penyebabnya. Namun yang jelas konjungtivitis yang diakibatkan oleh bakteri akan diatasi dengan obat tetes mata maupun salep mata antibiotik.

Lalu untuk konjungtivitis alergi akan diatasi dengan obat antialergi. Sementara untuk konjungtivitis virus tidak diperlukan pengobatan khusus karena nantinya akan sembuh dengan sendirinya, namun akan tetap diberikan obat tetes mata.

Untuk meredakan gejala konjungtivitis sendiri Anda para penderita perlu mengatasi dengan cara alami untuk mengobati sakit matanya. Seperti misalnya mengompres mata dengan air hangat maupun air dingin.

Sedangkan untuk pencegahannya sendiri bisa melakukan beberapa hal seperti:

  • Jaga kebersihan.
  • Sering cuci tangan.
  • Mandi setelah bepergian.
  • Jangan kontak area wajah terutama sebelum cuci tangan.
  • Jika sudah dirasa terlalu parah maka bisa atasi dengan mendatangi dokter secara langsung.

Itulah sekiranya informasi yang dapat kodebpjs.com sampaikan untuk Anda semua mengenai kode BPJS penyakit konjungtivitis. Semoga dengan adanya pembahasan kode BPJS di atas dapat bermanfaat dan berguna bagi semua.